KONSEP RABBANI DALAM AL-QUR’AN DAN
KAITANNYA DENGAN SIFAT PENDIDIK DALAM PENDIDIKAN ISLAM
(Telaah QS.
Ali-Imran ayat 79 di Tafsir al-Mishba><h
Karya M. Quraish Shihab dan Tafsir al-Azhar Karya Hamka)
SKRIPSI
OLEH
SIANG
SURYANINGTIAS
NIM: 210311150
JURUSAN
TARBIYAH
PROGRAM
STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
SEKOLAH
TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI
(STAIN)
PONOROGO
2015
KONSEP RABBANI DALAM AL-QUR’AN DAN KAITANNYA DENGAN SIFAT PENDIDIK DALAM PENDIDIKAN
ISLAM
(Telaah QS. Ali-Imran ayat 79 di
Tafsir al-Mishba<h Karya M. Quraish Shihab
dan Tafsir al-Azhar Karya Hamka)
SKRIPSI
Diajukan
Kepada
Sekolah
Tinggi Agama Islam Negeri Ponorogo
Untuk
memenuhi Salah Satu Persyaratan
Dalam
Menyelesaikan Program Sarjana
Pendidikan
Agama Islam
OLEH
SIANG SURYANINGTIAS
NIM: 210311150
JURUSAN TARBIYAH
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI
(STAIN) PONOROGO
2015
LEMBAR PERSETUJUAN
Skripsi
atas nama saudara:
Nama : Siang Suryaningtias
NIM : 210311150
Jurusan : Tarbiyah
Program
Studi : Pendidikan Agama Islam
Judul :KONSEP RABBANI DALAM AL-QUR’AN DAN KAITANNYA DENGAN SIFAT PENDIDIK DALAM PENDIDIKAN
ISLAM (Telaah QS. Ali-Imran ayat 79 di Tafsir al-Mishba<h Karya M. Quraish Shihab dan Tafsir al- Azhar Karya Hamka )
Telah
diperiksa dan disetujui untuk diuji dalam ujian munaqasah
Pembimbing
Dr. Basuki, M.Ag
NIP 197210102003121003
|
|
Tanggal…………………
|
||
|
Mengetahui,
Ketua
Program Studi
PAI
STAIN
Ponorogo
Dr. H. M. Miftahul Ulum, M.Ag.
NIP. 197403062003121001
|
|
||
RIWAYAT HIDUP
Siang Suryaningtias dilahirkan
pada tanggal 30 Juni 1992 di Dusun Patuk, Desa Bausan Kidul, Kec. Ngrayun
Ponorogo, putri pertama dari Bapak Teguh Harmadi dan Ibu Soirah. Pendidikan SD
ditamatkannya pada tahun 2004 di SDN 01 Bausan Kidul Ngrayun Ponorogo.
Pendidikan berikutnya dijalani di
MTs Ma’arif Al-Hikmah Ngrayun Ponorogo ditamatkan pada tahun 2007 dan MA di MA
Putri Ma’arif Ponorogo pada tahun 2010.
Pada tahun 2011 ia melanjutkan
pendidikannya ke Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Ponorogo dengan
mengambil program studi Pendidikan Agama Islam sampai sekarang. Di
tengah-tengah melaksanakan studi di Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Ponorogo,
ia aktif sebagai tenaga pendidik di MTs Ma’arif Al-Hikmah Ngrayun
Ponorogo.
KEMENTERIAN
AGAMA RI
SEKOLAH TINGGI
AGAMA ISLAM NEGERI
(STAIN)
PONOROGO
PENGESAHAN
Skripsi atas nama saudara:
Nama : Siang Suryaningtias
NIM : 210311150
Jurusan : Tarbiyah
Program Studi : Pendidikan Agama Islam
Judul :KONSEP RABBANI DALAM AL-QUR’AN DAN KAITANNYA DENGAN SIFAT PENDIDIK DALAM PENDIDIKAN ISLAM (Telaah QS. Ali-Imran ayat 79 di Tafsir al-Mishba<h
Karya
M. Quraish Shihab dan Tafsir al-Azhar Karya Hamka )
telah
dipertahankan pada sidang munaqasah di Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri
(STAIN) Ponorogo pada:
Hari : Jum’at
Tanggal : 16 Oktober 2015
dan telah diterima sebagai bagian dari persyaratan untuk memperoleh
gelar Sarjana Pendidikan Agama Islam, pada:
Hari : Jum’at
Tanggal : 23 Oktober 2015
Ponorogo,
Mengesahkan
Ketua STAIN Ponorogo
Dr.
Hj. Siti Maryam Yusuf, M.Ag
NIP:
195705061983032002
Tim Penguji:
1.
Ketua
Sidang : H. Mukhlison Effendi, M.Ag (……………………..)
2.
Penguji
I : Dr. H. M. Miftahul Ulum, M.Ag
(….………………….)
3.
Penguji
II : Dr. Basuki, M.Ag (….………………….)
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN
Saya
yang bertanda tangan di bawah ini
Nama : Siang Suryaningtias
NIM : 210311150
Program Studi : Pendidikan Agama Islam
Jurusan : Tarbiyah STAIN Ponorogo
dengan ini, menyatakan dengan sebenarnya bahwa skripsi yang saya
tulis ini adalah benar-benar merupakan hasil karya saya sendiri, bukan
merupakan pengambil-alihan tulisan atau pikiran orang lain yang saya aku
sebagai hasil tulisan atau pikiran saya sendiri.
Apabila di kemudian
hari terbukti atau dapat dibuktikan skripsi ini hasil jiplakan, maka saya
bersedia menerima sanksi atas perbuatan tersebut.
Ponorogo,……..…………
Yang
Membuat pernyataan
Siang
Suryaningtias
NIM. 210311150
ABSTRAK
Suryaningtias,
Siang. 2015. Konsep Rabbani dalam al-Qur’an dan Kaitannya
dengan Sifat Pendidik dalam Pendidikan Islam (Telaah QS. Ali-Imran ayat 79 di Tafsir
al-Misbah Karya Quraish Shihab dan Tafsir al-Azhar Karya Hamka). Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam
Jurusan Tarbiyah Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. Basuki, M.
Ag.
Kata
Kunci : Rabbani, Sifat Pendidik, Pendidikan Islam
Seorang
pendidik tidak hanya berperan sebagai pengajar yang transfer of knowledge (memindahkan pengetahuan), tetapi juga
sebagai pendidik yang transfer of values
(menanamkan nilai-nilai) dan sekaligus sebagai pembimbing yang dapat
mengarahkan peserta didik dalam belajar. Untuk itu pendidik harus berpegang
teguh pada sifat-sifat rabbani.
Artinya seorang pendidik harus mengaitkan diri pada Tuhan melalui ketaatan
kapada-Nya. Jika seorang pendidik telah bersifat rabbani, seluruh kegiatan pendidikannya bertujuan mejadikan anak
didiknya sebagai generasi rabbani
yang memandang jejak keagungan-Nya. Dengan banyaknya tuntutan untuk dapat
mendidik peserta didik dengan sebaik-baiknya, maka pendidik dituntut untuk mempunyai
budi pekerti yang luhur.
Penelitian ini bertujuan hendak mengetahui: Konsep Rabbani
dalam Tafsir al-Misbah Karya Quraish
Shihab dan Tafsir al-Azhar Karya Hamka dan
Kaitannya dengan Sifat Pendidik dalam Pendidikan Islam Serta Persamaan dan
Perbedaan antara kedua tafsir. Penelitian ini merupakan penelitian kajian pustaka (library research). Teknik pengumpulan data
menggunakan teknik
dokumenter, dan pendekatan yang digunakan
adalah kualitatif. Sedangkan analisa datanya memakai content analysis.
Dari
penelitian yang dilakukan, menghasilkan kesimpulan sebagai berikut: Pertama,
konsep rabbani dalam Tafsir al-Misbah karya M.Quraish
Shihab dan Tafsir al-Azhar karya Hamka, yakni
seorang yang ingin mencapai tingkat rabbani maka harus selalu belajar,
mengajar dan belajar lagi, serta harus menjadi pencontoh Nabi pula. Kedua, sifat
pendidik dalam Pendidikan Islam, meliputi:
memiliki sifat rabbani, senantiasa meningkatkan wawasan
pengetahuan, dan kajiannya, dan memiliki ilmu pengetahuan yang mumpuni. Ketiga,
konsep rabbani
dalam Tafsir al-Misbah karya M. Quraish
Shihab dan Tafsir al-Azhar karya Hamka memiliki
kaitan dengan sifat pendidik dalam pendidikan islam, yaitu seorang pendidik jika
ingin mencapai tingkat rabbani, maka ia harus
meningkatkan wawasan pengetahuan dengan terus belajar. Keempat, persamaan dan perbedaan:
keduanya menggunakan
metode tahlili, corak yang
digunakan adalah corak tafsir Adabi
al-Ijtima`I. Hamka tidak
banyak memberikan penekanan pada
penjelasan makna kosakata akan
tetapi M. Quraish Shihab adalah sebaliknya. Dari sudut bahasanya, Tafsir
al-Misbah menggunakannya
bahasa modern dan kontemporer. Sedangkan Tafsir al-Azhar menggunakan bahasa
sastra.
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL ..................................................................................... ........ i
LEMBAR PERSETUJUAN
PEMBIMBING ........................................... ....... ii
LEMBAR PENGESAHAN ......................................................................... ...... iii
PERSEMBAHAN ......................................................................................... ...... iv
MOTTO........................................................................................................... ....... v
ABSTRAK............................................................................................................ vi
KATA PENGANTAR .................................................................................. ..... vii
DAFTAR ISI ................................................................................................. ...... ix
PEDOMAN TRANSLITERASI ................................................................. .... xiii
BAB
I :
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Masalah ......................................................... 1
B.
Rumusan
Masalah .................................................................. 5
C.
Tujuan
Penelitian ................................................................... 5
D.
Manfaat
Penelitian ................................................................. 6
E.
Telaah
Hasil Penelitian Terdahulu .......................................... 7
F.
Metode
Kajian ....................................................................... 8
1.
Pendekatan
Dan Jenis Penelitian ...................................... 8
2.
Sumber
Data....................................................................... 9
a.
Sumber
Data Primer ..................................................... 9
b.
Sumber
Data Sekunder ............................................... 10
3.
Teknik
Pengumpulan Data .............................................. 12
4.
Teknis
Analisis Data ........................................................ 13
G.
Sistematika
Pembahasan ...................................................... 14
BAB II : KAJIAN TEORI
A.
Konsep Rabbani
.............................................................
17
1.
Pengertian Rabbani
......................................................... 17
2.
Syarat Menjadi
Seorang Rabbani ..............................
19
3.
Pengaruh atau
Buah dari Sifat Rabbani ....................
21
B.
Sifat Pendidik
dalam Pendidikan Islam .........................
22
1.
Pengertian
Pendidik dalam Pendidikan Islam ...........
22
2.
Kewajiban Pendidik
dalam Pendidikan Islam ...........
24
3.
Kedudukan
Pendidik dalam Pendidikan Islam .........
27
4.
Syarat Pendidik
dalam Pendidikan Islam ..................
28
5.
Sifat Pendidik
dalam Pendidikan Islam ....................
29
6.
Jenis Pendidik
dalam Pendidikan Islam .......................... 34
C.
Pendidikan Islam
................................................................. 37
1.
Pengertian
Pendidikan Islam ........................................... 37
2.
Unsur-Unsur
Pokok dalam Pendidikan Islam ................. 39
3.
Tujuan
Pendidikan Islam ................................................. 41
BAB III :
KONSEP RABBANI DALAM QS. ALI-IMRAN AYAT 79 DI TAFSIR AL-MISHBA<H
KARYA M.QURAISH SHIHAB DAN KAITANNYA DENGAN SIFAT PENDIDIK DALAM PENDIDIKAN
ISLAM
A.
Konsep Rabbani
dalam QS. Ali-Imran ayat 79 di Tafsir al-Mishba<h
Karya M. Quraish Shihab ............................................................................. ..... 42
1.
QS. Ali-Imran
Ayat 79...............................................
42
2.
Asbab al-Nuzul. ......................................................... 44
3.
Konsep Rabbani
dalam QS. Ali-Imran Ayat 79
di
Tafsir al-Misbah Karya M. Quraish Shihab............
45
a.
Biografi M.
Quraish Shihab .................................. ..... 45
b.
Sekilas Tentang
Tafsir al- Misbah ......................... ..... 48
c.
Penafsiran M. Quraish
Shihab Tentang
QS.
Ali-Imran Ayat 79 ......................................... ..... 53
d.
Konsep Rabbani
dalam QS. Ali-Imran Ayat 79
di
Tafsir al-Misbah Karya M. Quraish
Shihab.................................................................... ..... 60
B.
Kaitan Konsep Rabbani
dalam QS. Ali-Imran ayat 79
di Tafsir al-Mishba<h
Karya M. Quraish Shihab
dengan
Sifat Pendidik dalam Pendidikan Islam ............
65
BAB IV :
KONSEP RABBANI DALAM QS. ALI-IMRAN AYAT 79 DI TAFSIR AL-AZHAR KARYA
HAMKA DAN KAITANNYA DENGAN SIFAT PENDIDIK DALAM PENDIDIKAN ISLAM
A.
Konsep Rabbani
dalam QS. Ali-Imran ayat 79 di Tafsir al-Azhar
Karya Hamka ......................................................................................... 69
1.
QS. Ali-Imran
Ayat 79 .............................................. ..... 69
2.
Asbab al-Nuzul .......................................................... ..... 71
3.
Konsep Rabbani
dalam QS. Ali-Imran Ayat 79 di Tafsir al-Azhar Karya Hamka ..................................................................................... ..... 72
a.
Biografi Hamka .................................................... ..... 72
b.
Sekilas Tentang Tafsir
al-Azhar ............................ ..... 77
c.
Penafsiran
Hamka Tentang QS. Ali-Imran
Ayat
79.................................................................. ..... 80
d.
Konsep Rabbani
dalam QS. Ali-Imran Ayat 79
di
Tafsir al-Azhar Karya Hamka............................ ..... 84
B.
Kaitan Konsep Rabbani
dalam QS. Ali-Imran ayat 79
di Tafsir al-Azhar Karya Hamka dengan Sifat Pendidik
dalam Pendidikan Islam ......................................................................................... 90
BAB V :
PERSAMAAN DAN PERBEDAAN ANTARA TAFSIR AL-MISBAH KARYA M.QURAISH SHIHAB
DAN TAFSIR AL-AZHAR KARYA HAMKA
A.
Persamaan antara
Tafsir al-Misbah Karya M. Quraish Shihab dan Tafsir al-Azhar Karya
Hamka ............................................................................ ..... 94
B.
Perbedaan antara
Tafsir al-Misbah Karya M. Quraish Shihab dan Tafsir al-Azhar Karya
Hamka ............................................................................ ..... 97
BAB VI :
PENUTUP
A.
Kesimpulan ..................................................................... ..... 98
B.
Saran ............................................................................... ... 100
DAFTAR
PUSTAKA
RIWAYAT
HIDUP
PERNYATAAN
KEASLIAN TULISAN
HALAMAN SAMPUL
.................................................................................................... i
HALAMAN JUDUL
....................................................................................................... ii
LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING
.............................................................. iii
LEMBAR PENGESAHAN
............................................................................................ iv
PERSEMBAHAN ............................................................................................................ v
MOTTO ............. .............................................................................................................. vi
KATA PENGANTAR
.................................................................................................... vii
DAFTAR ISI
.................................................................................................................... x
PEDOMAN TRANSLITERASI
.................................................................................... xiv
BAB I :
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang Masalah .................................................................... 1
B. Rumusan Masalah .............................................................................. 5
C. Tujuan Penelitian .............................................................................. 5
D. Manfaat Penelitian ............................................................................. 6
E. Telaah Hasil Penelitian Terdahulu ..................................................... 7
F.
Metode
Kajian ................................................................................... 8
1.
Pendekatan
Dan Jenis Penelitian ................................................. 8
2.
Sumber
Data:
a.
Sumber
Data Primer .............................................................. 9
b.
Sumber
Data Sekunder .......................................................... 10
3.
Teknik
Pengumpulan Data ............................................................ 12
4.
Teknis
Analisis Data ..................................................................... 12
G. Sistematika Pembahasan .................................................................... 14
BAB II :KAJIAN
TEORI
A. Konsep
Rabbani ..................................................................................
16
1. Pengertian
Rabbani ......................................................................... 16
2.
Syarat Menjadi
Seorang Rabbani ...................................................
17
3.
Pengaruh atau
Buah dari Sifat Rabbani ..........................................
19
B. Sifat
Pendidik dalam Pendidikan Islam ..............................................
21
1. Pengertian
Pendidik dalam Pendidikan Islam ................................
21
2. Kewajiban
Pendidik dalam Pendidikan Islam ................................
22
3. Kedudukan
Pendidik dalam Pendidikan Islam ..............................
25
4. Syarat
Pendidik dalam Pendidikan Islam .......................................
26
5. Sifat
Pendidik dalam Pendidikan Islam .........................................
27
6. Jenis
Pendidik dalam Pendidikan Islam ......................................... 32
C. Pendidikan
Islam ................................................................................. 34
1. Pengertian
Pendidikan Islam .......................................................... 34
2. Unsur-Unsur
Pokok dalam Pendidikan Islam ................................. 36
3. Tujuan
Pendidikan Islam ................................................................ 38
BAB
III : KONSEP RABBANI
DALAM QS. ALI-IMRAN AYAT 79 DI TAFSIR AL-MISHBA<H
KARYA M.QURAISH SHIHAB DAN KAITANNYA DENGAN SIFAT PENDIDIK DALAM PENDIDIKAN
ISLAM
A. Konsep
Rabbani dalam QS. Ali-Imran ayat 79 di Tafsir al-Mishba<h
Karya M. Quraish Shihab ............................................................................................................... 39
1. QS.
Ali-Imran Ayat 79.................................................................... 39
2. Asbab
al-Nuzul. ..............................................................................
3. Konsep
Rabbani dalam QS. Ali-Imran Ayat 79 Di Tafsir al-Mishba<h
Karya M. Quraish Shihab..............................................................................................
a. Biografi
M. Quraish Shihab .......................................................
b. Sekilas
Tentang Tafsir al-Mishba<h
..........................................
c. Penafsiran
M.Quraish Shihab Tentang
QS. Ali-Imran Ayat 79 ...............................................................
d. Konsep
Rabbani dalam QS. Ali-Imran Ayat 79 di Tafsir al-Mishba<h
Karya M. Quraish Shihab .........................................................................................
B. Kaitan
Konsep Rabbani dalam QS. Ali-Imran ayat 79 di Tafsir al-Mishba<h
Karya M. Quraish Shihab dengan Sifat Pendidik dalam Pendidikan
Islam ....................................................................................................
BAB IV :
KONSEP RABBANI DALAM QS. ALI-IMRAN AYAT 79 DI TAFSIR AL-AZHAR KARYA
DR. HAMKA DAN KAITANNYA DENGAN SIFAT PENDIDIK DALAM PENDIDIKAN ISLAM
A. Konsep
Rabbani dalam QS. Ali-Imran ayat 79 di Tafsir al-Azhar Karya DR. Hamka
1. QS.
Ali-Imran Ayat 79 ...................................................................
2. Asbab
al-Nuzul ...............................................................................
3. Konsep
Rabbani dalam QS. Ali-Imran Ayat 79 Di Tafsir al-Azhar
Karya DR. Hamka .........................................................................
a. Biografi
DR. Hamka .................................................................
b. Sekilas
Tentang Tafsir al-Azhar .................................................
c. Penafsiran
DR. Hamka Tentang QS. Ali-Imran Ayat 79
..........
d. Konsep
Rabbani dalam QS. Ali-Imran Ayat 79 di Tafsir al-Azhar
Karya DR. Hamka ....................................................................
B. Kaitan
Konsep Rabbani dalam QS. Ali-Imran ayat 79 di Tafsir al-Azhar Karya DR. Hamka dengan Sifat
Pendidik dalam Pendidikan
Islam ....................................................................................................
BAB
V :PERSAMAAN DAN PERBEDAAN ANTARA
TAFSIR AL-MISHBA<H
KARYA M.QURAISH SHIHAB DAN TAFSIR AL-AZHAR KARYA
DR. HAMKA
A. Persamaan
antara Tafsir al-Mishba<h
Karya
M. Quraish Shihab dan Tafsir al-Azhar Karya DR. Hamka ..................................................................................................
B. Perbedaan
antara Tafsir al-Mishba<h
Karya
M. Quraish Shihab dan Tafsir al-Azhar
Karya DR. Hamka ..................................................................................................
BAB VI :
PENUTUP
A. Kesimpulan
..........................................................................................
B. Saran
....................................................................................................
DAFTAR PUSTAKA
RIWAYAT HIDUP
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN
DAFTAR
ISI
HALAMAN SAMPUL .......................................................................................
HALAMAN JUDUL ...........................................................................................
LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING ....................................................
HALAMAN PENGESAHAN ............................................................................
PERSEMBAHAN ...............................................................................................
MOTTO ................................................................................................................
ABSTRAK ...........................................................................................................
KATA PENGANTAR .........................................................................................
DAFTAR ISI........................................................................................................
DAFTAR
LAMPIRAN........................................................................................
PEDOMAN
TRANSLITERASI ………………………………………………………
BAB
I : PENDAHULUAN
Latar Belakang Masalah
Rumusan Masalah
Tujuan
Penelitian
Manfaat
Penelitia
Telaah
Hasil Penelitian Terdahulu
Metode
Penelitian
Pendekatan
dan Jenis Penelitian
Sumber
Data:
Sumber
Data Primer
Sumber
Data Sekunder
Teknik
Pengumpulan Data
Teknik
Analisis Data
Sistematika
Pembahasan
BAB
II :KONSEP RABBANI DAN
SIFAT PENDIDIK DALAM PENDIDIKAN ISLAM
A.
Konsep Rabbani
………………………………………………………..
1.
Pengertian Rabbani
…………………………………………………….
2.
Syarat Menjadi
Seorang Rabbani …………………………………….
3.
Pengaruh atau
Buah dari Sifat Rabbani ……………………………..
B.
Sifat Pendidik
dalam Pendidikan Islam………………………….
1.
Pengertian
Pendidik dalam Pendidikan Islam …………………..
2.
Kewajiban
Pendidik dalam Pendidikan Islam ………………….
3.
Kedudukan
Pendidik dalam Pendidikan Islam………………….
4.
Syarat Pendidik
dalam Pendidikan Islam ………………………
5.
Sifat Pendidik
dalam Pendidik Islam …………………………
BAB
III : KONSEP RABBANI
DALAM QS. ALI-IMRAN AYAT 79 DI TAFSIR AL-MISBAH KARYA M.QURAISH SHIHAB
A.
QS. Ali-Imran
Ayat 79
B. Asbab
al-Nuzul
C. Konsep
Rabbani dalam QS. Ali-Imran Ayat 79 Di Tafsir al-Misbah Karya M. Quraish
Shihab
1. Biografi
M. Quraish Shihab
2. Sekilas
Tentang Tafsir al- Misbah
3. Penafsiran
M.Quraish Shihab Tentang QS. Ali-Imran Ayat 79
4. Konsep
Rabbani dalam QS. Ali-Imran Ayat 79 di Tafsir al-Misbah Karya M. Quraish
Shihab
BAB
IV : KONSEP RABBANI DALAM
QS. ALI-IMRAN AYAT 79 DI TAFSIR AL-MISBAH
KARYA M.QURAISH SHIHAB
A.
QS. Ali-Imran
Ayat 79
B. Asbab
al-Nuzul
C. Konsep
Rabbani dalam QS. Ali-Imran Ayat 79 Di Tafsir al-Misbah Karya M. Quraish
Shihab
1. Biografi
M. Quraish Shihab
2. Sekilas
Tentang Tafsir al- Misbah
3. Penafsiran
M.Quraish Shihab Tentang QS. Ali-Imran Ayat 79
4. Konsep
Rabbani dalam QS. Ali-Imran Ayat 79 di Tafsir al-Misbah
BAB V :ANALISIS
KETERKAITAN KONSEP RABBANI DALAM
QS. ALI-IMRAN AYAT 79 DI TAFSIR AL-MISBAH KARYA M.QURAISH SHIHAB DAN TAFSIR
AL-AZHAR KARYA DR. HAMKA DENGAN SIFAT PENDIDIK DALAM PENDIDIKAN ISLAM
A. Kaitan
Konsep Rabbani dalam QS. Ali-Imran Ayat 79 di Tafsir al-Misbah Karya
M. Quraish Shihab dengan Sifat Pendidik dalam Pendidikan Islam…………………………
B. Kaitan
Konsep Rabbani dalam QS. Ali-Imran Ayat 79 di Tafsir al-Azhar Karya
DR. Hamka dengan Sifat Pendidik dalam Pendidikan Islam………………………….
C. Persamaan
dan Perbedaan dari Tafsir al-Misbah Karya M. Quraish Shihab dan Tafsir
al-Azhar Karya DR. Hamka……………
BAB
VI : PENUTUP
A. Kesimpulan
B. Saran
DAFTAR
PUSTAKA
RIWAYAT
HIDUP
PERNYATAAN
KEASLIAN TULISAN
KEMENTRIAN AGAMA RI
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI (STAIN)
PONOROGO
PENGESAHAN
Skripsi
ini telah dipertahankan pada sidang munaqasah di Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Ponorogo pada :
Hari
|
:
|
|
Tanggal
|
:
|
|
dan telah
diterima sebagai bagian dari persyaratan untuk memperoleh gelar Sarjana
Pendidikan Islam, pada :
Hari
|
:
|
|
Tanggal
|
:
|
|
Ponorogo,......................................
Mengesahkan
Ketua
STAIN Ponorogo
Dr. Hj. Siti Maryam Yusuf, M.Ag
NIP. 195705061983032002
Tim Penguji :
1.
|
Ketua Sidang
|
:
|
|
(………………….)
|
2.
|
Penguji I
|
:
|
|
(………………….)
|
3.
|
Penguji II
|
:
|
|
(………………….)
|
KONSEP RABBANI DALAM AL-QUR’AN DAN
KAITANNYA DENGAN SIFAT PENDIDIK DALAM PENDIDIKAN ISLAM
(Telaah QS. Ali-Imran ayat 79 di Tafsir al-Mishba<h Karya M. Quraish Shihab dan Tafsir al-Azhar Karya Hamka)
SKRIPSI
OLEH
SIANG SURYANINGTIAS
NIM: 210311150
JURUSAN TARBIYAH
PROGRAM STUDI
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
SEKOLAH TINGGI AGAMA
ISLAM NEGERI
(STAIN) PONOROGO
2015
KATA PENGANTAR
Segala puji syukur bagi Allah Swt., yang telah memberi
curahan karunia dan rahmat-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan skripsi
dengan judul “Konsep Rabbani dalam Al-Qur’an dan Kaitannya dengan
Sifat Pendidik dalam Pendidikan Islam (Telaah QS. Ali-Imran ayat 79 di Tafsir
Al-Misbah karya Quraish Shihab Dan Tafsir Al Azhar karya Hamka )”.
Shalawat serta salam semoga tetap terlimpahkan
kepada junjungan kita Nabi Muhammad Saw., yang menjadi teladan bagi umatnya
serta pembawa wahyu Ilahi sebagai pedoman hidup untuk mencapai kebahagiaan dunia
dan akhirat.
Di dalam
penyusunan skripsi ini penulis menyadari sepenuhnya bahwa tanpa dorongan,
bimbingan, dan motivasi-motivasi yang bersifat moril maupun materiil dari
berbagai pihak, niscaya penulis tidak akan mampu menyelesaikan skripsi ini
dengan baik. Oleh karena itu, dengan segala kerendahan hati penulis
menyampaikan terima kasih yang tak terhingga kepada:
1.
Ibu Dr. Hj. Siti Maryam Yusuf, M. Ag, selaku Ketua Sekolah Tinggi Agama
Islam Negeri (STAIN) Ponorogo, yang telah memberikan
izin untuk penelitian dan penyusunan skripsi ini.
2.
Bapak H. Mukhlison Effendi, M. Ag, selaku Ketua Jurusan Tarbiyah Sekolah Tinggi Agama
Islam Negeri (STAIN) Ponorogo.
3.
Bapak Dr. H. M.
Miftahul Ulum, M. Ag,
selaku Ketua Program Studi Pendidikan Agama Islam Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN)
Ponorogo.
4.
Bapak Dr. Basuki M. Ag, selaku pembimbing yang telah memberikan banyak bimbingan dan arahan kepada
penulis dengan penuh kesabaran dan keikhlasan dalam penulisan dan penyelesaian
skripsi ini.
5.
Bapak dan Ibu Dosen yang telah mendidik penulis
dengan penuh kesabaran selama penulis menuntut ilmu di Sekolah Tinggi Agama
Islam Negeri (STAIN) Ponorogo, semoga semuanya menjadi manfaat dan barokah.
6.
Seluruh keluarga dan semua pihak yang telah
membantu terselesaikannya penyusunan skripsi ini, yang tidak mungkin penulis
sebutkan satu persatu.
Tiada kata yang pantas penulis sampaikan kepada semuanya,
kecuali ucapan terima kasih yang tak terhingga serta iringan do’a semoga amal baiknya mendapatkan balasan dari Allah Swt. Karya ini masih jauh
dari sempurna, untuk itu kritik dan saran yang membangun dari semua pihak
senantiasa penulis harapkan. Semoga skripsi ini dapat bermanfaat bagi penulis
dan pembaca umumnya. Semoga Allah Swt. senantiasa memberikan ridho-Nya.
Amin.
Ponorogo,
2015
Penulis,
Siang
Suryaningtias
NIM.210311150
MOTTO
¨bÎ) z`»|¡SM}$# Å"s9 Aô£äz ÇËÈ wÎ) tûïÏ%©!$# (#qãZtB#uä (#qè=ÏJtãur ÏM»ysÎ=»¢Á9$# (#öq|¹#uqs?ur Èd,ysø9$$Î/ (#öq|¹#uqs?ur Îö9¢Á9$$Î/ ÇÌÈ
“Dan kamu lihat manusia masuk
agama Allah dengan berbondong-bondong, Maka bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu
dan mohonlah ampun kepada-Nya. Sesungguhnya dia adalah Maha Penerima taubat.”[1]
PEDOMAN
TRANSLITERASI
Sistem
transliterasi Arab-Indonesia yang dijadikan pedoman dalam penulisan skripsi ini
adalah sistem Institut of Islamic Studies, McGill University, yaitu
sebagai berikut:
ء
|
=
|
’
|
|
ز
|
=
|
z
|
|
ق
|
=
|
q
|
ب
|
=
|
b
|
س
|
=
|
s
|
|
ك
|
=
|
k
|
|
ت
|
=
|
t
|
ش
|
=
|
sh
|
|
ل
|
=
|
l
|
|
ث
|
=
|
Th
|
ص
|
=
|
s}
|
|
م
|
=
|
m
|
|
ج
|
=
|
J
|
ض
|
=
|
d}
|
|
ن
|
=
|
n
|
|
ح
|
=
|
H{
|
ط
|
=
|
t}
|
|
و
|
=
|
w
|
|
خ
|
=
|
kh
|
ظ
|
=
|
z}
|
|
ﻫ
|
=
|
H
|
|
د
|
=
|
D
|
ع
|
=
|
‘
|
|
ي
|
=
|
Y
|
|
ذ
|
=
|
dh
|
غ
|
=
|
gh
|
|||||
ر
|
=
|
r
|
ف
|
=
|
f
|
Ta>’ marbu>ta tidak
ditampakkan kecuali dalam susunan id>fa, huruf tersebut
ditulis t. Misalnya: فطانة = fat}a>na, فطانة النبي = fat}a>nat al-nabi>
Diftong dan
Konsonan Rangkap
أو
|
=
|
Aw
|
|
أو
|
=
|
u>
|
أي
|
=
|
Ay
|
أي
|
=
|
i>
|
Konsonan
rangkap ditulis rangkap, kecuali huruf waw yang didahului d}amma
dan huruf ya>’
yang didahului kasra
seperti yang tersebut dalam tabel.
Bacaan panjang
أ
|
=
|
a>
|
|
أي
|
=
|
i>
|
|
أو
|
=
|
u>
|
Kata sandang
ال
|
=
|
al-
|
|
الش
|
=
|
al-sh
|
|
وال
|
=
|
wa’l-
|
PERSEMBAHAN
Dengan kerendahan hati
dan penuh rasa syukur kehadirat Allah Swt. kupersembahkan karya ini kepada:
1.
Bapak tercinta yang
jasa-jasanya tidak bisa diungkapkan dengan tulisan maupun perkataan, dan belum
bisa penulis balas dengan apapun.
2.
Ibuku tersayang yang senantiasa memberikan do’a, semangat
dan dorongan dalam menyelesaikan skripsi ini. . Setiap darah penulis mengalir
darah mereka (Semoga Allah senantiasa mencurahkan segala rahmad dan hidayah-Nya
serta kasih sayang-Nya).
3.
Dan tidak lupa untuk kakekku yang juga senantiasa
memberikan semangat kepada penulis.
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN
Saya
yang bertanda tangan di bawah ini
Nama : Siang Suryaningtias
NIM : 210311150
Program Studi : Pendidikan Agama Islam
Jurusan : Tarbiyah STAIN Ponorogo
dengan ini, menyatakan dengan sebenarnya bahwa skripsi yang saya
tulis ini adalah benar-benar merupakan hasil karya saya sendiri, bukan
merupakan pengambil-alihan tulisan atau pikiran orang lain yang saya aku
sebagai hasil tulisan atau pikiran saya sendiri.
Apabila di kemudian
hari terbukti atau dapat dibuktikan skripsi ini hasil jiplakan, maka saya
bersedia menerima sanksi atas perbuatan tersebut.
Ponorogo,……………………
Yang
Membuat pernyataan
Siang
Suryaningtias
NIM. 210311150
RIWAYAT HIDUP
Siang Suryaningtias dilahirkan
pada tanggal 30 Juni 1992 di Dusun Patuk, Desa Bausan Kidul, Kec. Ngrayun
Ponorogo, putri pertama dari Bapak Teguh Harmadi dan Ibu Soirah. Pendidikan SD
ditamatkannya pada tahun 2004 di SDN 01 Bausan Kidul Ngrayun Ponorogo.
Pendidikan berikutnya dijalani di
MTs Ma’arif Al-Hikmah Ngrayun Ponorogo ditamatkan pada tahun 2007 dan MA di MA
Putri Ma’arif Ponorogo pada tahun 2010.
Pada tahun 2011 ia melanjutkan
pendidikannya ke Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Ponorogo dengan
mengambil program studi Pendidikan Agama Islam sampai sekarang. Di
tengah-tengah melaksanakan studi di Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Ponorogo,
ia aktif sebagai tenaga pendidik di MTs Ma’arif Al-Hikmah Ngrayun
Ponorogo.
DAFTAR PUSTAKA
‘Athiyah al-Abrasyi, Muhammad.
Prinsip-prinsip Dasar Pendidikan.
Bandung: CV PUSTAKA SETIA, 2003
Ahmad Saebani, Beni. dan Akhdiyat, Hendra. Ilmu Pendidikan Islam.
Bandung: CV PUSTAKA SETIA, 2009.
al-Qardhawi, Yusuf. Madkhal li Ma’rifah al-Islam Sistem
Pengetahuan Islam. Jakarta: RESTU ILAHI, 2004.
Al-Qur’an dan Tafsirnya: Edisi yang Disempurnakan. Jilid I. Jakarta: Departemen Agama RI, 2009.
Amin
Ghofur, Saiful. Profil Para Mufasir
Al-Qur’an. Yogjakarta: Pustaka Insan Madani, 2008.
an-Nahlawi, Abdurrahman. Pendidikan Islam di Rumah, Sekolah, dan
Masyarakat. Jakarta: Gema Insani Press, 1995.
Azra, Azyumardi. Pendidikan Islam : Tradisi
dan Modernisasi Menuju Milenium Baru.tt.
Basri, Hasan. dan Ahmad
Saebani, Beni. Ilmu Pendidikan Islam.
Bandung: Pustaka Setia, 2010.
Bidan, Nashrudin. Metode Penafsiran al-Qur’an:
Kajian Kritis terhadap Ayat-Ayat yang
Beredaksi Mirip, Cet. I.Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2002.
Fadhil al-Jamali, Muhammad. Konsep
Pendidikan Qur’ani Sebuah Kajian Filosofis. Terjemah Judi al-Falasani. Solo:
Romadhoni, 1993.
Fatah Jalal, Abdul. Azaz-Azaz Pendidikan Islam. Terjemah
Herry Noer Ali dari kitab asli Minal
Usulit at-Tarbawiyyah Fil Islam. Bandung: CV Diponegoro, 1988.
Fillah, Salima A. Saksikan Bahwa Aku Seorang Muslim. Yogyakarta: Pro-U Media, 2007.
Hamka.
Tafsir al-Azhar Juz III. Jakarta:
PT Pustaka Panjimas, 1983.
Izzan, Ahmad. dan Saehudin. Tafsir Pendidikan, Studi Ayat-Ayat
Berdimensi Pendidikan. Pamulang
Tanggerang Selatan Banten: Pustaka Aufa Media, 2012.
J. Moleong, Lexi. Metodologi Penelitian
Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2000.
Jurusan Tarbiyah STAIN Ponorogo. Buku Pedoman Penulisan Skripsi. Ponorogo:
STAIN Ponorogo, 2014.
Mahmud, Pemikiran Pendidikan Islam. Bandung : Pustaka Setia, 2011.
Mirza Thahir Ahmad Khalifatul Masih IV, Hadrat.
Terj. Dewan Naskah Jemaat Ahmadiyah Indonesia.
Al-qur’an dengan Terjemahan dan
Tafsir Singkat. Jakarta: Yayasan Wisma Damai, 2007.
Muhammad
Hasbi Ash-Shiddieqy, Teungku. Tafsir
Al-Qur’anul Majid An-Nuur. Semarang: PT. PUSTAKA PUTRA, 2000.
Mujib, Abdul. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana, 2008.
Munir, Ahmad. Tafsir Tarbawi: Mengungkap Pesan
Al-Qur’an tentang Pendidikan. STAIN Ponorogo Press, 2007.
Muntahibun Nafis, Muhammad. Ilmu Pendidikan Islam. Yogyakarta:Teras,
2011.
Mustafa al-Maragi, Ahmad. Tafsir al-Maragi. Semarang: TOHA
PUTRA, 1993.
Nawawi, Hadari. Metodologi bidang social. Yogyakarta:
Gajah Mada University Press, 2007.
Nizar, Samsul. Memperbincangkan Dinamika Intelektual
dan Pemikiran HAMKA Tentang Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana Prenada Media
Group, 2008.
Qardhawi, Yusuf. Al-Qur’an Berbicara Tentang Akal dan Ilmu Pengetahuan. Terj.
Abdul Hayyie al-Kattani, Irfan Salim & Sochimien. Jakarta: Gema Insani Press,
1998.
Saleh Abdullah, Abdurrahman. Teori-Teori
Pendidikan Berdasarkan Al-Qur’an. Jakarta:
PT RINEKA CIPTA, 2007.
Sardiman.
Interaksi dan Motivasi
Belajar-Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers, 2009.
Shihab,
M. Quraish. Tafsir al-Misbah: Pesan,
Kesan, dan Keserasian al-Qur’an, Vol. I, Cet. I. Jakarta: Lentera Hati,
2000.
Tafsir
al-Misbah: Pesan, Kesan, dan Keserasian al-Qur’an. Vol. 15, Cet. V. Jakarta:
Lentera Hati, 2006.
Tafsir
al-Mishbah, Pesan, Kesan dan Keserasian al-Qur’an. Vol 2, Cet, 1. Ciputat:
Lentera Hati, 2000.
Tafsir
al-Mishbah, Pesan, Kesan dan Keserasian al-Qur’an. Vol. 3 Ciputat:
Lentera Hati, 2001.
Sudiyono.
Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta:
PT RINEKA CIPTA, 2009.
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif,
Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2009.
Suntawi,
“Konsep Rabbani dalam al-Qur’an Surat Ali-Imran ayat 79 dan
pengembangannya dalam Peningkatan Kepribadian Guru Pendidikan Agama Islam,” Skripsi,
IAIN Walisongo, Semarang, 2005.
Suwaid Nur Abdul Hafizh, Muhammad.
Mendidik Anak Bersama Nabi, Panduan
Lengkap Pendidikan Anak Disertai Teladan Kehidupan Para Salaf. Terj. Salafuddin Abu Sayyid. Solo:
Pustaka Arafah, 2006.
Syaodih Sukmadinata, Nana. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung:
PT Remaja Rosdakarya, 2007.
Tafsir, Ahmad. Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam. Bandung: PT REMAJA
ROSDAKARYA, 2001.
Uhbiyati, Nur. dan Ahmadi, Abu. Ilmu Pendidikan Islam. Bandung: CV PUSTAKA SETIA, 1997.
Undang-undang SISDIKNAS 2003 UU RI
No. 20 tahun 2003 Bab 1 Pasal 1 point 5 dan
6
Yusuf, Kadar
M. Tafsir Tarbawi: Pesan-Pesan
al-Qur’an Tentang Pendidikan Cet.
I. Jakarta: Amzah, 2013.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar