KEPEMIMPINAN
RATU BALQIS
PERSPEKTIF PENDIDIKAN
KARAKTER
(KAJIAN TERHADAP TAFSIR AL-MISHBAH
SURAT AL-NAML
AYAT 22-44)
SKRIPSI
OLEH
QURRIYATUL
MUNAWWAROH
NIM: 210311149
JURUSAN
TARBIYAH
PROGRAM STUDI
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
SEKOLAH TINGGI
AGAMA ISLAM NEGERI
(STAIN)
PONOROGO
JUNI 2015
KEPEMIMPINAN
RATU BALQIS
PERSPEKTIF PENDIDIKAN
KARAKTER
(KAJIAN
TERHADAP TAFSIR AL-MISHBAH
SURAT AL-NAML
AYAT 22-44)
SKRIPSI
Diajukan Kepada
Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri
Ponorogo
Untuk memenuhi Salah Satu
Persyaratan
Dalam Menyelesaikan Program Sarjana
Pendidikan Agama Islam
OLEH
QURRIYATUL
MUNAWWAROH
NIM: 210311149
JURUSAN
TARBIYAH
PROGRAM STUDI
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
SEKOLAH TINGGI
AGAMA ISLAM NEGERI
(STAIN)
PONOROGO
JUNI 2015
LEMBAR PERSETUJUAN
Skripsi
atas nama saudara:
Nama : Qurriyatul Munawwaroh
NIM : 210311149
Jurusan : Tarbiyah
Program
Studi : Pendidikan Agama Islam
Judul : NILAI-NILAI
PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KEPEMIMPINAN RATU BALQIS (KAJIAN TERHADAP TAFSIR
AL-MISHBAH SURAT AL-NAML AYAT 22-44)
Telah
diperiksa dan disetujui untuk diuji dalam ujian munaqasah
Pembimbing
(Isnatin Ulfah, M.H.I) Tanggal
03 Juli 2015
NIP. 197407142005012003
Mengetahui,
Ketua
Program Studi PAI
STAIN Ponorogo
Dr. H. M. Miftahul
Ulum, M.Ag.
NIP.
197403062003121001
KEMENTERIAN
AGAMA RI
SEKOLAH
TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI
(STAIN)
PONOROGO
PENGESAHAN
Skripsi atas nama saudara:
Nama : Qurriyatul Munawwaroh
NIM : 210311149
Jurusan : Tarbiyah
Program Studi : Pendidikan Agama Islam
Judul :
KEPEMIMPINAN RATU BALQIS PERSPEKTIF PENDIDIKAN KARAKTER (KAJIAN TERHADAP TAFSIR
AL-MISHBAH SURAT AL-NAML AYAT 22-44)
telah
dipertahankan pada sidang munaqasah di Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri
(STAIN) Ponorogo pada:
Hari :
Tanggal :
dan telah diterima sebagai bagian dari persyaratan untuk memperoleh
gelar Sarjana Pendidikan Agama Islam, pada:
Hari :
Tanggal :
Ponorogo,
2015
Mengesahkan
Ketua
STAIN Ponorogo
Dr.
Hj. Siti Maryam Yusuf, M.Ag
NIP: 195705061983032002
Tim Penguji:
1.
Ketua
Sidang : Retno Widaningrum, M.Pd. (
____________ )
2.
Penguji
I : Kharisul Whatoni, M.Pd.I. (
____________ )
3.
Penguji
II :
Isnatin Ulfah, M.H.I. ( ____________ )
MOTTO
هَلْ
جَزَاء الْإِحْسَانِ إِلَّا الْإِحْسَانُ
Tidak ada balasan kebaikan kecuali kebaikan (pula).(QS. Al-Rahma>n:60)
ABSTRAK
Munawwaroh, Qurriyatul. Kepemimpinan
Ratu Balqis Perspektif Pendidikan Karakter (Kajian terhadap Tafsir al-Mishbah
Surat Al-Naml ayat 22-44). Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama
Islam Jurusan Tarbiyah Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Ponorogo.
Pembimbing Isnatin Ulfah, M.H.I.
Kata Kunci:, Kepemimpinan, Ratu Balqis, Pendidikan Karakter, Tafsir
al-Mishbah.
Pendidikan
karakter adalah pembinaan, pelatihan, pengajaran dan semua hal yang merupakan
bagian dari usaha manusia untuk meningkatkan kecerdasan dan keterampilannya
melalui proses transformasi nilai-nilai kehidupan untuk ditumbuhkembangkan
dalam kepribadian seseorang sehingga menjadi satu dalam perilaku kehidupan. Pembelajaran
yang diajarkan oleh pendidik saat ini hanya sampai pada tahap materi saja.
Nilai-nilai pendidikan karakter yang dimiliki oleh tokoh-tokoh seperti yang
terdapat dalam Al-Qur’an, salah satunya yaitu tentang tokoh Ratu Balqis ini belum
ditanamkan secara menyeluruh karena hanya dianggap sebagai materi pengenalan
dan pengetahuan tokoh saja. Penanaman karakter yang belum diperhatikan dan
ditanamkan oleh pendidik dapat menjadikan peserta didik kurang memiliki
karakter yang mulia. Kondisi yang demikian, kiranya cukup relevan untuk
menanamkan nilai-nilai karakter melalui keteladanan sikap-sikap yang dimiliki
oleh tokoh yang terdapat dalam Al-Qur’an seperti dalam kepemimpinan Ratu
Balqis. Dalam penelitian ini penulis menggunakan Tafsir al-Mishbah
karena tafsir ini mudah dipahami. Tafsir ini menjelaskan kosa kata, serta menjelaskan munasabah ayat yang
sedang ditafsirkan dengan ayat sebelum maupun sesudahnya serta banyak
mengemukakan uraian penjelas terhadap sejumlah mufasir ternama.
Untuk
mendeskripsikan permasalahan diatas peneliti merumuskan masalah sebagai berikut:
(1) Bagaimana kepemimpinan Ratu Balqis dalam tafsir al-Mishbah surat al-Naml
ayat 22-44? (2) Apa saja nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam
kepemimpinan Ratu Balqis? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, penelitian ini
dirancang dengan pendekatan analisis deskriptif dengan jenis penelitian kualitatif
library research. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini
menggunakan teknik studi dokumenter. Teknik analisa data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah analisis isi (content analysis).
Dari
hasil penelitian bahwa Ratu Balqis merupakan pemimpin yang demokratis yang
memenuhi syarat-syarat sebagai pemimpin, yaitu memiliki kecerdasan, kreatif dan
inisiatif, rendah hati, memiliki semangat pengabdian dan
kesetiaan yang tinggi serta berani mengambil keputusan dan bertanggungjawab.
Nilai-nilai pendidikan karakter yang dimiliki oleh Ratu Balqis yaitu bertanggungjawab,
percaya diri, kreatif, menghargai karya dan prestasi orang lain, santun,
demokratis dari sikapnya yang mengutamakan musyawarah, berpikir jauh ke depan, cinta
damai dan tegas.
KATA PENGANTAR
Bismilla>hirrahma>nirrah>m.
Segala puji dan syukur penulis panjatkan atas berkah
rahmat dan karunia Allah Swt yang Maha
Pengasih dan Maha Pemurah, hanya dengan rahmat dan karunia-Nya penulis dapat
menyelesaikan skripsi ini yang berjudul “Kepemimpinan Ratu Balqis Perspekti Pendidikan
Karakter (Kajian Terhadap Tafsir Al-Mishbah Surat Al-Naml Ayat 22-44”.
Shalawat serta salam semoga senantiasa terlimpahkan kepada Nabi
Muhammad Saw beserta keluarga, para
sahabat dan orang-orang yang mengikuti jejaknya.
Penyusunan skripsi ini merupakan
kajian singkat tentang nilai-nilai pendidikan karakter dalam kepemimpinan ratu
Balqis yang termaktub dalam QS. Al-Naml ayat 22-44. Penyusunan skripsi ini
berangkat dari kegelisahan peneliti tentang pembelajaran yang diajarkan oleh
pendidik yang hanya sampai pada tahap materi saja. Nilai-nilai pendidikan
karakter yang dimiliki oleh tokoh-tokoh seperti tentang tokoh ratu Balqis ini belum
ditanamkan secara menyeluruh. Penanaman karakter yang belum diperhatikan dan
ditanamkan oleh pendidik dapat menjadikan peserta didik kurang memiliki
karakter yang mulia. Kondisi yang demikian, kiranya cukup relevan untuk
menanamkan nilai-nilai karakter melalui keteladanan sikap-sikap yang dimiliki
oleh tokoh seperti dalam kepemimpinan ratu Balqis.
Sebagai ungkapan kegembiraan penulis, tiada kata
yang patut diucapkan selain mengucapkan terimakasih yang sebanyak-banyaknya
kepada beliau yang telah membantu terselesainya penulis skripsi ini. Ucapan
terima kasih kami sampaikan kepada yang terhormat :
1.
Dr. Hj. Siti Maryam Yusuf, M.Ag., selaku Ketua
Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Ponorogo yang telah memberikan
kesempatan bagi penulis untuk menimba ilmu di lembaga ini.
2.
H. Mukhlison
Effendi, M.Ag., selaku Ketua Jurusan Tarbiyah Sekolah Tinggi Agama Islam
Negeri (STAIN) Ponorogo yang telah memberikan dukungan kepada penulis untuk
menulis karya ilmiah ini.
3.
Dr. H. M. Miftahul Ulum, M.Ag., selaku Ketua Program Studi Pendidikan Agama Islam Sekolah Tinggi
Agama Islam Negri (STAIN ) Ponorogo.
4.
Ibu Isnatin Ulfah, M.H.I selaku pembimbing
yang telah meluangkan waktu dan memberikan saran dan arahan dalam penyusunan
skripsi ini.
5.
Bapak
Ibu Dosen dan Segenap civitas akademika STAIN Ponorogo
yang telah membantu dalam terselesainya skripsi ini.
6.
Seluruh
sahabat yang telah memberikan semangat dan dorongan kepada penulis dalam
penyelesaian skripsi ini.
7.
Kepada
semua
pihak yang membantu dan memberikan dorongan dari awal hingga akhir sehingga
dapat mempercepat selesainya penulisan skripsi ini.
Karena
keterbatasan kemampuan penulis, sungguh suatu kehormatan bagi penulis atas
saran atau kritik yang membangun, sehingga bisa menambah sempurnanya skripsi
ini. Penulis hanya bisa memohon kepada Allah Swt semoga skripsi yang sederhana
ini bermanfaat khususnya bagi penulis, umumnya bagi pembaca sekalian.
|
Ponorogo, Juli 2015
Penulis
QURRIYATULMUNAWWAROH
210311149
|
DAFTAR
ISI
HALAMAN SAMPUL........................................................................................... i
HALAMAN JUDUL ............................................................................................. ii
LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING........................................................ iii
HALAMAN PENGESAHAN................................................................................ iv
MOTTO................................................................................................................... v
PERSEMBAHAN .................................................................................................. vi
ABSTRAK ............................................................................................................. vii
KATA PENGANTAR............................................................................................ viii
DAFTAR ISI........................................................................................................... x
PEDOMAN TRANSLITERASI.............................................................................. xiii
BAB
I : PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang Masalah....................................................... ....... 1
B.
Rumusan
Masalah........................................................................ 4
C.
Tujuan
Penelitian........................................................................
5
D.
Manfaat
Penelitian....................................................................... 5
E.
Telaah
Hasil Peneletian Terdahulu…........................................... 6
F.
Metode
Penelitian........................................................................ 7
1.
Pendekatan
Penelitian dan Jenis Penelitian.......................... 7
2.
Sumber
Data ........................................................................ 8
3.
Teknik
Pengumpulan Data................................................. 10
4.
Teknik
Analisis Data.......................................................... 10
G.
Sistematika
Pembahasan ........................................................... 11
BAB II : KAJIAN TEORI
A.
Nilai-nilai pendidikan karakter.................................................. 14
1.
Pengertian
Nilai................................................................... 14
2.
Pendidikan
Karakter............................................................ 15
3.
Hakikat
Pendidikan Karakter.............................................. 17
4.
Nilai
Pendidikan Karakter................................................... 18
5.
Bentuk-bentuk
Pendidikan Karakter................................... 23
6.
Tujuan
Pendidikan Karakter................................................ 24
B.
Kepemimpinan........................................................................... 24
1.
Pengertian
Kepemimpinan................................................... 24
2.
Jenis-jenis
Kepemimpinan Politik........................................ 24
3.
Syarat-syarat
Kepemimpinan............................................... 25
4.
Sifat-sifat
Kepemimpinan Perempuan................................. 26
BAB III : KEPEMIMPINAN RATU BALQIS DALAM AL-QUR’AN
SURAT AL-NAML
AYAT 22-44 DALAM TAFSIR AL-MISHBAH
A.
Biografi
M. Quraish Shihab....................................................... 30
B.
Profil
Tafsir Al-Mishbah............................................................ 32
C.
Kepemimpinan
Ratu Balqis dalam Tafsir Al-Mishbah.............. 36
BAB IV : ANALISIS TENTANG NILAI-NILAI
PENDIDIKAN
KARAKTER DALAM
KEPEMIMPINAN RATU BALQIS
A.
Kepemimpinan........................................................................... 67
1.
Jenis
kepemimpinan............................................................ 67
2.
Syarat-syarat
kepemimpinan............................................... 68
3.
Sifat-sifat
kepemimpinan perempuan................................. 70
B.
Nilai-nilai
Pendidikan Karakter................................................. 73
1.
Nilai
karakter dalam hubungannya dengan diri sendiri...... 74
2.
Nilai
karakter dalam hubungannya dengan sesama............ 75
BAB
V : PENUTUP
A.
Kesimpulan................................................................................ 78
B.
Saran-Saran
............................................................................... 78
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN-LAMPIRAN
RIWAYAT HIDUP
PERNYATAAN
KEASLIAN TULISAN
PEDOMAN
TRANSLITERASI
Sistem
transliterasi Arab-Indonesia yang dijadikan pedoman dalam penulisan skripsi ini
adalah sistem Institut of Islamic Studies, McGill University, yaitu
sebagai berikut:
ء
|
=
|
’
|
|
ز
|
=
|
z
|
|
ق
|
=
|
q
|
ب
|
=
|
b
|
س
|
=
|
s
|
|
ك
|
=
|
k
|
|
ت
|
=
|
t
|
ش
|
=
|
sh
|
|
ل
|
=
|
l
|
|
ث
|
=
|
Th
|
ص
|
=
|
s}
|
|
م
|
=
|
m
|
|
ج
|
=
|
J
|
ض
|
=
|
d}
|
|
ن
|
=
|
n
|
|
ح
|
=
|
H{
|
ط
|
=
|
t}
|
|
و
|
=
|
w
|
|
خ
|
=
|
kh
|
ظ
|
=
|
z}
|
|
ﻫ
|
=
|
H
|
|
د
|
=
|
D
|
ع
|
=
|
‘
|
|
ي
|
=
|
Y
|
|
ذ
|
=
|
dh
|
غ
|
=
|
gh
|
|||||
ر
|
=
|
r
|
ف
|
=
|
f
|
Ta>’ marbu>ta tidak
ditampakkan kecuali dalam susunan id>fa, huruf tersebut
ditulis t. Misalnya: فطانة = fat}a>na, فطانة النبي = fat}a>nat al-nabi>
Diftong dan
Konsonan Rangkap
أو
|
=
|
Aw
|
|
أو
|
=
|
u>
|
أي
|
=
|
Ay
|
أي
|
=
|
i>
|
Konsonan
rangkap ditulis rangkap, kecuali huruf waw yang didahului d}amma
dan huruf ya>’
yang didahului kasra
seperti yang tersebut dalam tabel.
Bacaan panjang
أ
|
=
|
a>
|
|
أي
|
=
|
i>
|
|
أو
|
=
|
u>
|
Kata sandang
ال
|
=
|
al-
|
|
الش
|
=
|
al-sh
|
|
وال
|
=
|
wa’l-
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar