format
penilaian non tes dan penskorannya
makalah ini
diajukan untuk memenuhi salah satu tugas matakuliah
“MODEL PENILAIAN KELAS”
Disusun oleh:
Qurriyatul
Munawwaroh 210311149
Dosen pengampu:
Drs. Ju’ Subaidi.
M.Ag
JURUSAN TARBIYAH
PROGRAM STUDI
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
SEKOLAH TINGGI AGAMA
ISLAM NEGERI
(STAIN) PONOROGO
JANUARI 2014
DAFTAR PUSTAKA
BAB
I
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang Masalah
Evaluasi pencapaian belajar siswa adalah salah satu kegiatan yang
merupakan kewajiban bagi setiap guru atau pengajar. Dikatakan kewajiban karena
setiap pengajar pada akhirnya harus dapat memberikan informasi kepada
lembaganya atau kepada siswa itu sendiri. Bagaimana dan sampai di mana
penguasaan dan kemampuan yang telah dicapai siswa tentang materi dan
keterampilan-keterampilan mengenai mata ajaran yang telah diberikannya.
Beragam teknik dapat dilakukan untuk mengumpulkan informasi tentang
kemajuan belajar peserta didik, baik yang berhubungan dengan proses belajar
maupun hasil belajar.[1] Teknik
pengajaran di sekolah dapat berbentuk:[2]
teknik tes dan non tes. Non tes terdiri atas berbagai teknik, antara lain:
Obsevasi, check list, rating scale, penilaian diri,
portofolio, dan lain sebagainya. Dalam makalah ini akan dijelaskan mengenai
format dan cara penskoran berbagai macam teknik non tes tersebut.
B. Rumusan
Masalah
1. Bagaimana
Format dan Penskoran Observasi?
2. Bagaimana
Format dan Penskoran Penilaian Kinerja?
3. Bagaimana
Format dan Penskoran Penilaian Antar Teman?
4. Bagaimana
Format dan Penskoran Jurnal?
5. Bagaimana
Format dan Penskoran Penilaian Diri?
6. Bagaimana
Format dan Penskoran Portofolio?
7. Bagaimana
Format dan Penskoran Penilain Proyek?
BAB
II
PEMBAHASAN
A. Format
dan Penskoran Observasi
Observasi adalah suatu cara untuk
mengadakan evaluasi dengan jalan pengamatan dan pencatatan secara sistematis,
logis, dan rasional mengenai fenomena-fenomena yang diselidiki.[3]
1.
Contoh Format Observasi
sikap spiritual
Petunjuk
: Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap spiritual peserta didik.
Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap spiritual yang ditampilkan
oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
4 = selalu, apabila selalu
melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila
sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila
kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
1 = tidak pernah,
apabila tidak pernah melakukan
Nama Peserta Didik :
Kelas :
Tanggal Pengamatan :
Materi Pokok :
No
|
Aspek Pengamatan
|
Skor
|
Keterangan
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
1
|
Berdoa sebelum dan sesudah
melakukan sesuatu
|
|
|
|
|
|
2
|
Mengucapkan rasa syukur atas
karunia Tuhan sesuai agama masing-masing
|
|
|
|
|
|
3
|
Memberi salam sesuai agama
masing-masing sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat/presentasi Memberi
salam sesuai agama masing-masing sebelum dan sesudah menyampaikan
pendapat/presentasi
|
|
|
|
|
|
4
|
Mengucapkan keagungan Tuhan
apabila melihat kebesaran Tuhan sesuai agama masing-masing
|
|
|
|
|
|
5
|
Menambah rasa keimanan akan
keberadaan dan kebesaran Tuhan saat mempelajari ilmu pengetahuan
|
|
|
|
|
|
Jumlah Skor
|
|
|
|
|
|
2.
Petunjuk Penyekoran :
Peserta
didik memperoleh nilai :
ü
Baik Sekali : apabila memperoleh skor 16 - 20
ü
Baik : apabila memperoleh skor 11 - 15
ü
Cukup : apabila memperoleh skor 6 - 10
ü
Kurang : apabila memperoleh skor 1 - 5
B. Format
dan Penskoran Penilaian Kinerja
Penilaian kinerja merupakan penilaian dengan berbagai
macam tugas dan situasi dimana peserta tes diminta untuk mendemonstrasikan
pemahaman dan pengaplikasian pengetahuan yang mendalam, serta keterampilan
didalam berbagai macam konteks.[4]
1. Penilaian
Persentasi Kelompok
Penilaian diarahkan
pada: (1) tanggung jawab terhadap tugas, (2) kreativitas, (3) kemampuan
kerjasama, (4) pengungkapan pendapat, (5) partisipasi dalam diskusi, (6)
motivasi dalam pembelajaran, dan (7) kedisiplinan.
a. Format
Penilaian
No.
|
Afektif
|
Kualitatif
|
Keterangan
|
|||
A
|
B
|
C
|
D
|
|||
1
|
tanggung
jawab terhadap tugas
|
|
|
|
|
|
2
|
kreativitas
|
|
|
|
|
|
3
|
kemampuan
kerjasama
|
|
|
|
|
|
4
|
pengungkapan
pendapat
|
|
|
|
|
|
5
|
partisipasi
dalam diskusi
|
|
|
|
|
|
6
|
motivasi
dalam pembelajaran
|
|
|
|
|
|
7
|
kedisiplinan
|
|
|
|
|
|
A = sangat baik, B = baik, C = cukup, D =
kurang
b. Rubrik
penilaian
A = Siswa-siswi
memiliki sikap yang sangat baik dalam berdiskusi
B = Siswa-siswi
memiliki sikap yang baik dalam berdiskusi
C = Siswa-siswi
memiliki sikap yang cukup dalam berdiskusi
D = Siswa-siswi
memiliki sikap yang kurang baik dalam berdiskusi
2. Penilaian
Menanggapi Persentasi Kelompok Lain
Penilaian diarahkan
pada: (1) kualitas tanggapan, (2) cara mengungkapkan pendapat, (3) cara
menanggapi pertanyaan/pendapat, (4) penghargaan terhadap karya orang lain, dan
(5) pemberian usulan perbaikan.
a. Format
penilaian 1
No.
|
Afektif
|
Kualitatif
|
Keterangan
|
|||
A
|
B
|
C
|
D
|
|||
1
|
kualitas
tanggapan
|
|
|
|
|
|
2
|
mengungkapkan
pendapat
|
|
|
|
|
|
3
|
menanggapi
pertanyaan/pendapat
|
|
|
|
|
|
4
|
menghargai
karya orang lain
|
|
|
|
|
|
5
|
memberikan
usulan perbaikan
|
|
|
|
|
|
A = sangat baik, B = baik, C = cukup, D =
kurang
b. Rubrik
penilaian 1
A = Siswa-siswi
memiliki sikap yang sangat baik dalam menanggapi
B = Siswa-siswi
memiliki sikap yang baik dalam menanggapi
C = Siswa-siswi
memiliki sikap yang cukup dalam menanggapi
D = Siswa-siswi
memiliki sikap yang kurang baik dalam menanggapi
a. Format
penilaian 2
No.
|
Nama
|
Nilai
|
|||
Mengemukakan
pendapat
|
Bekerjasama
|
Partisipasi
|
Menanggapi
masalah
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
b. Rubrik
penilaian 2
Tingkat
pencapaian
|
Kualifikasi
|
Deskripsi
|
90-100
|
sangat
baik
|
|
80-89
|
baik
|
|
65-79
|
cukup
|
|
55-64
|
kurang
|
|
10-54
|
sangat
kurang
|
|
C. Format
dan Penskoran Penilaian Antar Teman
Penilaian antar peserta didik merupakan teknik
penilaian dengan cara meminta peserta didik untuk saling menilai terkait dengan
pencapaian kompetensi.
Instrumen yang digunakan untuk penilaian
antarpeserta didik adalah daftar cek dan skala penilaian (rating scale).
Guru dapat menggunakan salah satu dari keduanya atau menggunakan dua-duanya.
v Daftar
cek (check list)
Daftar cek,
hanya berupa daftar pertanyaan atau pernyataan yang jawabannya tinggal memberi
tanda cek pada jawaban yang sesuai dengan keadaan yang sebenarnya.[5]
1.
Contoh format daftar cek:
Nama penilai : Tidak diisi
Nama peserta didik yang dinilai : ...............
Kelas :
...............
Mata pelajaran : ...............
Berilah tanda cek pada kolom pilihan berikut dengan:
4 = selalu
3 = sering
2 = jarang
1 = tidak
pernah
No
|
Aspek
Pengamatan
|
Skor
|
|||
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Tidak
nyontek dalam mengerjakan ujian/ulangan
|
|
|
|
|
2
|
Tidak
melakukan plagiat (mengambil/menyalin karya orang lain tanpa menyebutkan
sumber) dalam mengerjakan setiap tugas
|
|
|
|
|
3
|
Mengemukakan
perasaan terhadap sesuatu apa adanya
|
|
|
|
|
4
|
Melaporkan
data atau informasi apa adanya
|
|
|
|
|
1
|
Mengakui
kesalahan atau kekurangan yang dimiliki
|
|
|
|
|
2
|
Masuk
kelas tepat waktu
|
|
|
|
|
3
|
Mengumpulkan
tugas tepat waktu
|
|
|
|
|
4
|
Memakai
seragam sesuai tata tertib
|
|
|
|
|
5
|
Mengerjakan
tugas yang diberikan
|
|
|
|
|
6
|
Tertib
dalam mengikuti pembelajaran
|
|
|
|
|
7
|
Mengikuti praktikum sesuai
dengan langkah yang ditetapkan
|
|
|
|
|
8
|
Membawa
buku tulis sesuai mata pelajaran
|
|
|
|
|
9
|
Membawa
buku teks mata pelajaran
|
|
|
|
|
1
|
Melaksanakan
tugas individu dengan baik
|
|
|
|
|
2
|
Menerima
resiko dari tindakan yang dilakukan
|
|
|
|
|
3
|
Tidak
menuduh orang lain tanpa bukti yang akurat
|
|
|
|
|
4
|
Mengembalikan
barang yang dipinjam
|
|
|
|
|
5
|
Meminta
maaf atas kesalahan yang dilakukan
|
|
|
|
|
1
|
Menghormati
pendapat teman
|
|
|
|
|
2
|
Menghormati
teman yang berbeda suku, agama, ras, budaya, dan gender
|
|
|
|
|
3
|
Menerima
kesepakatan meskipun berbeda dengan pendapatnya
|
|
|
|
|
4
|
Menerima
kekurangan orang lain
|
|
|
|
|
5
|
Memaafkan
kesalahan orang lain
|
|
|
|
|
1
|
Aktif
dalam kerja kelompok
|
|
|
|
|
2
|
Suka
menolong teman/orang lain
|
|
|
|
|
3
|
Kesediaan
melakukan tugas sesuai kesepakatan
|
|
|
|
|
4
|
Rela
berkorban untuk orang lain
|
|
|
|
|
1
|
Menghormati
orang yang lebih tua
|
|
|
|
|
2
|
Mengucapkan
terima kasih setelah menerima bantuan orang lain
|
|
|
|
|
3
|
Menggunakan
bahasa santun saat menyampaikan pendapat
|
|
|
|
|
4
|
Menggunakan
bahasa santun saat mengkritik pendapat teman
|
|
|
|
|
5
|
Bersikap
3S (salam, senyum, sapa) saat bertemu orang lain
|
|
|
|
|
1
|
Berani
presentasi di depan kelas
|
|
|
|
|
2
|
Berani
berpendapat, bertanya, dan menjawab pertanyaan
|
|
|
|
|
3
|
Berpendapat
atau melakukan kegiatan tanpa ragu-ragu
|
|
|
|
|
4
|
Mampu
membuat keputusan dengan cepat
|
|
|
|
|
5
|
Tidak
mudah putus asa/pantang menyerah
|
|
|
|
|
Jumlah
|
|
|
|
|
2. Petunjuk
Penyekoran
ü Sangat
Baik = skor 1204 – 1480
ü Baik
= skor 926 – 1204
ü Cukup
= skor 648 - 926
ü Kurang =
skor 370 – 648
v Skala
Penilaian (rating scale)
Dalam check list kita hanya dapat mencatat ada-tidaknya
variabel tingkah laku tertentu, sedangkan dalam rating scale
fenomena-fenomena yang akan diobservasi itu disusun dalam tingkatan-tingkatan yang telah ditentukan.
Jadi, tidak hanya mengukur secara mutlak ada atau tidaknya variabel tertentu,
tetapi kita lebih jauh mengukur bagaimana intensitas gejala yang kita ingin
mengukurnya.[6]
1.
Contoh Format Rating Scale
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran :
Kelas :
Nama peserta didik :
Petunjuk:
Isilah kolom sikap dan perilaku
dengan cara merangking nama teman dari nomor urutan terkecil sampai yang
terbesar. Nomor urut terkecil adalah nomor satu dan menunjukkan sikap dan
perilaku teman yang terbaik dan yang nomor yang terbesar adalah nomor yang
menunjukkan sikap dan perilaku teman yang kurang baik.
No
|
Nama
|
Sikap dan perilaku *)
|
|||||||
perilaku jujur
|
Disiplin
|
Tanggung Jawab
|
Toleransi
|
Gotong Royong
|
Santun
|
Percaya Diri
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
Petunjuk Penyekoran
Dengan asumsi bahwa angka
terendah 7 dan angka tertinggi 64, maka diperoleh pengelompokkan skala:
7 – 21 = Sangat Baik
22 – 37 = Baik
38 – 52 = Cukup
53 – ... =
Kurang
D. Format
dan Penskoran Jurnal
Jurnal merupakan catatan pendidik di dalam dan di
luar kelas yang berisi informasi hasil pengamatan tentang kekuatan dan
kelemahan peserta didik yang berkaitan dengan sikap dan perilaku.
1. Contoh
Format Jurnal
Nama Peserta
Didik : ……
Nomor peserta
Didik : …..
Tanggal : …….
Aspek yang
diamati : Kejujuran
Kejadian :
Pada saat ulangan
Pancasila dan Kewarganeraan, Degei mencontek teman sebangku (Santoso).
Mengetahui bahwa pekerjaannya dicontek oleh Degei, Santoso kemudian menutupi
pekerjaannya dengan tangannya. Degei kemudian menarik-narik tangan Santoso
dengan maksud agar dapat melihat jawaban soal.
Guru Mapel IPS
|
2. Petunjuk
Penyekoran
a. Penyekoran
ditentukan dengan menggunakan skala likert
b. Diandaikan,
Guru menentukan 3 aspek yang ada pada kompetensi inti yang akan diamati,
misalnya kejujuran, kedisiplinan, tanggung jawab,
c. Masing-masing
indikator aspek yang diamati adalah sebagai berikut:
1) Kejujuran
2) Kedisiplinan
3)
Tanggung jawab
d. Pada
aspek kejujuran terdapat 6 indikator. Dengan demikian skor maksimal untuk aspek
kejujuran adalah enam (6). Aspek kedisiplinan skor maksimalnya adalah empat
(4), dan aspek tanggung jawab skor maksimalnya adalah lima (5).
e. Andaikan,
dari aspek kejujuran terdapat empat (4) indikator yang muncul. Aspek
kedisiplinan terdapat tiga (3) indikator yang tampak, dan dari aspek tanggung
jawab terdapat dua (2) aspek yang tampak.
f. Berdasarkan
skor yang ada maka rerata skornya adalah 3
g. Kriteria
penilaian:
1) Apabila skor rerata 0,00 – 1,00 maka nilai Kurang
(K)
2) Apabila skor rerata 1,01 – 2,00 maka nilai Cukup
(C)
3) Apabila skor rerata 2,01 – 3,00 maka nilai Baik
(B)
4) Apabila skor rerata 3,01 –
4,00 maka nilai Sangat Baik (SB)
Karena
rerata skornya 3, maka nilainya adalah Baik (B)
E. Format
dan Penskoran Penilaian Diri
Penilaian diri atau evaluasi diri merupakan teknik /
metode dimana peserta didik diminta untuk menilai dirinya sendiri yang
berkaitan dengan status, proses dan tingkat ketercapaia kompetensi yang sedang
dipelajarinya dari suatu mata pelajaran tertentu.[7]
1. Contoh
Format Penilaian Diri
Lembar
penilaian diri sikap spiritual
Petunjuk
1. Bacalah pernyataan yang ada di
dalam kolom dengan teliti
2. berilah tanda cek (√) sesuai
dengan sesuai dengan kondisi dan keadaan kalian sehari-hari
Nama Peserta Didik : ………………….
Kelas : ………………….
Materi Pokok :
………………….
Tanggal : ………………….
No
|
Pernyataan
|
TP
|
KD
|
SR
|
SL
|
1
|
Saya tambah yakin dengan
keberadaan Tuhan setelah mempelajari ilmu pengetahuan
|
|
|
|
|
2
|
Saya berdoa sebelum dan sesudah
melakukan sesuatu kegiatan
|
|
|
|
|
3
|
Saya mengucapkan rasa syukur
atas segala karunia Tuhan sesuai dengan agama saya
|
|
|
|
|
4
|
Saya memberi salam sebelum dan
sesudah mengungkapkan pendapat di depan umum sesuai dengan agama saya
|
|
|
|
|
5
|
Saya mengungkapkan keagungan
Tuhan apabila melihat kebesaranNya sesuai dengan agama saya
|
|
|
|
|
Jumlah
|
|
|
|
|
Keterangan
:
SL = selalu, apabila selalu
melakukan sesuai pernyataan
SR = sering, apabila sering melakukan sesuai
pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
KD = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan
dan sering tidak melakukan
TP =
tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
2. Petunjuk
Penyekoran
4 =
selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering
melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila
kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
Peserta didik memperoleh nilai :
Baik Sekali : apabila memperoleh
skor 16 - 20
Baik : apabila memperoleh skor 11
- 15
Cukup : apabila memperoleh skor 6
- 10
Kurang
: apabila memperoleh skor 1 – 5
F. Format
dan Penskoran Penilaian Portofolio
Penilaian portofolio merupakan penilaian
berkelanjutan yang didasarkan pada kumpulan informasi yang menunjukkan
perkembangan kemampuan peserta didik dalam satu periode tertentu.[8]
1. Contoh
Format penilaian portofolio
Mata pelajaran : Bahasa Inggris
Durasi waktu : 1 SMT
Nama Siswa :
Kelas/SMT :
No.
|
SK/KD/PI
|
Waktu
|
Kriteria
|
Ket.
|
|||
Speaking
|
Grammar
|
Vocab
|
Pronounciation
|
||||
1
|
Intoduction
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Writing
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Memorize
Vocab
|
|
|
|
|
|
|
Catatan:
SK : Standar Kompetensi
KD: Kompetensi Dasar
PI : Pencapaian Indikator
2. Cara
penyekorannya
Untuk
setiap karya siswa dikumpulkan dalam satu file untuk masing-masing peserta
didik sebagai bukti pekerjaannya sesuai dengan standar kompetensi, kompetensi dasar,
pencapaian indikator yang masuk dalam portofolio. Skor yang dipergunakan untuk
menilai portofolio menggunakan rentang antara 0-10 atau 10-100, semakin baik
hasil kerjaan atau tugas peserta didik maka skor yang diberikan semakin tinggi.
Untuk kolom keterangan diisi oleh guru untuk menggambarkan kelebihan dan
kekurangan daripada tugas atau karya peserta didik tersebut.[9]
G. Format
dan Penskoran Penilaian Proyek
Penilaian proyek yaitu penilaian
terhadap suatu tugas yang harus
selesai dalam waktu tertentu.
selesai dalam waktu tertentu.
1. Contoh Format Penilaian proyek
Aspek
|
Kriteria dan skor
|
||
3
|
2
|
1
|
|
Persiapan
|
Jika
memuat tujuan, topik, alasan, tempat penelitian, responden, daftar pertanyaan
dengan lengkap.
|
Jika
memuat tujuan, topik, alasan, tempat penelitian, responden, daftar pertanyaan
kurang lengkap.
|
Jika
memuat tujuan, topik, alasan, tempat penelitian, responden, daftar pertanyaan
tidak lengkap
|
Pengumpulan data
|
Jika
daftar pertanyaan dapat dilaksanakan
semua dan data tercatat dengan rapi dan lengkap.
|
Jika
daftar pertanyaan dapat dilaksanakan semua, tetapi data tidak tercatat dengan
rapi dan lengkap.
|
Jika
pertanyaan tidak terlaksana semua dan data tidak tercatat dengan rapi.
|
Pengolahan data
|
Jika
pembahasan data sesuai tujuan penelitian
|
Jika
pembahasan data kurang menggambarkan tujuan penelitian
|
Jika
sekedar melaporkan hasil penelitian tanpa membahas data
|
Pelaporan tertulis
|
Jika
sistimatika penulisan benar, memuat saran, bahasa komunikatif.
|
Jika
sistimatika penulisan benar, memuat saran, namun bahasa kurang komunikatif
|
Jika
penulisan kurang sistimatis, bahasa kurang komunikatif, kurang memuat saran
|
2. Petunjuk
Penyekorannya
Skor
diberikan berdasarkan ketetapan dan kelengkapan jawaban yang diberikan peserta
didik, semakin lengkap dan akurat maka semakin besar skor yang diberikan.
Skor 3 = Tinggi
Skor 2 = Cukup
Skor 1 = Rendah
BAB
III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Teknik non tes merupakan salah satu teknik untuk menilai proses
maupun hasil belajar siswa. Non tes terdiri atas berbagai teknik, antara lain:
Obsevasi, Penilaian antar teman yang dapat berbentuk check list dan rating scale,
penilaian diri, portofolio, dan lain sebagainya. Mengenai format dan cara
penskoran berbagai macam teknik tersebut telah dijelaskan dalam pembahasan.
[2] M.
Ngalim Purwanto. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi pengajaran.
(Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 1994), 109.
[3]
Zainal Arifin. Evaluasi Instruksional. (Bandung: PT Remaja Rosdakarya,
1998), 49.
[4]
Abdul Majid. Perencanaan Pembelajaran. (Bandung: PT Remaja Rosdakarya,
2008), 200.
[5]
Mimin Haryati. Model dan Teknik penilaian pada Tingakat Satuan Pendidikan.
(Jakarta: Gaung Persada Press, 2007), 49.
[6]
Zainal Arifin. Evaluasi…, 61.
[7] Asep Jihad dan Abdul Haris, Evaluasi…,
116.
[8] Ibid., 112.
[9]
Mimin Haryati. Model…, 61.
Arifin, Zainal. Evaluasi Instruksional.
Bandung: Remaja Rosdakarya, 1988.
Jihad, Asep dan Haris, Abdul. Evaluasi
Pembelajaran. Jakarta: Multi Pressindo, 2008.
Haryati, Mimin. Model dan Teknik Penilaian
tingkat satuan pendidikan. Jakarta: Gaung Persada Press, 2007.
Majid, Abdul. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2008.
Purwanto, Ngalim. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran.
Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 1994.
FORMAT
PENILAIAN NON TES dan penskorannya
makalah ini
diajukan untuk memenuhi salah satu tugas matakuliah
“MODEL PENILAIAN KELAS”
Disusun oleh:
Siang Suryaningtias 210311150
Dosen pengampu:
Drs. Ju’ Subaidi.
M.Ag
JURUSAN TARBIYAH
PROGRAM STUDI
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
SEKOLAH TINGGI AGAMA
ISLAM NEGERI
(STAIN) PONOROGO
JANUARI 2014
BAB
I
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang Masalah
Penilaian merupakan salah satu kegiatan yang harus dilakukan guru
dan siswa dari serangkaian kegiatan belajar mengajar yang mereka lakukan.
Teknik pengajaran di sekolah dapat berbentuk:[1]
teknik tes dan non tes. Non tes terdiri atas berbagai teknik, antara lain:
Obsevasi, penilaian diri, portofolio, penilaian proyek dan lain sebagainya.
Dalam makalah ini akan dijelaskan mengenai format dan cara penskoran berbagai
macam teknik non tes tersebut.
B. Rumusan
Masalah
1. Bagaimana
Format dan Penskoran Observasi?
2. Bagaimana
Format dan Penskoran Jurnal?
3. Bagaimana
Format dan Penskoran Penilaian Antar Teman?
4. Bagaimana
Format dan Penskoran Penilaian Diri?
5. Bagaimana
Format dan Penskoran Portofolio?
6. Bagaimana
Format dan Penskoran Penilain Proyek?
7. Bagaimana
Format dan Penskoran Penilaian Kinerja?
BAB
II
PEMBAHASAN
A. Format
dan Penskoran Observasi
Observasi merupakan teknik penilaian yang dilakukan
secara berkesinambungan dengan menggunakan indera, baik secara langsung maupun
tidak langsung dengan menggunakan pedoman observasi yang berisi sejumlah
indikator perilaku yang diamati.
1.
Contoh Format
Observasi sikap jujur
Petunjuk
: Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai kejujuran peserta didik. Berilah
tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap jujur yang ditampilkan oleh peserta
didik, dengan kriteria sebagai berikut :
4 = selalu, apabila selalu
melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila
sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila
kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
1 = tidak pernah,
apabila tidak pernah melakukan
Nama Peserta Didik :
Kelas :
Tanggal Pengamatan :
Materi Pokok :
No
|
Aspek Pengamatan
|
Skor
|
Keterangan
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
1
|
Tidak nyontek dalam mengerjakan
ujian/ulangan
|
|
|
|
|
|
2
|
Tidak melakukan plagiat
(mengambil/menyalin karya orang lain tanpa menyebutkan sumber) dalam
mengerjakan setiap tugas
|
|
|
|
|
|
3
|
Mengemukakan perasaan terhadap
sesuatu apa adanya
|
|
|
|
|
|
4
|
Melaporkan data atau informasi
apa adanya
|
|
|
|
|
|
5
|
Mengakui kesalahan atau
kekurangan yang dimiliki
|
|
|
|
|
|
Jumlah Skor
|
|
|
|
|
|
2.
Petunjuk Penyekoran :
Peserta
didik memperoleh nilai :
ü
Baik Sekali : apabila memperoleh skor 16 - 20
ü
Baik : apabila memperoleh skor 11 - 15
ü
Cukup : apabila memperoleh skor 6 - 10
ü
Kurang : apabila memperoleh skor 1 - 5
B. Format
dan Penskoran Jurnal
Jurnal merupakan catatan pendidik di dalam dan di
luar kelas yang berisi informasi hasil pengamatan tentang kekuatan dan
kelemahan peserta didik yang berkaitan dengan sikap dan perilaku.
1. Contoh
Format Jurnal
Nama Peserta
Didik : ……
Nomor peserta
Didik : …..
Tanggal : …….
Aspek yang
diamati : Kejujuran
Kejadian :
Pada saat ulangan
Pancasila dan Kewarganeraan, Degei mencontek teman sebangku (Santoso).
Mengetahui bahwa pekerjaannya dicontek oleh Degei, Santoso kemudian menutupi
pekerjaannya dengan tangannya. Degei kemudian menarik-narik tangan Santoso
dengan maksud agar dapat melihat jawaban soal.
Guru Mapel IPS
|
2. Petunjuk
Penyekoran
a. Penyekoran
ditentukan dengan menggunakan skala likert
b. Diandaikan,
Guru menentukan 3 aspek yang ada pada kompetensi inti yang akan diamati,
misalnya kejujuran, kedisiplinan, tanggung jawab,
c. Masing-masing
indikator aspek yang diamati adalah sebagai berikut:
1) Kejujuran
2) Kedisiplinan
3)
Tanggung jawab
d. Pada
aspek kejujuran terdapat 6 indikator. Dengan demikian skor maksimal untuk aspek
kejujuran adalah enam (6). Aspek kedisiplinan skor maksimalnya adalah empat
(4), dan aspek tanggung jawab skor maksimalnya adalah lima (5).
e. Andaikan,
dari aspek kejujuran terdapat empat (4) indikator yang muncul. Aspek
kedisiplinan terdapat tiga (3) indikator yang tampak, dan dari aspek tanggung
jawab terdapat dua (2) aspek yang tampak.
f. Berdasarkan
skor yang ada maka rerata skornya adalah 3
g. Kriteria
penilaian:
1) Apabila skor rerata 0,00 – 1,00 maka nilai Kurang
(K)
2) Apabila skor rerata 1,01 – 2,00 maka nilai Cukup
(C)
3) Apabila skor rerata 2,01 – 3,00 maka nilai Baik
(B)
4) Apabila skor rerata 3,01 –
4,00 maka nilai Sangat Baik (SB)
Karena
rerata skornya 3, maka nilainya adalah Baik (B)
C. Format
dan Penskoran Penilaian Antar Teman
Penilaian antar peserta didik merupakan teknik
penilaian dengan cara meminta peserta didik untuk saling menilai terkait dengan
pencapaian kompetensi.
Instrumen yang digunakan untuk penilaian
antarpeserta didik adalah daftar cek dan skala penilaian (rating scale).
Guru dapat menggunakan salah satu dari keduanya atau menggunakan dua-duanya.
v Daftar
cek (check list)
Daftar cek,
hanya berupa daftar pertanyaan atau pernyataan yang jawabannya tinggal memberi
tanda cek pada jawaban yang sesuai dengan keadaan yang sebenarnya.[2]
1.
Contoh format daftar cek:
Nama penilai :
Tidak diisi
Nama peserta didik yang dinilai : ...............
Kelas :
...............
Mata pelajaran :
...............
Berilah tanda cek pada kolom pilihan berikut dengan:
4 = selalu
3 = sering
2 = jarang
1 = tidak
pernah
No
|
Aspek
Pengamatan
|
Skor
|
|||
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Tidak
nyontek dalam mengerjakan ujian/ulangan
|
|
|
|
|
2
|
Tidak
melakukan plagiat (mengambil/menyalin karya orang lain tanpa menyebutkan
sumber) dalam mengerjakan setiap tugas
|
|
|
|
|
3
|
Mengemukakan
perasaan terhadap sesuatu apa adanya
|
|
|
|
|
4
|
Melaporkan
data atau informasi apa adanya
|
|
|
|
|
1
|
Mengakui
kesalahan atau kekurangan yang dimiliki
|
|
|
|
|
2
|
Masuk
kelas tepat waktu
|
|
|
|
|
3
|
Mengumpulkan
tugas tepat waktu
|
|
|
|
|
4
|
Memakai
seragam sesuai tata tertib
|
|
|
|
|
5
|
Mengerjakan
tugas yang diberikan
|
|
|
|
|
6
|
Tertib
dalam mengikuti pembelajaran
|
|
|
|
|
7
|
Mengikuti praktikum sesuai
dengan langkah yang ditetapkan
|
|
|
|
|
8
|
Membawa
buku tulis sesuai mata pelajaran
|
|
|
|
|
9
|
Membawa
buku teks mata pelajaran
|
|
|
|
|
1
|
Melaksanakan
tugas individu dengan baik
|
|
|
|
|
2
|
Menerima
resiko dari tindakan yang dilakukan
|
|
|
|
|
3
|
Tidak
menuduh orang lain tanpa bukti yang akurat
|
|
|
|
|
4
|
Mengembalikan
barang yang dipinjam
|
|
|
|
|
5
|
Meminta
maaf atas kesalahan yang dilakukan
|
|
|
|
|
1
|
Menghormati
pendapat teman
|
|
|
|
|
2
|
Menghormati
teman yang berbeda suku, agama, ras, budaya, dan gender
|
|
|
|
|
3
|
Menerima
kesepakatan meskipun berbeda dengan pendapatnya
|
|
|
|
|
4
|
Menerima
kekurangan orang lain
|
|
|
|
|
5
|
Memaafkan
kesalahan orang lain
|
|
|
|
|
1
|
Aktif
dalam kerja kelompok
|
|
|
|
|
2
|
Suka
menolong teman/orang lain
|
|
|
|
|
3
|
Kesediaan
melakukan tugas sesuai kesepakatan
|
|
|
|
|
4
|
Rela
berkorban untuk orang lain
|
|
|
|
|
1
|
Menghormati
orang yang lebih tua
|
|
|
|
|
2
|
Mengucapkan
terima kasih setelah menerima bantuan orang lain
|
|
|
|
|
3
|
Menggunakan
bahasa santun saat menyampaikan pendapat
|
|
|
|
|
4
|
Menggunakan
bahasa santun saat mengkritik pendapat teman
|
|
|
|
|
5
|
Bersikap
3S (salam, senyum, sapa) saat bertemu orang lain
|
|
|
|
|
1
|
Berani
presentasi di depan kelas
|
|
|
|
|
2
|
Berani
berpendapat, bertanya, dan menjawab pertanyaan
|
|
|
|
|
3
|
Berpendapat
atau melakukan kegiatan tanpa ragu-ragu
|
|
|
|
|
4
|
Mampu
membuat keputusan dengan cepat
|
|
|
|
|
5
|
Tidak
mudah putus asa/pantang menyerah
|
|
|
|
|
Jumlah
|
|
|
|
|
2. Petunjuk
Penyekoran
ü Sangat
Baik = skor 1204 – 1480
ü Baik
= skor 926 – 1204
ü Cukup
= skor 648 - 926
ü Kurang =
skor 370 – 648
v Skala
Penilaian (rating scale)
Dalam check list kita hanya dapat mencatat ada-tidaknya
variabel tingkah laku tertentu, sedangkan dalam rating scale
fenomena-fenomena yang akan diobservasi itu disusun dalam tingkatan-tingkatan yang telah ditentukan.
Jadi, tidak hanya mengukur secara mutlak ada atau tidaknya variabel tertentu,
tetapi kita lebih jauh mengukur bagaimana intensitas gejala yang kita ingin
mengukurnya.[3]
1.
Contoh Format Rating Scale
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran :
Kelas :
Nama peserta didik :
Petunjuk:
Isilah kolom sikap dan perilaku
dengan cara merangking nama teman dari nomor urutan terkecil sampai yang
terbesar. Nomor urut terkecil adalah nomor satu dan menunjukkan sikap dan
perilaku teman yang terbaik dan yang nomor yang terbesar adalah nomor yang
menunjukkan sikap dan perilaku teman yang kurang baik.
No
|
Nama
|
Sikap dan perilaku *)
|
|||||||
perilaku jujur
|
Disiplin
|
Tanggung Jawab
|
Toleransi
|
Gotong Royong
|
Santun
|
Percaya Diri
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
Petunjuk Penyekoran
Dengan asumsi bahwa angka
terendah 7 dan angka tertinggi 64, maka diperoleh pengelompokkan skala:
7 – 21 = Sangat Baik
22 – 37 = Baik
38 – 52 = Cukup
53 – ... =
Kurang
D. Format
dan Penskoran Penilaian Diri
Penilaian diri atau evaluasi diri merupakan teknik /
metode dimana peserta didik diminta untuk menilai dirinya sendiri yang
berkaitan dengan status, proses dan tingkat ketercapaia kompetensi yang sedang
dipelajarinya dari suatu mata pelajaran tertentu.[4]
1. Contoh
Format Penilaian Diri
Lembar
penilaian diri sikap spiritual
Petunjuk
1. Bacalah pernyataan yang ada di
dalam kolom dengan teliti
2. berilah tanda cek (√) sesuai
dengan sesuai dengan kondisi dan keadaan kalian sehari-hari
Nama Peserta Didik : ………………….
Kelas : ………………….
Materi Pokok :
………………….
Tanggal : ………………….
No
|
Pernyataan
|
TP
|
KD
|
SR
|
SL
|
1
|
Saya tambah yakin dengan
keberadaan Tuhan setelah mempelajari ilmu pengetahuan
|
|
|
|
|
2
|
Saya berdoa sebelum dan sesudah
melakukan sesuatu kegiatan
|
|
|
|
|
3
|
Saya mengucapkan rasa syukur
atas segala karunia Tuhan sesuai dengan agama saya
|
|
|
|
|
4
|
Saya memberi salam sebelum dan
sesudah mengungkapkan pendapat di depan umum sesuai dengan agama saya
|
|
|
|
|
5
|
Saya mengungkapkan keagungan
Tuhan apabila melihat kebesaranNya sesuai dengan agama saya
|
|
|
|
|
Jumlah
|
|
|
|
|
Keterangan
:
SL = selalu, apabila selalu
melakukan sesuai pernyataan
SR = sering, apabila sering melakukan sesuai
pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
KD = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan
dan sering tidak melakukan
TP =
tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
2. Petunjuk
Penyekoran
4 =
selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering
melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila
kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
Peserta didik memperoleh nilai :
Baik Sekali : apabila memperoleh
skor 16 - 20
Baik : apabila memperoleh skor 11
- 15
Cukup : apabila memperoleh skor 6
- 10
Kurang
: apabila memperoleh skor 1 – 5
E. Format
dan Penskoran Penilaian Portofolio
Penilaian portofolio merupakan penilaian
berkelanjutan yang didasarkan pada kumpulan informasi yang menunjukkan
perkembangan kemampuan peserta didik dalam satu periode tertentu.[5]
1. Contoh
Format penilaian portofolio
Mata pelajaran : Bahasa Inggris
Durasi waktu : 1 SMT
Nama Siswa :
Kelas/SMT :
No.
|
SK/KD/PI
|
Waktu
|
Kriteria
|
Ket.
|
|||
Speaking
|
Grammar
|
Vocab
|
Pronounciation
|
||||
1
|
Intoduction
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Writing
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Memorize
Vocab
|
|
|
|
|
|
|
Catatan:
SK : Standar Kompetensi
KD: Kompetensi Dasar
PI : Pencapaian Indikator
2. Cara
penyekorannya
Untuk
setiap karya siswa dikumpulkan dalam satu file untuk masing-masing peserta
didik sebagai bukti pekerjaannya sesuai dengan standar kompetensi, kompetensi dasar,
pencapaian indikator yang masuk dalam portofolio. Skor yang dipergunakan untuk
menilai portofolio menggunakan rentang antara 0-10 atau 10-100, semakin baik
hasil kerjaan atau tugas peserta didik maka skor yang diberikan semakin tinggi.
Untuk kolom keterangan diisi oleh guru untuk menggambarkan kelebihan dan
kekurangan daripada tugas atau karya peserta didik tersebut.[6]
F. Format
dan Penskoran Penilaian Proyek
Penilaian proyek yaitu penilaian
terhadap suatu tugas yang harus
selesai dalam waktu tertentu.
selesai dalam waktu tertentu.
1. Contoh Format Penilaian proyek
Aspek
|
Kriteria dan skor
|
||
3
|
2
|
1
|
|
Persiapan
|
Jika
memuat tujuan, topik, alasan, tempat penelitian, responden, daftar pertanyaan
dengan lengkap.
|
Jika
memuat tujuan, topik, alasan, tempat penelitian, responden, daftar pertanyaan
kurang lengkap.
|
Jika
memuat tujuan, topik, alasan, tempat penelitian, responden, daftar pertanyaan
tidak lengkap
|
Pengumpulan data
|
Jika
daftar pertanyaan dapat dilaksanakan
semua dan data tercatat dengan rapi dan lengkap.
|
Jika
daftar pertanyaan dapat dilaksanakan semua, tetapi data tidak tercatat dengan
rapi dan lengkap.
|
Jika
pertanyaan tidak terlaksana semua dan data tidak tercatat dengan rapi.
|
Pengolahan data
|
Jika
pembahasan data sesuai tujuan penelitian
|
Jika
pembahasan data kurang menggambarkan tujuan penelitian
|
Jika
sekedar melaporkan hasil penelitian tanpa membahas data
|
Pelaporan tertulis
|
Jika
sistimatika penulisan benar, memuat saran, bahasa komunikatif.
|
Jika
sistimatika penulisan benar, memuat saran, namun bahasa kurang komunikatif
|
Jika
penulisan kurang sistimatis, bahasa kurang komunikatif, kurang memuat saran
|
2. Petunjuk
Penyekorannya
Skor
diberikan berdasarkan ketetapan dan kelengkapan jawaban yang diberikan peserta
didik, semakin lengkap dan akurat maka semakin besar skor yang diberikan.
Skor 3 = Tinggi
Skor 2 = Cukup
Skor 1 = Rendah
G. Format
dan Penskoran Penilaian Kinerja
Penilaian kinerja merupakan penilaian dengan
berbagai macam tugas dan situasi dimana peserta tes diminta untuk
mendemonstrasikan pemahaman dan pengaplikasian pengetahuan yang mendalam, serta
keterampilan didalam berbagai macam konteks.[7]
1. Contoh
Format Penilaian Kinerja
Petunjuk
: Beri centang pada angka yang sesuai untuk setiap kemampuan yang teramati pada
waktu anak berpidato:
1. bila
tidak pernah
2. bila
jarang
3. bila
kadang-kadang, dan
4. bila
siswa selalu melakukan
No.
|
Ekspresi
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
Fisik
·
Berdiri tegak
melihat pada jamaah
·
Mengubah
ekspresi wajah sesuai dengan perubahan pernyataan yang disajikan
|
|
|
|
|
2. Petunjuk
Penyekorannya
Skor 4 = Cukup Tinggi
Skor
3 = Tinggi
Skor
2 = Cukup
Skor
1 = Rendah
Keterangan: Semakin tinggi skor
yang diperoleh siswa maka nilai semakin baik.
BAB
III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Teknik pengajaran di sekolah dapat berbentuk: teknik tes dan non
tes. Non tes terdiri atas berbagai teknik yaitu observasi, jurnal,
penilaian antar teman, penilaian diri, portofolio, proyek, penilaian kinerja. Mengenai format dan cara penskoran berbagai macam teknik tersebut
telah dijelaskan dalam pembahasan.
[1] M.
Ngalim Purwanto. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi pengajaran.
(Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 1994), 109.
[2]
Mimin Haryati. Model dan Teknik penilaian pada Tingakat Satuan Pendidikan.
(Jakarta: Gaung Persada Press, 2007), 49.
[3]
Zainal Arifin. Evaluasi Instruksional. (Bandung: PT Remaja Rosdakarya,
1998), 61.
[5] Ibid., 112.
[6]
Mimin Haryati. Model…, 61.
[7]
Abdul Majid. Perencanaan Pembelajaran. (Bandung: PT Remaja Rosdakarya,
2008), 200.
DAFTAR PUSTAKA
Arifin, Zainal. Evaluasi Instruksional.
Bandung: Remaja Rosdakarya, 1988.
Jihad, Asep dan Haris, Abdul. Evaluasi
Pembelajaran. Jakarta: Multi Pressindo, 2008.
Haryati, Mimin. Model dan Teknik Penilaian
tingkat satuan pendidikan. Jakarta: Gaung Persada Press, 2007.
Majid, Abdul. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2008.
Purwanto, Ngalim. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran.
Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 1994.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar