Senin, 02 November 2015

skripsi siang bagian awal dan akhir

KONSEP RABBANI DALAM AL-QUR’AN DAN KAITANNYA DENGAN SIFAT PENDIDIK DALAM PENDIDIKAN ISLAM
(Telaah QS. Ali-Imran ayat 79 di  Tafsir al-Mishba><h
Karya M. Quraish Shihab dan Tafsir al-Azhar Karya Hamka)


SKRIPSI



OLEH
SIANG SURYANINGTIAS
NIM: 210311150

JURUSAN TARBIYAH
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI
(STAIN) PONOROGO

2015
KONSEP RABBANI DALAM AL-QUR’AN DAN KAITANNYA DENGAN SIFAT PENDIDIK DALAM PENDIDIKAN ISLAM
(Telaah QS. Ali-Imran ayat 79 di  Tafsir al-Mishba<h Karya M. Quraish Shihab
dan Tafsir al-Azhar Karya Hamka)
SKRIPSI
Diajukan Kepada
Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Ponorogo
Untuk memenuhi Salah Satu Persyaratan
Dalam Menyelesaikan Program Sarjana
Pendidikan Agama Islam

OLEH
SIANG SURYANINGTIAS
NIM: 210311150
JURUSAN TARBIYAH
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI
(STAIN) PONOROGO
2015
LEMBAR PERSETUJUAN
Skripsi atas nama saudara:
Nama               : Siang Suryaningtias
NIM                : 210311150
Jurusan            : Tarbiyah
Program Studi : Pendidikan Agama Islam
Judul               :KONSEP RABBANI DALAM AL-QUR’AN DAN KAITANNYA DENGAN SIFAT PENDIDIK DALAM PENDIDIKAN ISLAM (Telaah QS. Ali-Imran ayat 79 di Tafsir al-Mishba<h Karya M. Quraish Shihab dan Tafsir al- Azhar Karya Hamka )
Telah diperiksa dan disetujui untuk diuji dalam ujian munaqasah
Pembimbing





Dr. Basuki, M.Ag     
NIP 197210102003121003







Tanggal…………………

Mengetahui,
Ketua
Program Studi PAI
STAIN Ponorogo




Dr. H. M. Miftahul Ulum, M.Ag.
NIP. 197403062003121001

 RIWAYAT HIDUP
            Siang Suryaningtias dilahirkan pada tanggal 30 Juni 1992 di Dusun Patuk, Desa Bausan Kidul, Kec. Ngrayun Ponorogo, putri pertama dari Bapak Teguh Harmadi dan Ibu Soirah. Pendidikan SD ditamatkannya pada tahun 2004 di SDN 01 Bausan Kidul Ngrayun Ponorogo.
            Pendidikan berikutnya dijalani di MTs Ma’arif Al-Hikmah Ngrayun Ponorogo ditamatkan pada tahun 2007 dan MA di MA Putri Ma’arif Ponorogo pada tahun 2010.
            Pada tahun 2011 ia melanjutkan pendidikannya ke Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Ponorogo dengan mengambil program studi Pendidikan Agama Islam sampai sekarang. Di tengah-tengah melaksanakan studi di Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Ponorogo, ia aktif sebagai tenaga pendidik di MTs Ma’arif Al-Hikmah Ngrayun Ponorogo. 

 

KEMENTERIAN AGAMA RI
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI
(STAIN) PONOROGO

PENGESAHAN
Skripsi atas nama saudara:
Nama               : Siang Suryaningtias
NIM                : 210311150
Jurusan            : Tarbiyah
Program Studi : Pendidikan Agama Islam
Judul                :KONSEP RABBANI DALAM AL-QUR’AN DAN KAITANNYA DENGAN SIFAT PENDIDIK DALAM   PENDIDIKAN ISLAM (Telaah  QS. Ali-Imran ayat 79 di Tafsir al-Mishba<h  Karya M. Quraish Shihab dan Tafsir al-Azhar Karya Hamka )
telah dipertahankan pada sidang munaqasah di Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Ponorogo pada:
            Hari                 : Jum’at
            Tanggal           : 16 Oktober 2015
dan telah diterima sebagai bagian dari persyaratan untuk memperoleh gelar Sarjana Pendidikan Agama Islam, pada:
            Hari                 : Jum’at
            Tanggal           : 23 Oktober 2015
Ponorogo,     
Mengesahkan
Ketua STAIN Ponorogo




                                                            Dr. Hj. Siti Maryam Yusuf, M.Ag
                                                                                    NIP: 195705061983032002
Tim Penguji:
1.    Ketua Sidang  : H. Mukhlison Effendi, M.Ag                   (……………………..)
2.    Penguji I         : Dr. H. M. Miftahul Ulum, M.Ag             (….………………….)
3.    Penguji II        : Dr. Basuki, M.Ag                                     (….………………….)
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN

Saya yang bertanda tangan di bawah ini
        Nama                   : Siang Suryaningtias 
        NIM                     : 210311150
        Program Studi     : Pendidikan Agama Islam
        Jurusan                 : Tarbiyah STAIN Ponorogo

dengan ini, menyatakan dengan sebenarnya bahwa skripsi yang saya tulis ini adalah benar-benar merupakan hasil karya saya sendiri, bukan merupakan pengambil-alihan tulisan atau pikiran orang lain yang saya aku sebagai hasil tulisan atau pikiran saya sendiri.
        Apabila di kemudian hari terbukti atau dapat dibuktikan skripsi ini hasil jiplakan, maka saya bersedia menerima sanksi atas perbuatan tersebut.


                                                                                                                                                                                                                                                                                    Ponorogo,……..…………
                                                                                                            Yang Membuat pernyataan
                                                                                               


                                                                                                Siang Suryaningtias
NIM. 210311150


ABSTRAK

Suryaningtias, Siang. 2015. Konsep Rabbani dalam al-Qur’an dan Kaitannya dengan Sifat Pendidik dalam Pendidikan Islam (Telaah QS. Ali-Imran ayat 79 di Tafsir al-Misbah Karya Quraish Shihab dan Tafsir al-Azhar Karya  Hamka). Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam Jurusan Tarbiyah Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. Basuki, M. Ag.
Kata Kunci : Rabbani, Sifat Pendidik, Pendidikan Islam
Seorang pendidik tidak hanya berperan sebagai pengajar yang transfer of knowledge (memindahkan pengetahuan), tetapi juga sebagai pendidik yang transfer of values (menanamkan nilai-nilai) dan sekaligus sebagai pembimbing yang dapat mengarahkan peserta didik dalam belajar. Untuk itu pendidik harus berpegang teguh pada sifat-sifat rabbani. Artinya seorang pendidik harus mengaitkan diri pada Tuhan melalui ketaatan kapada-Nya. Jika seorang pendidik telah bersifat rabbani, seluruh kegiatan pendidikannya bertujuan mejadikan anak didiknya sebagai generasi rabbani yang memandang jejak keagungan-Nya. Dengan banyaknya tuntutan untuk dapat mendidik peserta didik dengan sebaik-baiknya, maka pendidik dituntut untuk mempunyai budi pekerti yang luhur.
Penelitian ini bertujuan hendak mengetahui: Konsep Rabbani dalam Tafsir al-Misbah Karya Quraish Shihab dan Tafsir al-Azhar Karya Hamka dan Kaitannya dengan Sifat Pendidik dalam Pendidikan Islam Serta Persamaan dan Perbedaan antara kedua tafsir. Penelitian ini merupakan penelitian kajian pustaka (library research). Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumenter, dan pendekatan yang digunakan adalah kualitatif. Sedangkan analisa datanya memakai content analysis.
Dari penelitian yang dilakukan, menghasilkan kesimpulan sebagai berikut: Pertama, konsep rabbani dalam Tafsir al-Misbah karya M.Quraish Shihab dan Tafsir al-Azhar karya Hamka, yakni seorang yang ingin mencapai tingkat rabbani maka harus selalu belajar, mengajar dan belajar lagi, serta harus menjadi pencontoh Nabi pula. Kedua, sifat pendidik dalam Pendidikan Islam, meliputi:  memiliki sifat rabbani, senantiasa meningkatkan wawasan pengetahuan, dan kajiannya, dan memiliki ilmu pengetahuan yang mumpuni. Ketiga, konsep rabbani dalam Tafsir al-Misbah karya M. Quraish Shihab dan Tafsir al-Azhar karya Hamka memiliki kaitan dengan sifat pendidik dalam pendidikan islam, yaitu seorang pendidik jika ingin mencapai tingkat rabbani, maka ia harus meningkatkan wawasan pengetahuan dengan terus belajar. Keempat, persamaan dan perbedaan: keduanya menggunakan metode  tahlili, corak yang digunakan  adalah corak tafsir  Adabi  al-Ijtima`I.  Hamka tidak banyak memberikan penekanan pada  penjelasan makna kosakata  akan tetapi M. Quraish Shihab adalah sebaliknya. Dari sudut bahasanya, Tafsir al-Misbah menggunakannya bahasa modern dan kontemporer. Sedangkan Tafsir al-Azhar menggunakan bahasa sastra.

DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL ..................................................................................... ........ i
LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING ........................................... ....... ii
LEMBAR PENGESAHAN ......................................................................... ...... iii
PERSEMBAHAN ......................................................................................... ...... iv
MOTTO........................................................................................................... ....... v
ABSTRAK............................................................................................................ vi
KATA PENGANTAR .................................................................................. ..... vii
DAFTAR ISI ................................................................................................. ...... ix
PEDOMAN TRANSLITERASI ................................................................. .... xiii
BAB I             : PENDAHULUAN
A.      Latar Belakang Masalah ......................................................... 1
B.       Rumusan Masalah .................................................................. 5
C.       Tujuan Penelitian  ................................................................... 5
D.      Manfaat Penelitian ................................................................. 6
E.       Telaah Hasil Penelitian Terdahulu .......................................... 7
F.        Metode Kajian ....................................................................... 8
1.    Pendekatan Dan Jenis Penelitian  ...................................... 8
2.    Sumber Data....................................................................... 9
a.    Sumber Data Primer ..................................................... 9
b.    Sumber Data Sekunder ............................................... 10
3.    Teknik Pengumpulan Data .............................................. 12
4.    Teknis Analisis Data ........................................................ 13
G.      Sistematika Pembahasan ...................................................... 14
BAB II              : KAJIAN TEORI
A.      Konsep Rabbani .............................................................      17
1.    Pengertian Rabbani ......................................................... 17
2.    Syarat Menjadi Seorang Rabbani ..............................      19
3.    Pengaruh atau Buah dari Sifat Rabbani ....................      21
B.       Sifat Pendidik dalam Pendidikan Islam .........................      22
1.    Pengertian Pendidik dalam Pendidikan Islam ...........      22
2.    Kewajiban Pendidik dalam Pendidikan Islam ...........      24
3.    Kedudukan Pendidik dalam Pendidikan Islam .........      27
4.    Syarat Pendidik dalam Pendidikan Islam ..................      28
5.    Sifat Pendidik dalam Pendidikan Islam ....................      29
6.    Jenis Pendidik dalam Pendidikan Islam .......................... 34
C.       Pendidikan Islam ................................................................. 37
1.    Pengertian Pendidikan Islam ........................................... 37
2.    Unsur-Unsur Pokok dalam Pendidikan Islam ................. 39
3.    Tujuan Pendidikan Islam ................................................. 41
BAB III            : KONSEP RABBANI DALAM QS. ALI-IMRAN AYAT 79 DI TAFSIR AL-MISHBA<H KARYA M.QURAISH SHIHAB DAN KAITANNYA DENGAN SIFAT PENDIDIK DALAM PENDIDIKAN ISLAM
A.      Konsep Rabbani dalam QS. Ali-Imran ayat 79 di Tafsir al-Mishba<h Karya M. Quraish Shihab ............................................................................. ..... 42
1.    QS. Ali-Imran Ayat 79...............................................      42
2.    Asbab al-Nuzul. .........................................................       44
3.    Konsep Rabbani dalam QS. Ali-Imran Ayat 79
di Tafsir al-Misbah Karya M. Quraish Shihab............      45
a.    Biografi M. Quraish Shihab .................................. ..... 45
b.    Sekilas Tentang Tafsir al- Misbah ......................... ..... 48
c.    Penafsiran M. Quraish Shihab Tentang
QS. Ali-Imran Ayat 79 ......................................... ..... 53
d.   Konsep Rabbani dalam QS. Ali-Imran Ayat 79
di Tafsir al-Misbah Karya M. Quraish
Shihab.................................................................... ..... 60
B.       Kaitan Konsep Rabbani dalam QS. Ali-Imran ayat 79
di Tafsir al-Mishba<h Karya M. Quraish Shihab
dengan Sifat Pendidik dalam Pendidikan Islam ............      65

BAB IV            : KONSEP RABBANI DALAM QS. ALI-IMRAN AYAT 79 DI TAFSIR AL-AZHAR KARYA HAMKA DAN KAITANNYA DENGAN SIFAT PENDIDIK DALAM PENDIDIKAN ISLAM
A.      Konsep Rabbani dalam QS. Ali-Imran ayat 79 di Tafsir al-Azhar Karya Hamka        ......................................................................................... 69
1.    QS. Ali-Imran Ayat 79 .............................................. ..... 69
2.    Asbab al-Nuzul .......................................................... ..... 71
3.    Konsep Rabbani dalam QS. Ali-Imran Ayat 79 di Tafsir al-Azhar Karya Hamka  ..................................................................................... ..... 72
a.    Biografi Hamka  .................................................... ..... 72
b.    Sekilas Tentang Tafsir al-Azhar ............................ ..... 77
c.    Penafsiran Hamka  Tentang QS. Ali-Imran
Ayat 79.................................................................. ..... 80
d.   Konsep Rabbani dalam QS. Ali-Imran Ayat 79
di Tafsir al-Azhar Karya Hamka............................ ..... 84
B.       Kaitan Konsep Rabbani dalam QS. Ali-Imran ayat 79
di Tafsir al-Azhar Karya Hamka dengan Sifat Pendidik dalam Pendidikan Islam       ......................................................................................... 90     
BAB V              : PERSAMAAN DAN PERBEDAAN ANTARA TAFSIR AL-MISBAH KARYA M.QURAISH SHIHAB DAN TAFSIR AL-AZHAR KARYA HAMKA  
A.      Persamaan antara Tafsir al-Misbah Karya M. Quraish Shihab dan Tafsir al-Azhar Karya Hamka ............................................................................ ..... 94
B.       Perbedaan antara Tafsir al-Misbah Karya M. Quraish Shihab dan Tafsir al-Azhar Karya Hamka ............................................................................ ..... 97
BAB VI            : PENUTUP
A.      Kesimpulan ..................................................................... ..... 98
B.       Saran ............................................................................... ... 100


DAFTAR PUSTAKA
RIWAYAT HIDUP
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN
  DAFTAR ISI
     HALAMAN SAMPUL ....................................................................................................   i
     HALAMAN JUDUL .......................................................................................................   ii
     LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING ..............................................................   iii
     LEMBAR PENGESAHAN ............................................................................................   iv
     PERSEMBAHAN ............................................................................................................   v
     MOTTO ............. ..............................................................................................................   vi
     KATA PENGANTAR ....................................................................................................   vii
     DAFTAR ISI ....................................................................................................................   x
PEDOMAN TRANSLITERASI ....................................................................................   xiv

BAB I               : PENDAHULUAN
A.      Latar Belakang Masalah ....................................................................   1
B.       Rumusan Masalah ..............................................................................   5
C.       Tujuan Penelitian  ..............................................................................   5
D.      Manfaat Penelitian .............................................................................   6
E.       Telaah Hasil Penelitian Terdahulu .....................................................   7
F.        Metode Kajian ...................................................................................   8
1.    Pendekatan Dan Jenis Penelitian  .................................................   8
2.    Sumber Data:
a.         Sumber Data Primer ..............................................................   9
b.         Sumber Data Sekunder ..........................................................   10
3.    Teknik Pengumpulan Data ............................................................   12
4.    Teknis Analisis Data .....................................................................   12
G.      Sistematika Pembahasan ....................................................................   14
BAB II              :KAJIAN TEORI
A.  Konsep Rabbani ..................................................................................  16
1.    Pengertian Rabbani .........................................................................   16
2.    Syarat Menjadi Seorang Rabbani ................................................... 17
3.    Pengaruh atau Buah dari Sifat Rabbani .......................................... 19
B.  Sifat Pendidik dalam Pendidikan Islam .............................................. 21
1.    Pengertian Pendidik dalam Pendidikan Islam ................................ 21
2.    Kewajiban Pendidik dalam Pendidikan Islam ................................ 22
3.    Kedudukan Pendidik dalam Pendidikan Islam .............................. 25
4.    Syarat Pendidik dalam Pendidikan Islam ....................................... 26
5.    Sifat Pendidik dalam Pendidikan Islam ......................................... 27
6.    Jenis Pendidik dalam Pendidikan Islam .........................................   32
C.  Pendidikan Islam .................................................................................   34
1.    Pengertian Pendidikan Islam ..........................................................   34
2.    Unsur-Unsur Pokok dalam Pendidikan Islam .................................   36
3.    Tujuan Pendidikan Islam ................................................................   38
BAB III            : KONSEP RABBANI DALAM QS. ALI-IMRAN AYAT 79 DI TAFSIR AL-MISHBA<H KARYA M.QURAISH SHIHAB DAN KAITANNYA DENGAN SIFAT PENDIDIK DALAM PENDIDIKAN ISLAM
A.  Konsep Rabbani dalam QS. Ali-Imran ayat 79 di Tafsir al-Mishba<h Karya M. Quraish Shihab ...............................................................................................................   39
1.    QS. Ali-Imran Ayat 79....................................................................   39
2.    Asbab al-Nuzul. ..............................................................................  
3.    Konsep Rabbani dalam QS. Ali-Imran Ayat 79 Di Tafsir al-Mishba<h Karya M. Quraish Shihab..............................................................................................  
a.    Biografi M. Quraish Shihab .......................................................
b.    Sekilas Tentang Tafsir al-Mishba<h ..........................................
c.    Penafsiran M.Quraish Shihab Tentang
       QS. Ali-Imran Ayat 79 ...............................................................
d.   Konsep Rabbani dalam QS. Ali-Imran Ayat 79 di Tafsir al-Mishba<h Karya M. Quraish Shihab .........................................................................................
B.  Kaitan Konsep Rabbani dalam QS. Ali-Imran ayat 79 di Tafsir al-Mishba<h Karya M. Quraish Shihab dengan Sifat Pendidik dalam Pendidikan
Islam ....................................................................................................
BAB IV          : KONSEP RABBANI DALAM QS. ALI-IMRAN AYAT 79 DI TAFSIR AL-AZHAR KARYA DR. HAMKA DAN KAITANNYA DENGAN SIFAT PENDIDIK DALAM PENDIDIKAN ISLAM
A.  Konsep Rabbani dalam QS. Ali-Imran ayat 79 di Tafsir al-Azhar Karya DR. Hamka              
1.    QS. Ali-Imran Ayat 79 ...................................................................
2.    Asbab al-Nuzul ...............................................................................
3.    Konsep Rabbani dalam QS. Ali-Imran Ayat 79 Di Tafsir al-Azhar
     Karya DR. Hamka  .........................................................................
a.    Biografi DR. Hamka  .................................................................
b.    Sekilas Tentang Tafsir al-Azhar .................................................
c.    Penafsiran DR. Hamka  Tentang QS. Ali-Imran Ayat 79 ..........
d.   Konsep Rabbani dalam QS. Ali-Imran Ayat 79 di Tafsir al-Azhar
                                         Karya DR. Hamka  ....................................................................
B.  Kaitan Konsep Rabbani dalam QS. Ali-Imran ayat 79 di Tafsir al-Azhar Karya DR. Hamka dengan Sifat Pendidik dalam Pendidikan
Islam ....................................................................................................              
BAB V           :PERSAMAAN DAN PERBEDAAN ANTARA TAFSIR AL-MISHBA<H KARYA M.QURAISH SHIHAB DAN TAFSIR AL-AZHAR KARYA DR. HAMKA  
A.  Persamaan antara Tafsir al-Mishba<h Karya M. Quraish Shihab dan Tafsir al-Azhar Karya DR. Hamka ..................................................................................................
B.  Perbedaan antara Tafsir al-Mishba<h Karya M. Quraish Shihab dan Tafsir  al-Azhar Karya DR. Hamka ..................................................................................................
BAB VI          : PENUTUP
A.  Kesimpulan ..........................................................................................
B.  Saran ....................................................................................................

DAFTAR PUSTAKA
RIWAYAT HIDUP
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN

 DAFTAR ISI
HALAMAN SAMPUL .......................................................................................  
HALAMAN JUDUL ...........................................................................................  
LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING ....................................................  
HALAMAN PENGESAHAN ............................................................................  
PERSEMBAHAN ...............................................................................................  
MOTTO ................................................................................................................
ABSTRAK ...........................................................................................................  
KATA PENGANTAR .........................................................................................  
DAFTAR ISI........................................................................................................
DAFTAR LAMPIRAN........................................................................................
PEDOMAN TRANSLITERASI ………………………………………………………

BAB I             : PENDAHULUAN
 Latar Belakang Masalah
 Rumusan Masalah
Tujuan Penelitian
Manfaat Penelitia
Telaah Hasil Penelitian Terdahulu
Metode Penelitian
Pendekatan dan Jenis Penelitian
Sumber Data:
Sumber Data Primer
Sumber Data Sekunder
Teknik Pengumpulan Data
Teknik Analisis Data
Sistematika Pembahasan
BAB II              :KONSEP RABBANI DAN SIFAT PENDIDIK DALAM PENDIDIKAN ISLAM
A.        Konsep Rabbani ………………………………………………………..
1.                   Pengertian Rabbani …………………………………………………….
2.                   Syarat Menjadi Seorang Rabbani …………………………………….
3.                   Pengaruh atau Buah dari Sifat Rabbani ……………………………..
B.        Sifat Pendidik dalam Pendidikan Islam………………………….
1.                   Pengertian Pendidik dalam Pendidikan Islam …………………..
2.                   Kewajiban Pendidik dalam Pendidikan Islam ………………….
3.                   Kedudukan Pendidik dalam Pendidikan Islam………………….
4.                   Syarat Pendidik dalam Pendidikan Islam ………………………
5.                   Sifat Pendidik dalam Pendidik Islam …………………………
BAB III            : KONSEP RABBANI DALAM QS. ALI-IMRAN AYAT 79 DI TAFSIR   AL-MISBAH KARYA M.QURAISH SHIHAB
A.       QS. Ali-Imran Ayat 79
B.       Asbab al-Nuzul
C.       Konsep Rabbani dalam QS. Ali-Imran Ayat 79 Di Tafsir al-Misbah Karya M. Quraish Shihab
1.    Biografi M. Quraish Shihab
2.    Sekilas Tentang Tafsir al- Misbah
3.    Penafsiran M.Quraish Shihab Tentang QS. Ali-Imran Ayat 79
4.    Konsep Rabbani dalam QS. Ali-Imran Ayat 79 di Tafsir al-Misbah Karya M. Quraish Shihab
BAB IV          : KONSEP RABBANI DALAM QS. ALI-IMRAN AYAT 79 DI TAFSIR   AL-MISBAH KARYA M.QURAISH SHIHAB
A.       QS. Ali-Imran Ayat 79
B.       Asbab al-Nuzul
C.       Konsep Rabbani dalam QS. Ali-Imran Ayat 79 Di Tafsir al-Misbah Karya M. Quraish Shihab
1.    Biografi M. Quraish Shihab
2.    Sekilas Tentang Tafsir al- Misbah
3.    Penafsiran M.Quraish Shihab Tentang QS. Ali-Imran Ayat 79
4.    Konsep Rabbani dalam QS. Ali-Imran Ayat 79 di Tafsir al-Misbah
BAB V           :ANALISIS KETERKAITAN KONSEP RABBANI  DALAM QS. ALI-IMRAN AYAT 79 DI TAFSIR AL-MISBAH KARYA M.QURAISH SHIHAB DAN TAFSIR AL-AZHAR KARYA DR. HAMKA DENGAN SIFAT PENDIDIK DALAM PENDIDIKAN ISLAM
A.       Kaitan Konsep Rabbani dalam QS. Ali-Imran Ayat 79 di Tafsir al-Misbah Karya M. Quraish Shihab dengan Sifat Pendidik dalam Pendidikan Islam…………………………
B.       Kaitan Konsep Rabbani dalam QS. Ali-Imran Ayat 79 di Tafsir al-Azhar Karya DR. Hamka dengan Sifat Pendidik dalam Pendidikan Islam………………………….
C.       Persamaan dan Perbedaan dari Tafsir al-Misbah Karya M. Quraish Shihab dan Tafsir al-Azhar Karya DR. Hamka……………
BAB VI          : PENUTUP
A.       Kesimpulan
B.       Saran

DAFTAR PUSTAKA
RIWAYAT HIDUP
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN


                       STAINP~1
KEMENTRIAN AGAMA RI
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI (STAIN)
PONOROGO
PENGESAHAN
            Skripsi ini telah dipertahankan pada sidang munaqasah di Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Ponorogo pada :STAINP~1
Hari
:

Tanggal
:

dan telah diterima sebagai bagian dari persyaratan untuk memperoleh gelar Sarjana Pendidikan Islam, pada :
Hari
:

Tanggal
:


                                                                        Ponorogo,......................................         
                                                                        Mengesahkan
                                                                        Ketua STAIN Ponorogo


                                                            Dr. Hj. Siti Maryam Yusuf, M.Ag
                                                            NIP. 195705061983032002
Tim Penguji : 
1.
Ketua Sidang
:

(………………….)
2.
Penguji I
:

(………………….)
3.
Penguji II
:

(………………….)


 KONSEP RABBANI DALAM AL-QUR’AN DAN KAITANNYA DENGAN SIFAT PENDIDIK DALAM PENDIDIKAN ISLAM
(Telaah QS. Ali-Imran ayat 79 di  Tafsir al-Mishba<h Karya M. Quraish Shihab dan Tafsir al-Azhar Karya Hamka)


SKRIPSI



OLEH
SIANG SURYANINGTIAS
NIM: 210311150

JURUSAN TARBIYAH
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI
(STAIN) PONOROGO
2015

KATA PENGANTAR
Segala puji syukur bagi Allah Swt., yang telah memberi curahan karunia dan rahmat-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan skripsi dengan judul Konsep Rabbani dalam Al-Qur’an dan Kaitannya dengan Sifat Pendidik dalam Pendidikan Islam (Telaah QS. Ali-Imran ayat 79 di Tafsir Al-Misbah karya Quraish Shihab Dan Tafsir Al Azhar karya Hamka )”.     
 Shalawat serta salam semoga tetap terlimpahkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad Saw., yang menjadi teladan bagi umatnya serta pembawa wahyu Ilahi sebagai pedoman hidup untuk mencapai kebahagiaan dunia dan akhirat.
Di dalam penyusunan skripsi ini penulis menyadari sepenuhnya bahwa tanpa dorongan, bimbingan, dan motivasi-motivasi yang bersifat moril maupun materiil dari berbagai pihak, niscaya penulis tidak akan mampu menyelesaikan skripsi ini dengan baik. Oleh karena itu, dengan segala kerendahan hati penulis menyampaikan terima kasih yang tak terhingga kepada:
1.        Ibu Dr. Hj. Siti Maryam Yusuf, M. Ag, selaku Ketua Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Ponorogo, yang telah memberikan izin untuk penelitian dan penyusunan skripsi ini.
2.        Bapak H. Mukhlison Effendi, M. Ag, selaku Ketua Jurusan Tarbiyah Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Ponorogo.
3.        Bapak Dr. H. M. Miftahul Ulum, M. Ag, selaku Ketua Program Studi Pendidikan Agama Islam  Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Ponorogo.
4.        Bapak Dr. Basuki M. Ag, selaku pembimbing yang telah memberikan banyak bimbingan dan arahan kepada penulis dengan penuh kesabaran dan keikhlasan dalam penulisan dan penyelesaian skripsi ini.
5.        Bapak dan Ibu Dosen yang telah mendidik penulis dengan penuh kesabaran selama penulis menuntut ilmu di Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Ponorogo, semoga semuanya menjadi manfaat dan barokah.
6.        Seluruh keluarga dan semua pihak yang telah membantu terselesaikannya penyusunan skripsi ini, yang tidak mungkin penulis sebutkan satu persatu.
Tiada kata yang pantas penulis sampaikan kepada semuanya, kecuali ucapan terima kasih yang tak terhingga serta iringan do’a semoga amal baiknya mendapatkan balasan dari Allah Swt.  Karya ini masih jauh dari sempurna, untuk itu kritik dan saran yang membangun dari semua pihak senantiasa penulis harapkan. Semoga skripsi ini dapat bermanfaat bagi penulis dan pembaca umumnya. Semoga Allah Swt. senantiasa memberikan ridho-Nya. Amin.                                     
                                                       Ponorogo,                2015
Penulis,

Siang Suryaningtias  
NIM.210311150
                                          MOTTO

¨bÎ) z`»|¡SM}$# Å"s9 AŽô£äz ÇËÈ žwÎ) tûïÏ%©!$# (#qãZtB#uä (#qè=ÏJtãur ÏM»ysÎ=»¢Á9$# (#öq|¹#uqs?ur Èd,ysø9$$Î/ (#öq|¹#uqs?ur ÎŽö9¢Á9$$Î/ ÇÌÈ

Dan kamu lihat manusia masuk agama Allah dengan berbondong-bondong, Maka bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu dan mohonlah ampun kepada-Nya. Sesungguhnya dia adalah Maha Penerima taubat.”[1]




[1] Al-Qur’an  Surat Al-Ashr  ayat:2-3

PEDOMAN TRANSLITERASI

Sistem transliterasi Arab-Indonesia yang dijadikan pedoman dalam penulisan skripsi ini adalah sistem Institut of Islamic Studies, McGill University, yaitu sebagai berikut:
ء
=

ز
=
z

ق
=
q
ب
=
b
س
=
s

ك
=
k
ت
=
t
ش
=
sh

ل
=
l
ث
=
Th
ص
=
s}

م
=
m
ج
=
J
ض
=
d}

ن
=
n
ح
=
H{
ط
=
  t}

و
=
w
خ
=
kh
ظ
=
z}

=
H
د
=
D
ع
=

ي
=
Y
ذ
=
dh
غ
=
gh

ر
=
r
ف
=
f


Ta>’ marbu>ta tidak ditampakkan kecuali dalam susunan id>fa, huruf tersebut ditulis  t. Misalnya:  فطانة  = fat}a>naفطانة النبي = fat}a>nat al-nabi>


Diftong dan Konsonan Rangkap
أو
=
Aw

أو
=
u>
أي
=
Ay
أي
=
i>

Konsonan rangkap ditulis rangkap, kecuali huruf waw yang didahului d}amma dan huruf ya>’  yang didahului kasra seperti yang tersebut dalam tabel.
Bacaan panjang

أ
=
a>

أي
=
i>

أو
=
u>

Kata sandang

ال
=
al-

الش
=
al-sh

وال
=
wa’l-


PERSEMBAHAN

Dengan kerendahan hati  dan penuh rasa syukur kehadirat Allah Swt.   kupersembahkan karya ini kepada:
1.        Bapak  tercinta yang jasa-jasanya tidak bisa diungkapkan dengan tulisan maupun perkataan, dan belum bisa penulis balas dengan apapun.
2.        Ibuku tersayang yang senantiasa memberikan do’a, semangat dan dorongan dalam menyelesaikan skripsi ini. . Setiap darah penulis mengalir darah mereka (Semoga Allah senantiasa mencurahkan segala rahmad dan hidayah-Nya serta kasih sayang-Nya).
3.        Dan tidak lupa untuk kakekku yang juga senantiasa memberikan semangat kepada penulis.



 PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN

Saya yang bertanda tangan di bawah ini
        Nama                   : Siang Suryaningtias 
        NIM                     : 210311150
        Program Studi     : Pendidikan Agama Islam
        Jurusan                 : Tarbiyah STAIN Ponorogo

dengan ini, menyatakan dengan sebenarnya bahwa skripsi yang saya tulis ini adalah benar-benar merupakan hasil karya saya sendiri, bukan merupakan pengambil-alihan tulisan atau pikiran orang lain yang saya aku sebagai hasil tulisan atau pikiran saya sendiri.
        Apabila di kemudian hari terbukti atau dapat dibuktikan skripsi ini hasil jiplakan, maka saya bersedia menerima sanksi atas perbuatan tersebut.


                                                                                                Ponorogo,……………………
                                                                                                Yang Membuat pernyataan
                                                                                               


                                                                                                Siang Suryaningtias
NIM. 210311150

RIWAYAT HIDUP
            Siang Suryaningtias dilahirkan pada tanggal 30 Juni 1992 di Dusun Patuk, Desa Bausan Kidul, Kec. Ngrayun Ponorogo, putri pertama dari Bapak Teguh Harmadi dan Ibu Soirah. Pendidikan SD ditamatkannya pada tahun 2004 di SDN 01 Bausan Kidul Ngrayun Ponorogo.
            Pendidikan berikutnya dijalani di MTs Ma’arif Al-Hikmah Ngrayun Ponorogo ditamatkan pada tahun 2007 dan MA di MA Putri Ma’arif Ponorogo pada tahun 2010.
            Pada tahun 2011 ia melanjutkan pendidikannya ke Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Ponorogo dengan mengambil program studi Pendidikan Agama Islam sampai sekarang. Di tengah-tengah melaksanakan studi di Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Ponorogo, ia aktif sebagai tenaga pendidik di MTs Ma’arif Al-Hikmah Ngrayun Ponorogo. 

DAFTAR PUSTAKA

 ‘Athiyah al-Abrasyi, Muhammad. Prinsip-prinsip Dasar Pendidikan. Bandung: CV PUSTAKA SETIA, 2003
Ahmad Saebani, Beni. dan Akhdiyat, Hendra. Ilmu Pendidikan Islam. Bandung: CV PUSTAKA SETIA, 2009.
 al-Qardhawi, Yusuf. Madkhal li Ma’rifah al-Islam Sistem Pengetahuan Islam. Jakarta: RESTU ILAHI, 2004.
Al-Qur’an dan Tafsirnya: Edisi yang Disempurnakan. Jilid I. Jakarta: Departemen Agama RI, 2009.
Amin Ghofur, Saiful. Profil Para Mufasir Al-Qur’an. Yogjakarta: Pustaka Insan Madani, 2008.
 an-Nahlawi, Abdurrahman. Pendidikan Islam di Rumah, Sekolah, dan Masyarakat. Jakarta: Gema Insani Press, 1995.
 Azra, Azyumardi. Pendidikan Islam : Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru.tt.
 Basri, Hasan. dan Ahmad Saebani, Beni. Ilmu Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Setia, 2010.
 Bidan, Nashrudin. Metode Penafsiran al-Qur’an: Kajian Kritis terhadap Ayat-Ayat  yang Beredaksi Mirip, Cet. I.Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2002.
Fadhil al-Jamali, Muhammad. Konsep Pendidikan Qur’ani Sebuah Kajian Filosofis. Terjemah Judi al-Falasani. Solo: Romadhoni, 1993.
 Fatah Jalal, Abdul. Azaz-Azaz Pendidikan Islam. Terjemah Herry Noer Ali dari kitab asli Minal Usulit at-Tarbawiyyah Fil Islam. Bandung: CV Diponegoro, 1988.
 Fillah, Salima A. Saksikan Bahwa Aku Seorang Muslim. Yogyakarta: Pro-U Media, 2007.
Hamka. Tafsir al-Azhar Juz III. Jakarta: PT Pustaka Panjimas, 1983.
 Izzan, Ahmad. dan Saehudin. Tafsir Pendidikan, Studi Ayat-Ayat Berdimensi Pendidikan.  Pamulang Tanggerang Selatan Banten: Pustaka Aufa Media, 2012.
 J. Moleong, Lexi. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2000.
Jurusan Tarbiyah STAIN Ponorogo. Buku Pedoman Penulisan Skripsi. Ponorogo: STAIN Ponorogo, 2014.
Mahmud, Pemikiran Pendidikan Islam.  Bandung : Pustaka Setia, 2011.
 Mirza Thahir Ahmad Khalifatul Masih IV, Hadrat. Terj. Dewan Naskah Jemaat Ahmadiyah Indonesia.  Al-qur’an dengan Terjemahan dan Tafsir Singkat. Jakarta: Yayasan Wisma Damai, 2007.
Muhammad Hasbi Ash-Shiddieqy, Teungku. Tafsir Al-Qur’anul Majid An-Nuur. Semarang: PT. PUSTAKA PUTRA, 2000.
 Mujib, Abdul. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana, 2008.
 Munir, Ahmad. Tafsir Tarbawi: Mengungkap Pesan Al-Qur’an tentang Pendidikan. STAIN Ponorogo Press, 2007.
 Muntahibun Nafis, Muhammad. Ilmu Pendidikan Islam. Yogyakarta:Teras, 2011.
 Mustafa al-Maragi, Ahmad. Tafsir al-Maragi. Semarang: TOHA PUTRA, 1993.
 Nawawi, Hadari. Metodologi bidang social. Yogyakarta: Gajah Mada University Press, 2007.
 Nizar, Samsul. Memperbincangkan Dinamika Intelektual dan Pemikiran HAMKA Tentang Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2008.
 Qardhawi, Yusuf. Al-Qur’an Berbicara Tentang Akal dan Ilmu Pengetahuan. Terj. Abdul Hayyie al-Kattani, Irfan Salim & Sochimien. Jakarta: Gema Insani Press, 1998.
 Saleh Abdullah, Abdurrahman. Teori-Teori Pendidikan Berdasarkan Al-Qur’an. Jakarta: PT RINEKA CIPTA, 2007.
Sardiman. Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers, 2009.
Shihab, M. Quraish. Tafsir al-Misbah: Pesan, Kesan, dan Keserasian al-Qur’an, Vol. I, Cet. I. Jakarta: Lentera Hati, 2000.
                               Tafsir al-Misbah: Pesan, Kesan, dan Keserasian al-Qur’an. Vol. 15, Cet. V. Jakarta: Lentera Hati, 2006.
                               Tafsir al-Mishbah, Pesan, Kesan dan Keserasian al-Qur’an. Vol 2, Cet, 1. Ciputat: Lentera Hati, 2000.
                                Tafsir al-Mishbah, Pesan, Kesan dan Keserasian al-Qur’an. Vol. 3 Ciputat: Lentera Hati, 2001.
Sudiyono. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: PT RINEKA CIPTA, 2009.
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2009.
Suntawi, “Konsep Rabbani dalam al-Qur’an Surat Ali-Imran ayat 79 dan pengembangannya dalam Peningkatan Kepribadian Guru Pendidikan Agama Islam,” Skripsi, IAIN Walisongo, Semarang, 2005.
 Suwaid Nur Abdul Hafizh, Muhammad. Mendidik Anak Bersama Nabi, Panduan Lengkap Pendidikan Anak Disertai Teladan Kehidupan Para Salaf. Terj. Salafuddin Abu Sayyid. Solo: Pustaka Arafah, 2006.
Syaodih Sukmadinata, Nana. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2007.
 Tafsir, Ahmad. Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA, 2001.
Uhbiyati, Nur. dan Ahmadi, Abu. Ilmu Pendidikan Islam. Bandung: CV PUSTAKA SETIA, 1997.
Undang-undang SISDIKNAS 2003 UU RI No. 20 tahun 2003 Bab 1 Pasal 1 point 5 dan  6
 Yusuf, Kadar  M. Tafsir Tarbawi: Pesan-Pesan al-Qur’an Tentang Pendidikan Cet. I. Jakarta: Amzah, 2013.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar