Rabu, 28 Oktober 2015

skripsi bagian awal refisi 1

KEPEMIMPINAN RATU BALQIS
PERSPEKTIF PENDIDIKAN KARAKTER
 (KAJIAN TERHADAP TAFSIR AL-MISHBAH
SURAT AL-NAML AYAT 22-44)

SKRIPSI





OLEH
QURRIYATUL MUNAWWAROH
NIM: 210311149



JURUSAN TARBIYAH
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI
(STAIN) PONOROGO

JUNI 2015

KEPEMIMPINAN RATU BALQIS
PERSPEKTIF PENDIDIKAN KARAKTER
(KAJIAN TERHADAP TAFSIR AL-MISHBAH
SURAT AL-NAML AYAT 22-44)

SKRIPSI

Diajukan Kepada
Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Ponorogo
Untuk memenuhi Salah Satu Persyaratan
Dalam Menyelesaikan Program Sarjana
Pendidikan Agama Islam




OLEH
QURRIYATUL MUNAWWAROH
NIM: 210311149


JURUSAN TARBIYAH
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI
(STAIN) PONOROGO
JUNI 2015

LEMBAR PERSETUJUAN
Skripsi atas nama saudara:
Nama               : Qurriyatul Munawwaroh
NIM                : 210311149
Jurusan            : Tarbiyah
Program Studi : Pendidikan Agama Islam
Judul           : NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KEPEMIMPINAN RATU BALQIS (KAJIAN TERHADAP TAFSIR AL-MISHBAH SURAT AL-NAML AYAT 22-44)

Telah diperiksa dan disetujui untuk diuji dalam ujian munaqasah
Pembimbing


(Isnatin Ulfah, M.H.I)                                                              Tanggal 03 Juli 2015
NIP. 197407142005012003


Mengetahui,
Ketua
Program Studi PAI
STAIN Ponorogo


Dr. H. M. Miftahul Ulum, M.Ag.
NIP. 197403062003121001

STAINP~1
KEMENTERIAN AGAMA RI
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI
(STAIN) PONOROGO

PENGESAHAN
Skripsi atas nama saudara:
Nama                           :  Qurriyatul Munawwaroh
NIM                            :  210311149
Jurusan                        :  Tarbiyah
Program Studi             :  Pendidikan Agama Islam
Judul                           : KEPEMIMPINAN RATU BALQIS PERSPEKTIF PENDIDIKAN KARAKTER (KAJIAN TERHADAP TAFSIR AL-MISHBAH SURAT AL-NAML AYAT 22-44)
telah dipertahankan pada sidang munaqasah di Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Ponorogo pada:
            Hari                 :
            Tanggal           :
dan telah diterima sebagai bagian dari persyaratan untuk memperoleh gelar Sarjana Pendidikan Agama Islam, pada:
            Hari                 :
            Tanggal           :
                                                                        Ponorogo,                                        2015
                                                                        Mengesahkan
                                                                        Ketua STAIN Ponorogo


                                                                        Dr. Hj. Siti Maryam Yusuf, M.Ag
                                                                        NIP: 195705061983032002
Tim Penguji:
1.      Ketua Sidang  : Retno Widaningrum, M.Pd.                         ( ____________ )
2.      Penguji I          : Kharisul Whatoni, M.Pd.I.                           ( ____________ )
3.      Penguji II         : Isnatin Ulfah, M.H.I.                                    ( ____________ )

MOTTO

هَلْ جَزَاء الْإِحْسَانِ إِلَّا الْإِحْسَانُ
Tidak ada balasan kebaikan kecuali kebaikan (pula).(QS. Al-Rahma>n:60)

ABSTRAK

Munawwaroh, Qurriyatul. Kepemimpinan Ratu Balqis Perspektif Pendidikan Karakter (Kajian terhadap Tafsir al-Mishbah Surat Al-Naml ayat 22-44). Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam Jurusan Tarbiyah Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Ponorogo. Pembimbing Isnatin Ulfah, M.H.I.

Kata Kunci:, Kepemimpinan, Ratu Balqis, Pendidikan Karakter, Tafsir al-Mishbah.
Pendidikan karakter adalah pembinaan, pelatihan, pengajaran dan semua hal yang merupakan bagian dari usaha manusia untuk meningkatkan kecerdasan dan keterampilannya melalui proses transformasi nilai-nilai kehidupan untuk ditumbuhkembangkan dalam kepribadian seseorang sehingga menjadi satu dalam perilaku kehidupan. Pembelajaran yang diajarkan oleh pendidik saat ini hanya sampai pada tahap materi saja. Nilai-nilai pendidikan karakter yang dimiliki oleh tokoh-tokoh seperti yang terdapat dalam Al-Qur’an, salah satunya yaitu tentang tokoh Ratu Balqis ini belum ditanamkan secara menyeluruh karena hanya dianggap sebagai materi pengenalan dan pengetahuan tokoh saja. Penanaman karakter yang belum diperhatikan dan ditanamkan oleh pendidik dapat menjadikan peserta didik kurang memiliki karakter yang mulia. Kondisi yang demikian, kiranya cukup relevan untuk menanamkan nilai-nilai karakter melalui keteladanan sikap-sikap yang dimiliki oleh tokoh yang terdapat dalam Al-Qur’an seperti dalam kepemimpinan Ratu Balqis. Dalam penelitian ini penulis menggunakan Tafsir al-Mishbah karena tafsir ini mudah dipahami. Tafsir ini menjelaskan kosa kata, serta menjelaskan munasabah ayat yang sedang ditafsirkan dengan ayat sebelum maupun sesudahnya serta banyak mengemukakan uraian penjelas terhadap sejumlah mufasir ternama.
Untuk mendeskripsikan permasalahan diatas peneliti merumuskan masalah sebagai berikut: (1) Bagaimana kepemimpinan Ratu Balqis dalam tafsir al-Mishbah surat al-Naml ayat 22-44? (2) Apa saja nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam kepemimpinan Ratu Balqis? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, penelitian ini dirancang dengan pendekatan analisis deskriptif dengan jenis penelitian kualitatif library research. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik studi dokumenter. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis isi (content analysis).
Dari hasil penelitian bahwa Ratu Balqis merupakan pemimpin yang demokratis yang memenuhi syarat-syarat sebagai pemimpin, yaitu memiliki kecerdasan, kreatif dan inisiatif, rendah hati, memiliki semangat pengabdian dan kesetiaan yang tinggi serta berani mengambil keputusan dan bertanggungjawab. Nilai-nilai pendidikan karakter yang dimiliki oleh Ratu Balqis yaitu bertanggungjawab, percaya diri, kreatif, menghargai karya dan prestasi orang lain, santun, demokratis dari sikapnya yang mengutamakan musyawarah, berpikir jauh ke depan, cinta damai dan tegas.

KATA PENGANTAR

Bismilla>hirrahma>nirrah>m.
Segala puji dan syukur penulis panjatkan atas berkah rahmat dan  karunia Allah Swt yang Maha Pengasih dan Maha Pemurah, hanya dengan rahmat dan karunia-Nya penulis dapat menyelesaikan skripsi ini yang berjudul “Kepemimpinan Ratu Balqis Perspekti Pendidikan Karakter (Kajian Terhadap Tafsir Al-Mishbah Surat Al-Naml Ayat 22-44”.
            Shalawat serta salam semoga senantiasa terlimpahkan kepada Nabi Muhammad  Saw beserta keluarga, para sahabat dan  orang-orang yang mengikuti  jejaknya.
            Penyusunan skripsi ini merupakan kajian singkat tentang nilai-nilai pendidikan karakter dalam kepemimpinan ratu Balqis yang termaktub dalam QS. Al-Naml ayat 22-44. Penyusunan skripsi ini berangkat dari kegelisahan peneliti tentang pembelajaran yang diajarkan oleh pendidik yang hanya sampai pada tahap materi saja. Nilai-nilai pendidikan karakter yang dimiliki oleh tokoh-tokoh seperti tentang tokoh ratu Balqis ini belum ditanamkan secara menyeluruh. Penanaman karakter yang belum diperhatikan dan ditanamkan oleh pendidik dapat menjadikan peserta didik kurang memiliki karakter yang mulia. Kondisi yang demikian, kiranya cukup relevan untuk menanamkan nilai-nilai karakter melalui keteladanan sikap-sikap yang dimiliki oleh tokoh seperti dalam kepemimpinan ratu Balqis.
Sebagai ungkapan kegembiraan penulis, tiada kata yang patut diucapkan selain mengucapkan terimakasih yang sebanyak-banyaknya kepada beliau yang telah membantu terselesainya penulis skripsi ini. Ucapan terima kasih kami sampaikan kepada yang terhormat :
1.             Dr. Hj. Siti Maryam Yusuf, M.Ag., selaku Ketua Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Ponorogo yang telah memberikan kesempatan bagi penulis untuk menimba ilmu di lembaga ini.
2.             H. Mukhlison Effendi, M.Ag., selaku Ketua Jurusan Tarbiyah Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Ponorogo yang telah memberikan dukungan kepada penulis untuk menulis karya ilmiah ini.
3.             Dr. H. M. Miftahul Ulum, M.Ag., selaku Ketua Program Studi Pendidikan Agama Islam Sekolah Tinggi Agama Islam Negri (STAIN ) Ponorogo.
4.             Ibu Isnatin Ulfah, M.H.I  selaku pembimbing yang telah meluangkan waktu dan memberikan saran dan arahan dalam penyusunan skripsi ini.
5.             Bapak Ibu Dosen dan Segenap civitas akademika STAIN Ponorogo yang telah membantu dalam terselesainya skripsi ini.
6.             Seluruh sahabat yang telah memberikan semangat dan dorongan kepada penulis dalam penyelesaian skripsi ini.
7.             Kepada semua pihak yang membantu dan memberikan dorongan dari awal hingga akhir sehingga dapat mempercepat selesainya penulisan skripsi ini.
Karena keterbatasan kemampuan penulis, sungguh suatu kehormatan bagi penulis atas saran atau kritik yang membangun, sehingga bisa menambah sempurnanya skripsi ini. Penulis hanya bisa memohon kepada Allah Swt semoga skripsi yang sederhana ini bermanfaat khususnya bagi penulis, umumnya bagi pembaca sekalian.

Ponorogo,         Juli 2015
Penulis



QURRIYATULMUNAWWAROH
210311149
 DAFTAR ISI
HALAMAN SAMPUL...........................................................................................       i
HALAMAN JUDUL .............................................................................................      ii
LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING........................................................     iii
HALAMAN PENGESAHAN................................................................................    iv
MOTTO...................................................................................................................      v
PERSEMBAHAN ..................................................................................................     vi
ABSTRAK .............................................................................................................    vii
KATA PENGANTAR............................................................................................   viii
DAFTAR ISI...........................................................................................................      x
PEDOMAN TRANSLITERASI.............................................................................. xiii
BAB I                         : PENDAHULUAN
A.      Latar Belakang Masalah....................................................... ....... 1
B.       Rumusan Masalah........................................................................ 4
C.       Tujuan Penelitian........................................................................ 5
D.      Manfaat Penelitian....................................................................... 5
E.       Telaah Hasil Peneletian Terdahulu…........................................... 6
F.        Metode Penelitian........................................................................ 7
1.         Pendekatan Penelitian dan Jenis Penelitian.......................... 7
2.         Sumber Data ........................................................................ 8
3.         Teknik Pengumpulan Data................................................. 10
4.         Teknik Analisis Data.......................................................... 10
G.      Sistematika Pembahasan ........................................................... 11
BAB II            : KAJIAN TEORI
A.    Nilai-nilai pendidikan karakter.................................................. 14
1.      Pengertian Nilai................................................................... 14
2.      Pendidikan Karakter............................................................ 15
3.      Hakikat Pendidikan Karakter.............................................. 17
4.      Nilai Pendidikan Karakter................................................... 18
5.      Bentuk-bentuk Pendidikan Karakter................................... 23
6.      Tujuan Pendidikan Karakter................................................ 24
B.     Kepemimpinan........................................................................... 24
1.      Pengertian Kepemimpinan................................................... 24
2.      Jenis-jenis Kepemimpinan Politik........................................ 24
3.      Syarat-syarat Kepemimpinan............................................... 25
4.      Sifat-sifat Kepemimpinan Perempuan................................. 26
BAB III          : KEPEMIMPINAN RATU BALQIS DALAM AL-QUR’AN
SURAT AL-NAML AYAT 22-44 DALAM TAFSIR AL-MISHBAH
A.      Biografi M. Quraish Shihab....................................................... 30
B.       Profil Tafsir Al-Mishbah............................................................ 32
C.       Kepemimpinan Ratu Balqis dalam Tafsir Al-Mishbah.............. 36
BAB IV          : ANALISIS TENTANG NILAI-NILAI PENDIDIKAN
KARAKTER DALAM KEPEMIMPINAN RATU BALQIS
A.      Kepemimpinan........................................................................... 67
1.         Jenis kepemimpinan............................................................ 67
2.         Syarat-syarat kepemimpinan............................................... 68
3.         Sifat-sifat kepemimpinan perempuan................................. 70
B.       Nilai-nilai Pendidikan Karakter................................................. 73
1.         Nilai karakter dalam hubungannya dengan diri sendiri...... 74
2.         Nilai karakter dalam hubungannya dengan sesama............ 75
BAB V            : PENUTUP
A.      Kesimpulan................................................................................ 78
B.       Saran-Saran ............................................................................... 78
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN-LAMPIRAN
RIWAYAT HIDUP
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN

PEDOMAN TRANSLITERASI

Sistem transliterasi Arab-Indonesia yang dijadikan pedoman dalam penulisan skripsi ini adalah sistem Institut of Islamic Studies, McGill University, yaitu sebagai berikut:
ء
=

ز
=
z

ق
=
q
ب
=
b
س
=
s

ك
=
k
ت
=
t
ش
=
sh

ل
=
l
ث
=
Th
ص
=
s}

م
=
m
ج
=
J
ض
=
d}

ن
=
n
ح
=
H{
ط
=
  t}

و
=
w
خ
=
kh
ظ
=
z}

=
H
د
=
D
ع
=

ي
=
Y
ذ
=
dh
غ
=
gh

ر
=
r
ف
=
f


Ta>’ marbu>ta tidak ditampakkan kecuali dalam susunan id>fa, huruf tersebut ditulis  t. Misalnya:  فطانة  = fat}a>naفطانة النبي = fat}a>nat al-nabi>


Diftong dan Konsonan Rangkap
أو
=
Aw

أو
=
u>
أي
=
Ay
أي
=
i>

Konsonan rangkap ditulis rangkap, kecuali huruf waw yang didahului d}amma dan huruf ya>’  yang didahului kasra seperti yang tersebut dalam tabel.
Bacaan panjang

أ
=
a>

أي
=
i>

أو
=
u>

Kata sandang

ال
=
al-

الش
=
al-sh

وال
=
wa’l-







Tidak ada komentar:

Posting Komentar