KEGIATAN
PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM DI
MADRASAH
DINIYAH AL-HIKMAH
A. Sejarah
Madrasah
Diniyah Al-Hikmah, bertempat di Desa Patuk, Baosan Kidul. Kecamatan Ngrayun
Ponorogo, tepatnya di Masjid Ar-Rahman, madrasah ini menampung kira-kira 20-30
anak dari anak TK sampai SMP, Madrasah ini mula-mula muncul pada tahun
1998/1999, yang pada awalnya pendidikan ini berada dirumah-rumah para ustadz /
ustadzah yang mengajar secara bergantian. Dan kegiatan belajar inipun berjalan
dengan sangat sederhana, dan dengan apa adanya dan dengan mata pelajaran yang
sederhana pula, hal ini berjalan hingga beberapa tahun, hingga pada suatu saat
berkat usul dari beberapa kalangan pendidikan ini pindah kesebuah sekolah yakni
Madrasah Tsanawiyah Al-Hikmah, disinipun juga berjalan hingga beberapa tahun,
dan mulai bulan Januari pindah ke Masjid Ar-Rohman tersebut. Keadaan ini
terjadi karena madrasah ini belum memiliki gedung sendiri.
B. Stuktur
Keorganisasian
Penanggungjawab : Katmujianto
Ketua : Soiran
Bendahara : Erina
Sekretaris : Siang Suryaningtias
Ustadz/Ustadzah : - Soiran
- Erina
- Khoirun Nisa Nur’awali
- Siang Suryaningtias
C. Kurikulum
Materi
I :
1. Iqra’
dan Al-Qur’an.
Materi
II :
1. Bahasa
Arab
2. Fiqih
3. Aqidah
Akhlak
4. Al-Qur’an
Hadits
5. Sejarah
Kebudayaan Islam
D. Kegiatan
per hari
Santri
masuk mulai pukul 14.00-16.00 pada hari rabu, jum’at dan ahad.
·
Membaca Iqra’
dan Al-Qur’an (Materi I) dengan metode sorogan.
·
Dilanjutkan
dengan materi II
·
Kemudian
melaksanakan sholat Ashar berjamaah
·
Selanjutnya,
Pulang.
E. Faktor
Pendukung
Ø Sudah
tersedianya bahan ajar, tersedia buku-buku pelajaran.
Ø Semangat
para peserta didik untuk belajar
Ø Semangan
para ustadz/ustadzah yang ada
F. Faktor
Penghambat
Ø Belum
tersedianya sarana prasarana pembelajaran, seperti: meja, tempat duduk, papan
tulis yang memadai, dll.
Ø Dari
segi pendidik dan kegiatan kurang efektif dan kurang terorganisir.
Saran
Mungkin
jika ditambah adanya sarana prasarana yang menunjang dalam pembelajaran,
seperti meja, kursi, papan tulis, dengan begitu mungkin akan lebih mempermudah
siswa/santri dalam belajar dan tentunya akan sangat membantu atau mendukung
tercapainya pembelajaran yang efektif.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar