Rabu, 28 Oktober 2015

smt 5 pengembangan silabus Silabus 2006 siang


Lembar Kerja
MATA  KULIAH  PENYUSUNAN SILABUS KURIKULUM 2006
BERDASARKAN PERMENDIKAS NO, 22 TH. 2006 TENTANG STANDAR ISI
DAN NO, 41 TH, 2007 TENTANG STANDAR PROSES

NAMA MAHASISWA
SIANG SURYANINGTIAS
NIM
210311150
SEMESTER
V (LIMA)
KELAS
Tb. E
DOSEN PENGAMPU
Dr. Basuki, M.Ag




Langkah-Langkah Pengembangan Silabus

Sebelum mengembangkan silabus setiap Mata Pelajaran, KKG/MGMP  harus mengkaji dan mengidentifikasi terlebih dahulu SK dan KD sebagaimana telah ditetapkan dalam Permendiknas No. 22 tahun 2006
Langkah Pertama
Mengisi identitas mata pelajaran pada kolom Lembar Kerja-1
Langkah Kedua
Menulis SK dan KD pada kolom Lembar Kerja-1.  SK ditulis dengan memberi nomor satu digit dan KD ditulis dengan memberi nomor dua digit sesuai dengan nomor yang telah ditetapkan dalam Permendiknas no. 22 tahun 2006  
Langkah
Ketiga
Mengembangkan KD menjadi sejumlah Indikator, dengan beberapa tahapan sebagai berikut: 

1.       Melakukan analisis KD yang akan dikembangkan menjadi sejumlah indikator. Analisis KD bisa mencakup salah satu dari tiga aspek , atau dua aspek, yaitu aspek kognitif,  afektif dan psikomotorik.  Untuk mempermudah melakukan analisis KD, gunakan Lembar Kerja – 2
2.       Memilih KKO (Kata Kerja Operasional) yang sesuai dengan masing-masing aspek untuk merumuskan Indikator sementara, Untuk mempermudah merumuskan indikator sementara,  gunakan Lembar Kerja – 3
3.       Mengurutkan semua indikator yang ditulis pada Lembar Kerja - 3 berdasarkan logika dan tingkat kompleksitas masing-masing indikator dengan memberikan nomor tiga digit pada kolom Lembar Kerja  – 4
4.       Semua rumusan indikator pada Lembar Kerja - 4 yang telah diberi nomor tiga digit, disalin dan dicopy ke dalam kolom lembar kerja – 1
Langkah Keempat
1.       Mengidentifikasi materi yang akan dipelajari untuk setiap indikator. Materi  tersebut meliputi materi pokok bahasan dan sub pokok bahasan. Untuk mengidentifikasi materi, gunakan Lembar Kerja – 5
2.       Semua Pokok bahasan dan sub pokok bahasan yang telah diidentifikasi pada Lembar Kerja – 5, disalin dan dicopy ke dalam kolom Lembar Kerja - 1 

Langkah Kelima
Langkah-langkah mengembangkan Kegiatan Pembelajaran Aktif
1.       Menentukan strategi active learning yang sesuai dengan indikator dan karakteristik materi yang akan dipelajari
2.       Menentukan sumber/bahan/alat yang akan digunakan atau dimanfaatkan selama kegiatan pembelajaran
3.       Mendeskripsikan langkah-langkah kegiatan pembelajaran aktif . Deskripsi kegiatan pembelajaran dikaitkan dengan materi yang akan dipelajari dan sumber/bahan/alat yang akan digunakan. Untuk mempermudah mendeskripsikan kegiatan pembejalaran aktif gunakan Lembar Kerja - 6
4.       Deskripsi kegiatan pembelajaran yang telah dirumuskan pada Lembar Kerja-  6 , disalin dan dicopy ke dalam kolom Lembar Kerja -1 
Langkah Keenam
Menentukan bentuk dan jenis penilaian yang akan digunakan untuk mengukur ketercapaian masing-masing indikator dengan menggunakan Lembar Kerja - 7.  Bentuk dan jenis penilaian yang telah ditentukan ditulis langsung  pada kolom penilaian yang ada Lembar Kerja -1 
Langkah Ketujuh 
Menentukan alokasi waktu yang akan dibutuhkan untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran per KD. Alokasi waktu yang telah ditentukan ditulis langsung  pada kolom penilaian yang ada Lembar Kerja -1  (Gunakan Lembar Kerja 8)
Langkah Kedelapan
Sumber/bahan/alat yang telah ditentukan pada Lembar Kerja – 6, disalin dan dicopy ke dalam dalam Lembar Kerja -1  (Gunakan Lembar Kerja 9)


LEMBAR KERJA -1
Þ            Isilah identitas mata pelajaran dan tulislah SK dan KD pada kolom Lembar Kerja-1.  SK ditulis dengan memberi nomor satu digit dan KD ditulis dengan memberi nomor dua digit sesuai dengan nomor yang telah ditetapkan dalam Permendiknas no. 22 tahun 2006  

Nama Sekolah
SMP
Kelas/Semester  : IX/I
Mata Pelajaran
Pendidikan Agama Islam (Al-Qur’an Hadits)
Alokasi Waktu     : __________________________________
                                                            
Standar Kompetensi               memahami ajaran al-hadits tentang menuntut ilmu

Kompetensi
Dasar
Indikator
Materi
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
2.2 Menyebutkan arti Hadits tentang Menuntut Ilmu


































_____________________________________________.

         Guru Mapel _________________________________



         ______________________________________________


LEMBAR KERJA -2
Þ      Kembangkan satu KD yang anda  tulis, menjadi beberapa Indikator dengan beberapa lembar kerja  LK-2, LK-3 dan LK-4
Þ      Lakukan analisis tehdap KD yang anda tulis. Analisis KD bisa mencakup salah satu dari tiga aspek , atau dua aspek, yaitu aspek kognitif,  afektif dan psikomotorik.  Untuk mempermudah melakukan analisis KD, gunakan Lembar Kerja – 2

Kompetensi Dasar
Pengetahuan apa sajakah yang harus diketahui siswa ?
Ketrampilan apa sajakah yang harus dapat ditunjukkan siswa ? (produk)
Apa yang harus bisa diperagakan siswa ? (kinerja)
Sikap apa/perilaku apa sajakah yang harus dimiliki siswa ?
Pengetahuan
Ketrampilan
Sikap
2.2. 2 Menyebutkan arti Hadits tentang Menuntut Ilmu.
arti Hadits Riwayat Ibnu Abdil Bar



arti Hadits Riwayat Muslim



arti Hadits Riwayat Abu Daud dan Tirmidzi



arti Hadits Riwayat Bukhari Muslim



arti Hadits Riwayat At-Tirmidzi
























NB : Tidak semua kompetensi memuat jawaban untuk semua aspek.  Hal ini turut ditentukan oleh jenis kompetensi dasarnya. Jika kompetensi dasar bersifat kognitif, sudah pasti rincian tandanya pun cenderung kognitif.


LEMBAR KERJA -3
Þ       Pilihlah KKO (Kata Kerja Operasional) yang sesuai dengan masing-masing aspek untuk merumuskan Indikator sementara, Untuk mempermudah merumuskan indikator sementara,  gunakan Lembar Kerja – 3

Kata Kerja Operasional
Aspek pengetahuan atau ketrampilan atau sikap yang harus dimiliki oleh siswa
Menjelaskan

arti Hadits Riwayat Ibnu Abdil Bar
Menjelaskan
arti Hadits Riwayat Muslim
Menjelaskan
arti Hadits Riwayat Abu Daud dan Tirmidzi
Menjelaskan
arti Hadits Riwayat Bukhari Muslim
Menjelaskan
arti Hadits Riwayat At-Tirmidzi













LEMBAR KERJA -4
Þ      Urutkan semua indikator yang ditulis pada Lembar Kerja - 3 berdasarkan logika dan tingkat kompleksitas masing-masing dengan memberikan nomor tiga digit pada kolom Lembar Kerja  – 4

Rumusan Indikator Sementara
Urutan Nomor Indikator
Menjelaskan arti Hadits Riwayat Ibnu Abdil Bar
2.2.1
 Menjelaskan arti Hadits Riwayat Muslim
2.2.2
 Menjelaskan arti Hadits Riwayat Abu Daud dan Tirmidzi
2.2.3
Menjelaskan arti Hadits Riwayat Bukhari Muslim
2.2.4
 Menjelaskan arti Hadits Riwayat At-Tirmidzi
2.2.5











Semua rumusan indikator pada Lembar Kerja - 4 yang telah diberi nomor tiga digit, disalin dan dicopy ke dalam kolom lembar kerja – 1




LEMBAR KERJA -1
Þ            Isilah identitas mata pelajaran dan tulislah SK dan KD pada kolom Lembar Kerja-1.  SK ditulis dengan memberi nomor satu digit dan KD ditulis dengan memberi nomor dua digit sesuai dengan nomor yang telah ditetapkan dalam Permendiknas no. 22 tahun 2006  

Nama Sekolah
SMP
Kelas/Semester  : IX/I
Mata Pelajaran
Pendidikan Agama Islam (Al-Qur’an Hadits)
Alokasi Waktu     : __________________________________
                                                            
Standar Kompetensi               memahami ajaran al-hadits tentang menuntut ilmu

Kompetensi
Dasar
Indikator
Materi
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
2.2 Menyebutkan arti Hadits tentang Menuntut Ilmu
2.2.1 Menjelaskan arti Hadits Riwayat Ibnu Abdil Bar





2.2.2  Menjelaskan arti Hadits Riwayat Muslim


2.2.3 Menjelaskan arti Hadits Riwayat Abu Daud dan Tirmidzi


2.2.4 Menjelaskan arti Hadits Riwayat Bukhari Muslim


2.2.5 Menjelaskan arti Hadits Riwayat At-Tirmidzi


















_____________________________________________.

         Guru Mapel _________________________________



         ______________________________________________


LEMBAR KERJA -5
Þ      Melakukan Identifikasi materi untuk setiap indikator yang meliputi materi pokok bahasan dan sub pokok bahasan.
Untuk mengidentifikasi materi, gunakan Lembar Kerja – 5

Nomor Indikator
Pokok Bahasan
Sub Pokok Bahasan
2.2.1


arti Hadits Riwayat Ibnu Abdil Bar

2.2.2
arti Hadits Riwayat Muslim

2.2.3
arti Hadits Riwayat Abu Daud dan Tirmidzi

2.2.4
arti Hadits Riwayat Bukhari Muslim

2.2.5
arti Hadits Riwayat At-Tirmidzi

















Semua Pokok bahasan dan sub pokok bahasan yang telah diidentifikasi pada Lembar Kerja – 5, disalin dan dicopy ke dalam kolom Lembar Kerja - 1 



LEMBAR KERJA -1
Þ            Isilah identitas mata pelajaran dan tulislah SK dan KD pada kolom Lembar Kerja-1.  SK ditulis dengan memberi nomor satu digit dan KD ditulis dengan memberi nomor dua digit sesuai dengan nomor yang telah ditetapkan dalam Permendiknas no. 22 tahun 2006  

Nama Sekolah
SMP
Kelas/Semester  : IX/I
Mata Pelajaran
Pendidikan Agama Islam (Al-Qur’an Hadits)
Alokasi Waktu     : __________________________________
                                                            
Standar Kompetensi               memahami ajaran al-hadits tentang menuntut ilmu

Kompetensi
Dasar
Indikator
Materi
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
2.2 Menyebutkan arti Hadits tentang Menuntut Ilmu
2.2.1 Menjelaskan arti Hadits Riwayat Ibnu Abdil Bar
arti Hadits Riwayat Ibnu Abdil Bar




2.2.2  Menjelaskan arti Hadits Riwayat Muslim
arti Hadits Riwayat Muslim

2.2.3 Menjelaskan arti Hadits Riwayat Abu Daud dan Tirmidzi
arti Hadits Riwayat Abu Daud dan Tirmidzi

2.2.4 Menjelaskan arti Hadits Riwayat Bukhari Muslim
arti Hadits Riwayat Bukhari Muslim

2.2.5 Menjelaskan arti Hadits Riwayat At-Tirmidzi
arti Hadits Riwayat At-Tirmidzi

















_____________________________________________.

         Guru Mapel _________________________________



         ______________________________________________


LEMBAR KERJA -6.1
Þ      Mendeskripsikan langkah-langkah kegiatan pembelajaran berbasis active learning. Deskripsi kegiatan pembelajaran dikaitkan dengan materi yang akan dipelajari dan sumber/bahan/alat yang akan digunakan. Untuk mempermudah mendeskripsikan kegiatan pembejalaran aktif gunakan Lembar Kerja – 6

Nomor Indikator
2.2.1 Menjelaskan arti Hadits Riwayat Ibnu Abdil Bar




Pokok Bahasan/Sub Pokok Bahasan
arti Hadits Riwayat Ibnu Abdil Bar
Nama Strategi yang akan digunakan
Reading Aload
Sumber/Bahan/Alat yang dimanfaatkan
Hand out materi arti Hadits Riwayat Ibnu Abdil Bar
Deskripsi Kegiatan Pembelajaran Berbasis Active Learning
Guru membagikan hand out materi tentang arti Hadits Riwayat Ibnu Abdil Bar tentang menuntut ilmu
Guru memberi tanda pada kata-kata yang ingin dicari mufradatnya.
Guru menunjuk salah satu siswa/siswi untuk membaca dengan suara keras, ketika bacaan sedang berlangsung, guru menghentikan pada beberapa kata yang akan dicari mufradatnya, kemudian guru memberi kesempatan kepada siswa/siswi untuk berdiskusi
Guru bertanya jawab dengan siswa/siswi tentang apa arti Hadits Riwayat Ibnu Abdil Bar
قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: أَطْلُبُواالْعِلْمَ وَلَوْ بِالصِّيْنِ فَإِنَّ طَلَبَ الْعِلْمِ فَرِيْضَةٌ عَلىَ كُلِّ مُسْلِمٍ إِنَّ الْمَلَائِكَةَ تَضَعُ اَجْتِحَتَهَا لِطَالِبِ الْعِلْمِ رِضًا بِمَا يَطْلُبُ














A                                                                                                                                                                                                                                                                                                                              


Þ      Deskripsi kegiatan pembelajaran yang telah dirumuskan pada Lembar Kerja-  6 , disalin dan dicopy ke dalam kolom Lembar Kerja -1 


LEMBAR KERJA -6.2
Þ      Mendeskripsikan langkah-langkah kegiatan pembelajaran berbasis active learning. Deskripsi kegiatan pembelajaran dikaitkan dengan materi yang akan dipelajari dan sumber/bahan/alat yang akan digunakan. Untuk mempermudah mendeskripsikan kegiatan pembejalaran aktif gunakan Lembar Kerja – 6

Nomor Indikator
2.2.2 Menjelaskan Arti hadits Riwayat Muslim




Pokok Bahasan/Sub Pokok Bahasan
Arti hadits Riwayat Muslim
Nama Strategi yang akan digunakan
Index Card Match
Sumber/Bahan/Alat yang dimanfaatkan
Hand out materi Arti hadits Riwayat Muslim, Ballpoin, kertas
Deskripsi Kegiatan Pembelajaran Berbasis Active Learning
Guru membuat potongan kertas sejumlah siswa/siswi
Guru membagi potongan-potongan kertas tersebut menjadi dua bagian yang sama, satu bagian dituliskan pertanyaan tentang materi Arti hadits Riwayat Muslim pada setiap kertas satu pertanyaan
Guru menulis jawaban dari pertanyaan yang telah dibuat pada satu bagian kertas yang lain
Guru mengocok semua kertas, hingga akan tercampur antara soal dan jawaban.
Guru memberi setiap siswa/siswi satu kertas, kemudian guru menjelaskan bahwa ini adalah aktivitas yang dilakukan berpasangan, separuha siswa akan mendapatkan pertanyaan, dan separuh siswa yang lain akan mendapatkan jawaban
Guru meminta siswa/siswi menemukan pasangan mereka, jika sudah ketemu minta siswa unutk duduk berdekatan
Kemudian guru meminta setiap pasangan secara bergantian untuk membaca soal dan jawaban dengan keras pada teman-teman yang lain.
Guru mengakhiri dengan membuAt klarifikasi dan kesimpulan
مَنْ سَلَكَ طَرِيْقًا يَلْتَمِسُ فِيْهِ عِلْمًا سَهَّلَ اللهُ بِهِ طَرِيْقًا اِلَى الْجَنَّةِ








A


Þ      Deskripsi kegiatan pembelajaran yang telah dirumuskan pada Lembar Kerja-  6 , disalin dan dicopy ke dalam kolom Lembar Kerja -1 


LEMBAR KERJA -6.3
Þ      Mendeskripsikan langkah-langkah kegiatan pembelajaran berbasis active learning. Deskripsi kegiatan pembelajaran dikaitkan dengan materi yang akan dipelajari dan sumber/bahan/alat yang akan digunakan. Untuk mempermudah mendeskripsikan kegiatan pembejalaran aktif gunakan Lembar Kerja – 6

Nomor Indikator
2.2.3 Menjelaskan arti Hadits Riwayat Abu Daud dan Tirmidzi




Pokok Bahasan/Sub Pokok Bahasan
arti Hadits Riwayat Abu Daud dan Tirmidzi
Nama Strategi yang akan digunakan
Reading Aload
Sumber/Bahan/Alat yang dimanfaatkan
Hand out materi arti Hadits Riwayat Abu Daud dan Tirmidzi
Deskripsi Kegiatan Pembelajaran Berbasis Active Learning
Guru membagikan hand out materi tentang arti Hadits Riwayat Abu Daud dan Tirmidzi tentang menuntut ilmu
Guru memberi tanda pada kata-kata yang ingin dicari mufradatnya.
Guru menunjuk salah satu siswa/siswi untuk membaca dengan suara keras, ketika bacaan sedang berlangsung, guru menghentikan pada beberapa kata yang akan dicari mufradatnya, kemudian guru memberi kesempatan kepada siswa/siswi untuk berdiskusi
Guru bertanya jawab dengan siswa/siswi tentang apa arti Hadits Riwayat Abu Daud dan Tirmidzi
مَنْ سَلَكَ طَرِيْقًا يَبْتَغِى فِيْهِ عِلْمًا سَهَّلَ اللهُ لَهُ طَرِيْقًا اِلَى الْجَنَّةِ اِنَّ الْمَلَائِكَةِ تَضَعُ اَجْتِحَتَهَا لِطَالِبِ الْعِلْمِ رِضًا بِمَا يَصْنَعُ













A


Þ      Deskripsi kegiatan pembelajaran yang telah dirumuskan pada Lembar Kerja-  6 , disalin dan dicopy ke dalam kolom Lembar Kerja -1 

LEMBAR KERJA -6.4
Þ      Mendeskripsikan langkah-langkah kegiatan pembelajaran berbasis active learning. Deskripsi kegiatan pembelajaran dikaitkan dengan materi yang akan dipelajari dan sumber/bahan/alat yang akan digunakan. Untuk mempermudah mendeskripsikan kegiatan pembejalaran aktif gunakan Lembar Kerja – 6

Nomor Indikator
2.2.4 Menjelaskan Arti hadits Riwayat  Bukhari-Muslim




Pokok Bahasan/Sub Pokok Bahasan
Arti hadits Riwayat  Bukhari-Muslim
Nama Strategi yang akan digunakan
Index Card Match
Sumber/Bahan/Alat yang dimanfaatkan
Hand out materi Arti hadits Riwayat Muslim, Ballpoin, kertas
Deskripsi Kegiatan Pembelajaran Berbasis Active Learning
Guru membuat potongan kertas sejumlah siswa/siswi
Guru membagi potongan-potongan kertas tersebut menjadi dua bagian yang sama, satu bagian dituliskan pertanyaan tentang materi Arti hadits Riwayat Bukhari-Muslim pada setiap kertas satu pertanyaan
Guru menulis jawaban dari pertanyaan yang telah dibuat pada satu bagian kertas yang lain
Guru mengocok semua kertas, hingga akan tercampur antara soal dan jawaban.
Guru memberi setiap siswa/siswi satu kertas, kemudian guru menjelaskan bahwa ini adalah aktivitas yang dilakukan berpasangan, separuha siswa akan mendapatkan pertanyaan, dan separuh siswa yang lain akan mendapatkan jawaban
Guru meminta siswa/siswi menemukan pasangan mereka, jika sudah ketemu minta siswa unutk duduk berdekatan
Kemudian guru meminta setiap pasangan secara bergantian untuk membaca soal dan jawaban dengan keras pada teman-teman yang lain.
Guru mengakhiri dengan membuAt klarifikasi dan kesimpulan
اِنَّ اللهُ لاَ يَقْبِضُ الْعِلْمَ انتِرَاعًا يَنْتَزِعُهُ مِنَ العِبَادِ وَلَكِنْ يَقْبِضُ الْعِلْمَ بِقَبْضِ الْعُلَماَءِ حَتَى اِذَا لَمْ يَبْقَ عاَلِماً اتَّخَذُ النّاَسُ رَؤَسَاءَ جُهَّالاً فَسَئِلُوْا فَفْتَوْا بِغَيْرِ عِلْمٍ فَضَلُوْا وَ اَضَلُوْا









A


Þ      Deskripsi kegiatan pembelajaran yang telah dirumuskan pada Lembar Kerja-  6 , disalin dan dicopy ke dalam kolom Lembar Kerja -1 
LEMBAR KERJA -6.5
Þ      Mendeskripsikan langkah-langkah kegiatan pembelajaran berbasis active learning. Deskripsi kegiatan pembelajaran dikaitkan dengan materi yang akan dipelajari dan sumber/bahan/alat yang akan digunakan. Untuk mempermudah mendeskripsikan kegiatan pembejalaran aktif gunakan Lembar Kerja – 6

Nomor Indikator
2.2.5 Menjelaskan arti Hadits Riwayat At-Tirmidzi




Pokok Bahasan/Sub Pokok Bahasan
arti Hadits Riwayat At-Tirmidzi
Nama Strategi yang akan digunakan
Reading Aload
Sumber/Bahan/Alat yang dimanfaatkan
Hand out materi arti Hadits Riwayat At-Tirmidzi
Deskripsi Kegiatan Pembelajaran Berbasis Active Learning
Guru membagikan hand out materi tentang arti Hadits Riwayat At-Tirmidzi tentang menuntut ilmu
Guru memberi tanda pada kata-kata yang ingin dicari mufradatnya.
Guru menunjuk salah satu siswa/siswi untuk membaca dengan suara keras, ketika bacaan sedang berlangsung, guru menghentikan pada beberapa kata yang akan dicari mufradatnya, kemudian guru memberi kesempatan kepada siswa/siswi untuk berdiskusi
Guru bertanya jawab dengan siswa/siswi tentang apa arti Hadits Riwayat At-Tirmidzi
عَنْ اَنَسٍ بْنِ ماَلِكٍ قَال رسول الله صلى الله عليه وسلم: مَنْ خَرَجَ فىِ طَلَبِ الْعِلْمِ كَانَ فىِ سَبِلِ اللهِ حَتَّى يَرْجِعَ












A


Þ      Deskripsi kegiatan pembelajaran yang telah dirumuskan pada Lembar Kerja-  6 , disalin dan dicopy ke dalam kolom Lembar Kerja -1 


LEMBAR KERJA -1
Þ            Isilah identitas mata pelajaran dan tulislah SK dan KD pada kolom Lembar Kerja-1.  SK ditulis dengan memberi nomor satu digit dan KD ditulis dengan memberi nomor dua digit sesuai dengan nomor yang telah ditetapkan dalam Permendiknas no. 22 tahun 2006  

Nama Sekolah
SMP
Kelas/Semester  : IX/I
Mata Pelajaran
Pendidikan Agama Islam (Al-Qur’an Hadits)
Alokasi Waktu     : __________________________________
                                                            
Standar Kompetensi               memahami ajaran al-hadits tentang menuntut ilmu

Kompetensi
Dasar
Indikator
Materi
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
2.2 Menyebutkan arti Hadits tentang Menuntut Ilmu
2.2.1 Menjelaskan arti Hadits Riwayat Ibnu Abdil Bar
arti Hadits Riwayat Ibnu Abdil Bar
Guru membagikan hand out materi tentang arti Hadits Riwayat Ibnu Abdil Bar tentang menuntut ilmu
Guru memberi tanda pada kata-kata yang ingin dicari mufradatnya.
Guru menunjuk salah satu siswa/siswi untuk membaca dengan suara keras, ketika bacaan sedang berlangsung, guru menghentikan pada beberapa kata yang akan dicari mufradatnya, kemudian guru memberi kesempatan kepada siswa/siswi untuk berdiskusi
Guru bertanya jawab dengan siswa/siswi tentang apa arti Hadits Riwayat Ibnu Abdil Bar

قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: أَطْلُبُواالْعِلْمَ وَلَوْ بِالصِّيْنِ فَإِنَّ طَلَبَ الْعِلْمِ فَرِيْضَةٌ عَلىَ كُلِّ مُسْلِمٍ إِنَّ الْمَلَائِكَةَ تَضَعُ اَجْتِحَتَهَا لِطَالِبِ الْعِلْمِ رِضًا بِمَا يَطْلُبُ




2.2.2  Menjelaskan arti Hadits Riwayat Muslim
arti Hadits Riwayat Muslim
Guru membuat potongan kertas sejumlah siswa/siswi
Guru membagi potongan-potongan kertas tersebut menjadi dua bagian yang sama, satu bagian dituliskan pertanyaan tentang materi Arti hadits Riwayat Muslim pada setiap kertas satu pertanyaan
Guru menulis jawaban dari pertanyaan yang telah dibuat pada satu bagian kertas yang lain
Guru mengocok semua kertas, hingga akan tercampur antara soal dan jawaban.
Guru memberi setiap siswa/siswi satu kertas, kemudian guru menjelaskan bahwa ini adalah aktivitas yang dilakukan berpasangan, separuha siswa akan mendapatkan pertanyaan, dan separuh siswa yang lain akan mendapatkan jawaban
Guru meminta siswa/siswi menemukan pasangan mereka, jika sudah ketemu minta siswa unutk duduk berdekatan
Kemudian guru meminta setiap pasangan secara bergantian untuk membaca soal dan jawaban dengan keras pada teman-teman yang lain.
Guru mengakhiri dengan membuAt klarifikasi dan kesimpulan
مَنْ سَلَكَ طَرِيْقًا يَلْتَمِسُ فِيْهِ عِلْمًا سَهَّلَ اللهُ بِهِ طَرِيْقًا اِلَى الْجَنَّةِ

2.2.3 Menjelaskan arti Hadits Riwayat Abu Daud dan Tirmidzi
arti Hadits Riwayat Abu Daud dan Tirmidzi
Guru membagikan hand out materi tentang arti Hadits Riwayat Abu Daud dan Tirmidzi tentang menuntut ilmu
Guru memberi tanda pada kata-kata yang ingin dicari mufradatnya.
Guru menunjuk salah satu siswa/siswi untuk membaca dengan suara keras, ketika bacaan sedang berlangsung, guru menghentikan pada beberapa kata yang akan dicari mufradatnya, kemudian guru memberi kesempatan kepada siswa/siswi untuk berdiskusi
Guru bertanya jawab dengan siswa/siswi tentang apa arti Hadits Riwayat Abu Daud dan Tirmidzi
مَنْ سَلَكَ طَرِيْقًا يَبْتَغِى فِيْهِ عِلْمًا سَهَّلَ اللهُ لَهُ طَرِيْقًا اِلَى الْجَنَّةِ اِنَّ الْمَلَائِكَةِ تَضَعُ اَجْتِحَتَهَا لِطَالِبِ الْعِلْمِ رِضًا بِمَا يَصْنَعُ

2.2.4 Menjelaskan arti Hadits Riwayat Bukhari Muslim
arti Hadits Riwayat Bukhari Muslim
Guru membuat potongan kertas sejumlah siswa/siswi
Guru membagi potongan-potongan kertas tersebut menjadi dua bagian yang sama, satu bagian dituliskan pertanyaan tentang materi Arti hadits Riwayat Bukhari-Muslim pada setiap kertas satu pertanyaan
Guru menulis jawaban dari pertanyaan yang telah dibuat pada satu bagian kertas yang lain
Guru mengocok semua kertas, hingga akan tercampur antara soal dan jawaban.
Guru memberi setiap siswa/siswi satu kertas, kemudian guru menjelaskan bahwa ini adalah aktivitas yang dilakukan berpasangan, separuha siswa akan mendapatkan pertanyaan, dan separuh siswa yang lain akan mendapatkan jawaban
Guru meminta siswa/siswi menemukan pasangan mereka, jika sudah ketemu minta siswa unutk duduk berdekatan
Kemudian guru meminta setiap pasangan secara bergantian untuk membaca soal dan jawaban dengan keras pada teman-teman yang lain.
Guru mengakhiri dengan membuAt klarifikasi dan kesimpulan
اِنَّ اللهُ لاَ يَقْبِضُ الْعِلْمَ انتِرَاعًا يَنْتَزِعُهُ مِنَ العِبَادِ وَلَكِنْ يَقْبِضُ الْعِلْمَ بِقَبْضِ الْعُلَماَءِ حَتَى اِذَا لَمْ يَبْقَ عاَلِماً اتَّخَذُ النّاَسُ رَؤَسَاءَ جُهَّالاً فَسَئِلُوْا فَفْتَوْا بِغَيْرِ عِلْمٍ فَضَلُوْا وَ اَضَلُوْا

2.2.5 Menjelaskan arti Hadits Riwayat At-Tirmidzi
arti Hadits Riwayat At-Tirmidzi
Guru membagikan hand out materi tentang arti Hadits Riwayat At-Tirmidzi tentang menuntut ilmu
Guru memberi tanda pada kata-kata yang ingin dicari mufradatnya.
Guru menunjuk salah satu siswa/siswi untuk membaca dengan suara keras, ketika bacaan sedang berlangsung, guru menghentikan pada beberapa kata yang akan dicari mufradatnya, kemudian guru memberi kesempatan kepada siswa/siswi untuk berdiskusi
Guru bertanya jawab dengan siswa/siswi tentang apa arti Hadits Riwayat At-Tirmidzi
عَنْ اَنَسٍ بْنِ ماَلِكٍ قَال رسول الله صلى الله عليه وسلم: مَنْ خَرَجَ فىِ طَلَبِ الْعِلْمِ كَانَ فىِ سَبِلِ اللهِ حَتَّى يَرْجِعَ


















                                                                                                                                                                                                                            
_____________________________________________.

         Guru Mapel _________________________________



         ______________________________________________


LEMBAR KERJA -7
Þ      Tentukan bentuk dan jenis penilaian yang akan digunakan untuk mengukur ketercapaian masing-masing indikator. Untuk mempermudah menentukan bentuk dan jenis penilaian gunakan Lembar Kerja -7 
Þ      Bentuk dan jenis penilaian yang ditetapkan pada Lembar Kerja -7, disalin dan dicopy pada kolom lembar kerja -1  
                           
Nomor
Indikator
Aspek Kemampuan yang akan diukur
Bentuk dan Jenis Penilaian
                       2.2.1                      
Menjelaskan arti Hadits Riwayat Ibnu Abdil Bar
Kognitif
Tes tulis: Pilihan ganda atau Uraian Obyektif
2.2.2.
 Menjelaskan arti Hadits Riwayat Muslim
Kognitif
Tes tulis: Pilihan ganda atau Uraian Obyektif
2.2.3
 Menjelaskan arti Hadits Riwayat Abu Daud dan Tirmidzi
Kognitif
Tes tulis: Pilihan ganda atau Uraian Obyektif
2.2.4
Menjelaskan arti Hadits Riwayat Bukhari Muslim
Kognitif
Tes tulis: Pilihan ganda atau Uraian Obyektif
2.2.5
 Menjelaskan arti Hadits Riwayat At-Tirmidzi
Kognitif
Tes tulis: Pilihan ganda atau Uraian Obyektif




















LEMBAR KERJA -8
Þ      Menentukan alokasi waktu yang akan dibutuhkan untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran per KD. Alokasi waktu yang telah ditentukan ditulis langsung  pada kolom penilaian yang ada Lembar Kerja -1 
LEMBAR KERJA -9
Þ      Sumber/bahan/alat yang telah ditentukan pada Lembar Kerja – 6, disalin dan dicopy ke dalam dalam Lembar Kerja -1 


LEMBAR KERJA -1
Þ            Isilah identitas mata pelajaran dan tulislah SK dan KD pada kolom Lembar Kerja-1.  SK ditulis dengan memberi nomor satu digit dan KD ditulis dengan memberi nomor dua digit sesuai dengan nomor yang telah ditetapkan dalam Permendiknas no. 22 tahun 2006  
                              
Nama Sekolah
SMP
Kelas/Semester  : IX/I
Mata Pelajaran
Pendidikan Agama Islam (Al-Qur’an Hadits)
Alokasi Waktu     : __________________________________
                                                            
Standar Kompetensi               memahami ajaran al-hadits tentang menuntut ilmu

Kompetensi
Dasar
Indikator
Materi
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
2.2 Menyebutkan arti Hadits tentang Menuntut Ilmu
2.2.1 Menjelaskan arti Hadits Riwayat Ibnu Abdil Bar
arti Hadits Riwayat Ibnu Abdil Bar
Guru membagikan hand out materi tentang arti Hadits Riwayat Ibnu Abdil Bar tentang menuntut ilmu
Guru memberi tanda pada kata-kata yang ingin dicari mufradatnya.
Guru menunjuk salah satu siswa/siswi untuk membaca dengan suara keras, ketika bacaan sedang berlangsung, guru menghentikan pada beberapa kata yang akan dicari mufradatnya, kemudian guru memberi kesempatan kepada siswa/siswi untuk berdiskusi
Guru bertanya jawab dengan siswa/siswi tentang apa arti Hadits Riwayat Ibnu Abdil Bar

قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: أَطْلُبُواالْعِلْمَ وَلَوْ بِالصِّيْنِ فَإِنَّ طَلَبَ الْعِلْمِ فَرِيْضَةٌ عَلىَ كُلِّ مُسْلِمٍ إِنَّ الْمَلَائِكَةَ تَضَعُ اَجْتِحَتَهَا لِطَالِبِ الْعِلْمِ رِضًا بِمَا يَطْلُبُ

Tes tulis: Pilihan ganda atau Uraian Obyektif


2.2.2  Menjelaskan arti Hadits Riwayat Muslim
arti Hadits Riwayat Muslim
Guru membuat potongan kertas sejumlah siswa/siswi
Guru membagi potongan-potongan kertas tersebut menjadi dua bagian yang sama, satu bagian dituliskan pertanyaan tentang materi Arti hadits Riwayat Muslim pada setiap kertas satu pertanyaan
Guru menulis jawaban dari pertanyaan yang telah dibuat pada satu bagian kertas yang lain
Guru mengocok semua kertas, hingga akan tercampur antara soal dan jawaban.
Guru memberi setiap siswa/siswi satu kertas, kemudian guru menjelaskan bahwa ini adalah aktivitas yang dilakukan berpasangan, separuha siswa akan mendapatkan pertanyaan, dan separuh siswa yang lain akan mendapatkan jawaban
Guru meminta siswa/siswi menemukan pasangan mereka, jika sudah ketemu minta siswa unutk duduk berdekatan
Kemudian guru meminta setiap pasangan secara bergantian untuk membaca soal dan jawaban dengan keras pada teman-teman yang lain.
Guru mengakhiri dengan membuAt klarifikasi dan kesimpulan
مَنْ سَلَكَ طَرِيْقًا يَلْتَمِسُ فِيْهِ عِلْمًا سَهَّلَ اللهُ بِهِ طَرِيْقًا اِلَى الْجَنَّةِ
Tes tulis: Pilihan ganda atau Uraian Obyektif
2.2.3 Menjelaskan arti Hadits Riwayat Abu Daud dan Tirmidzi
arti Hadits Riwayat Abu Daud dan Tirmidzi
Guru membagikan hand out materi tentang arti Hadits Riwayat Abu Daud dan Tirmidzi tentang menuntut ilmu
Guru memberi tanda pada kata-kata yang ingin dicari mufradatnya.
Guru menunjuk salah satu siswa/siswi untuk membaca dengan suara keras, ketika bacaan sedang berlangsung, guru menghentikan pada beberapa kata yang akan dicari mufradatnya, kemudian guru memberi kesempatan kepada siswa/siswi untuk berdiskusi
Guru bertanya jawab dengan siswa/siswi tentang apa arti Hadits Riwayat Abu Daud dan Tirmidzi
مَنْ سَلَكَ طَرِيْقًا يَبْتَغِى فِيْهِ عِلْمًا سَهَّلَ اللهُ لَهُ طَرِيْقًا اِلَى الْجَنَّةِ اِنَّ الْمَلَائِكَةِ تَضَعُ اَجْتِحَتَهَا لِطَالِبِ الْعِلْمِ رِضًا بِمَا يَصْنَعُ
Tes tulis: Pilihan ganda atau Uraian Obyektif
2.2.4 Menjelaskan arti Hadits Riwayat Bukhari Muslim
arti Hadits Riwayat Bukhari Muslim
Guru membuat potongan kertas sejumlah siswa/siswi
Guru membagi potongan-potongan kertas tersebut menjadi dua bagian yang sama, satu bagian dituliskan pertanyaan tentang materi Arti hadits Riwayat Bukhari-Muslim pada setiap kertas satu pertanyaan
Guru menulis jawaban dari pertanyaan yang telah dibuat pada satu bagian kertas yang lain
Guru mengocok semua kertas, hingga akan tercampur antara soal dan jawaban.
Guru memberi setiap siswa/siswi satu kertas, kemudian guru menjelaskan bahwa ini adalah aktivitas yang dilakukan berpasangan, separuha siswa akan mendapatkan pertanyaan, dan separuh siswa yang lain akan mendapatkan jawaban
Guru meminta siswa/siswi menemukan pasangan mereka, jika sudah ketemu minta siswa unutk duduk berdekatan
Kemudian guru meminta setiap pasangan secara bergantian untuk membaca soal dan jawaban dengan keras pada teman-teman yang lain.
Guru mengakhiri dengan membuAt klarifikasi dan kesimpulan
اِنَّ اللهُ لاَ يَقْبِضُ الْعِلْمَ انتِرَاعًا يَنْتَزِعُهُ مِنَ العِبَادِ وَلَكِنْ يَقْبِضُ الْعِلْمَ بِقَبْضِ الْعُلَماَءِ حَتَى اِذَا لَمْ يَبْقَ عاَلِماً اتَّخَذُ النّاَسُ رَؤَسَاءَ جُهَّالاً فَسَئِلُوْا فَفْتَوْا بِغَيْرِ عِلْمٍ فَضَلُوْا وَ اَضَلُوْا
Tes tulis: Pilihan ganda atau Uraian Obyektif
2.2.5 Menjelaskan arti Hadits Riwayat At-Tirmidzi
arti Hadits Riwayat At-Tirmidzi
Guru membagikan hand out materi tentang arti Hadits Riwayat At-Tirmidzi tentang menuntut ilmu
Guru memberi tanda pada kata-kata yang ingin dicari mufradatnya.
Guru menunjuk salah satu siswa/siswi untuk membaca dengan suara keras, ketika bacaan sedang berlangsung, guru menghentikan pada beberapa kata yang akan dicari mufradatnya, kemudian guru memberi kesempatan kepada siswa/siswi untuk berdiskusi
Guru bertanya jawab dengan siswa/siswi tentang apa arti Hadits Riwayat At-Tirmidzi
عَنْ اَنَسٍ بْنِ ماَلِكٍ قَال رسول الله صلى الله عليه وسلم: مَنْ خَرَجَ فىِ طَلَبِ الْعِلْمِ كَانَ فىِ سَبِلِ اللهِ حَتَّى يَرْجِعَ

Tes tulis: Pilihan ganda atau Uraian Obyektif
















                                                                                                                                                                                                                            
_____________________________________________.

         Guru Mapel _________________________________



         ______________________________________________


LEMBAR KERJA -1
Þ            Isilah identitas mata pelajaran dan tulislah SK dan KD pada kolom Lembar Kerja-1.  SK ditulis dengan memberi nomor satu digit dan KD ditulis dengan memberi nomor dua digit sesuai dengan nomor yang telah ditetapkan dalam Permendiknas no. 22 tahun 2006  
                                                   
Nama Sekolah
SMP
Kelas/Semester   :  IX/I
Mata Pelajaran
Pendidikan Agama Islam (Al-Qur’an Hadits)
Alokasi Waktu     : __________________________________
Standar Kompetensi                  memahami ajaran al-hadits tentang menuntut ilmu

Kompetensi
Dasar
Indikator
Materi
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
2.2 Menyebutkan arti Hadits tentang Menuntut Ilmu
2.2.1 Menjelaskan arti Hadits Riwayat Ibnu Abdil Bar
arti Hadits Riwayat Ibnu Abdil Bar
Guru membagikan hand out materi tentang arti Hadits Riwayat Ibnu Abdil Bar tentang menuntut ilmu
Guru memberi tanda pada kata-kata yang ingin dicari mufradatnya.
Guru menunjuk salah satu siswa/siswi untuk membaca dengan suara keras, ketika bacaan sedang berlangsung, guru menghentikan pada beberapa kata yang akan dicari mufradatnya, kemudian guru memberi kesempatan kepada siswa/siswi untuk berdiskusi
Guru bertanya jawab dengan siswa/siswi tentang apa arti Hadits Riwayat Ibnu Abdil Bar

قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: أَطْلُبُواالْعِلْمَ وَلَوْ بِالصِّيْنِ فَإِنَّ طَلَبَ الْعِلْمِ فَرِيْضَةٌ عَلىَ كُلِّ مُسْلِمٍ إِنَّ الْمَلَائِكَةَ تَضَعُ اَجْتِحَتَهَا لِطَالِبِ الْعِلْمِ رِضًا بِمَا يَطْلُبُ

Tes tulis: Pilihan ganda atau Uraian Obyektif

Hand out materi. Ahmadi. Star Sholeh. Al-Qur’an Hadits untuk Mts semester gasal kelas IX. 35.
2.2.2  Menjelaskan arti Hadits Riwayat Muslim
arti Hadits Riwayat Muslim
Guru membuat potongan kertas sejumlah siswa/siswi
Guru membagi potongan-potongan kertas tersebut menjadi dua bagian yang sama, satu bagian dituliskan pertanyaan tentang materi Arti hadits Riwayat Muslim pada setiap kertas satu pertanyaan
Guru menulis jawaban dari pertanyaan yang telah dibuat pada satu bagian kertas yang lain
Guru mengocok semua kertas, hingga akan tercampur antara soal dan jawaban.
Guru memberi setiap siswa/siswi satu kertas, kemudian guru menjelaskan bahwa ini adalah aktivitas yang dilakukan berpasangan, separuha siswa akan mendapatkan pertanyaan, dan separuh siswa yang lain akan mendapatkan jawaban
Guru meminta siswa/siswi menemukan pasangan mereka, jika sudah ketemu minta siswa unutk duduk berdekatan
Kemudian guru meminta setiap pasangan secara bergantian untuk membaca soal dan jawaban dengan keras pada teman-teman yang lain.
Guru mengakhiri dengan membuAt klarifikasi dan kesimpulan
مَنْ سَلَكَ طَرِيْقًا يَلْتَمِسُ فِيْهِ عِلْمًا سَهَّلَ اللهُ بِهِ طَرِيْقًا اِلَى الْجَنَّةِ
Tes tulis: Pilihan ganda atau Uraian Obyektif
Hand out materi. Ahmadi. Star Sholeh. Al-Qur’an Hadits untuk Mts semester gasal kelas IX. 40. Kertas, Ballpont
2.2.3 Menjelaskan arti Hadits Riwayat Abu Daud dan Tirmidzi
arti Hadits Riwayat Abu Daud dan Tirmidzi
Guru membagikan hand out materi tentang arti Hadits Riwayat Abu Daud dan Tirmidzi tentang menuntut ilmu
Guru memberi tanda pada kata-kata yang ingin dicari mufradatnya.
Guru menunjuk salah satu siswa/siswi untuk membaca dengan suara keras, ketika bacaan sedang berlangsung, guru menghentikan pada beberapa kata yang akan dicari mufradatnya, kemudian guru memberi kesempatan kepada siswa/siswi untuk berdiskusi
Guru bertanya jawab dengan siswa/siswi tentang apa arti Hadits Riwayat Abu Daud dan Tirmidzi
مَنْ سَلَكَ طَرِيْقًا يَبْتَغِى فِيْهِ عِلْمًا سَهَّلَ اللهُ لَهُ طَرِيْقًا اِلَى الْجَنَّةِ اِنَّ الْمَلَائِكَةِ تَضَعُ اَجْتِحَتَهَا لِطَالِبِ الْعِلْمِ رِضًا بِمَا يَصْنَعُ
Tes tulis: Pilihan ganda atau Uraian Obyektif
Hand out materi. Ahmadi. Star Sholeh. Al-Qur’an Hadits untuk Mts semester gasal kelas IX. 35.
2.2.4 Menjelaskan arti Hadits Riwayat Bukhari Muslim
arti Hadits Riwayat Bukhari Muslim
Guru membuat potongan kertas sejumlah siswa/siswi
Guru membagi potongan-potongan kertas tersebut menjadi dua bagian yang sama, satu bagian dituliskan pertanyaan tentang materi Arti hadits Riwayat Bukhari-Muslim pada setiap kertas satu pertanyaan
Guru menulis jawaban dari pertanyaan yang telah dibuat pada satu bagian kertas yang lain
Guru mengocok semua kertas, hingga akan tercampur antara soal dan jawaban.
Guru memberi setiap siswa/siswi satu kertas, kemudian guru menjelaskan bahwa ini adalah aktivitas yang dilakukan berpasangan, separuha siswa akan mendapatkan pertanyaan, dan separuh siswa yang lain akan mendapatkan jawaban
Guru meminta siswa/siswi menemukan pasangan mereka, jika sudah ketemu minta siswa unutk duduk berdekatan
Kemudian guru meminta setiap pasangan secara bergantian untuk membaca soal dan jawaban dengan keras pada teman-teman yang lain.
Guru mengakhiri dengan membuAt klarifikasi dan kesimpulan
اِنَّ اللهُ لاَ يَقْبِضُ الْعِلْمَ انتِرَاعًا يَنْتَزِعُهُ مِنَ العِبَادِ وَلَكِنْ يَقْبِضُ الْعِلْمَ بِقَبْضِ الْعُلَماَءِ حَتَى اِذَا لَمْ يَبْقَ عاَلِماً اتَّخَذُ النّاَسُ رَؤَسَاءَ جُهَّالاً فَسَئِلُوْا فَفْتَوْا بِغَيْرِ عِلْمٍ فَضَلُوْا وَ اَضَلُوْا
Tes tulis: Pilihan ganda atau Uraian Obyektif
Hand out materi. Ahmadi. Star Sholeh. Al-Qur’an Hadits untuk Mts semester gasal kelas IX. 39. Kertas, Ballpoint.
2.2.5 Menjelaskan arti Hadits Riwayat At-Tirmidzi
arti Hadits Riwayat At-Tirmidzi
Guru membagikan hand out materi tentang arti Hadits Riwayat At-Tirmidzi tentang menuntut ilmu
Guru memberi tanda pada kata-kata yang ingin dicari mufradatnya.
Guru menunjuk salah satu siswa/siswi untuk membaca dengan suara keras, ketika bacaan sedang berlangsung, guru menghentikan pada beberapa kata yang akan dicari mufradatnya, kemudian guru memberi kesempatan kepada siswa/siswi untuk berdiskusi
Guru bertanya jawab dengan siswa/siswi tentang apa arti Hadits Riwayat At-Tirmidzi
عَنْ اَنَسٍ بْنِ ماَلِكٍ قَال رسول الله صلى الله عليه وسلم: مَنْ خَرَجَ فىِ طَلَبِ الْعِلْمِ كَانَ فىِ سَبِلِ اللهِ حَتَّى يَرْجِعَ

Tes tulis: Pilihan ganda atau Uraian Obyektif
Hand out materi. Bambang Murtedjo. Asy’arie. Pendidikan Agama Islam untuk SMP kelas IX (Semarang: Aneka Ilmu, 2011). 11.


















_____________________________________________.

         Guru Mapel _________________________________



         ______________________________________________


Tidak ada komentar:

Posting Komentar