Rabu, 28 Oktober 2015

smt 5 pengembangan silabus Silabus 2006 ria


Lembar Kerja
MATA  KULIAH  PENYUSUNAN SILABUS KURIKULUM 2006
BERDASARKAN PERMENDIKAS NO, 22 TH. 2006 TENTANG STANDAR ISI
DAN NO, 41 TH, 2007 TENTANG STANDAR PROSES

NAMA MAHASISWA
QURRIYATUL MUNAWWAROH
NIM
210311149
SEMESTER
V (LIMA)
KELAS
Tb. E
DOSEN PENGAMPU
Dr. Basuki, M.Ag




Langkah-Langkah Pengembangan Silabus

Sebelum mengembangkan silabus setiap Mata Pelajaran, KKG/MGMP  harus mengkaji dan mengidentifikasi terlebih dahulu SK dan KD sebagaimana telah ditetapkan dalam Permendiknas No. 22 tahun 2006
Langkah Pertama
Mengisi identitas mata pelajaran pada kolom Lembar Kerja-1
Langkah Kedua
Menulis SK dan KD pada kolom Lembar Kerja-1.  SK ditulis dengan memberi nomor satu digit dan KD ditulis dengan memberi nomor dua digit sesuai dengan nomor yang telah ditetapkan dalam Permendiknas no. 22 tahun 2006  
Langkah
Ketiga
Mengembangkan KD menjadi sejumlah Indikator, dengan beberapa tahapan sebagai berikut: 

1.       Melakukan analisis KD yang akan dikembangkan menjadi sejumlah indikator. Analisis KD bisa mencakup salah satu dari tiga aspek , atau dua aspek, yaitu aspek kognitif,  afektif dan psikomotorik.  Untuk mempermudah melakukan analisis KD, gunakan Lembar Kerja – 2
2.       Memilih KKO (Kata Kerja Operasional) yang sesuai dengan masing-masing aspek untuk merumuskan Indikator sementara, Untuk mempermudah merumuskan indikator sementara,  gunakan Lembar Kerja – 3
3.       Mengurutkan semua indikator yang ditulis pada Lembar Kerja - 3 berdasarkan logika dan tingkat kompleksitas masing-masing indikator dengan memberikan nomor tiga digit pada kolom Lembar Kerja  – 4
4.       Semua rumusan indikator pada Lembar Kerja - 4 yang telah diberi nomor tiga digit, disalin dan dicopy ke dalam kolom lembar kerja – 1
Langkah Keempat
1.       Mengidentifikasi materi yang akan dipelajari untuk setiap indikator. Materi  tersebut meliputi materi pokok bahasan dan sub pokok bahasan. Untuk mengidentifikasi materi, gunakan Lembar Kerja – 5
2.       Semua Pokok bahasan dan sub pokok bahasan yang telah diidentifikasi pada Lembar Kerja – 5, disalin dan dicopy ke dalam kolom Lembar Kerja - 1 

Langkah Kelima
Langkah-langkah mengembangkan Kegiatan Pembelajaran Aktif
1.       Menentukan strategi active learning yang sesuai dengan indikator dan karakteristik materi yang akan dipelajari
2.       Menentukan sumber/bahan/alat yang akan digunakan atau dimanfaatkan selama kegiatan pembelajaran
3.       Mendeskripsikan langkah-langkah kegiatan pembelajaran aktif . Deskripsi kegiatan pembelajaran dikaitkan dengan materi yang akan dipelajari dan sumber/bahan/alat yang akan digunakan. Untuk mempermudah mendeskripsikan kegiatan pembejalaran aktif gunakan Lembar Kerja - 6
4.       Deskripsi kegiatan pembelajaran yang telah dirumuskan pada Lembar Kerja-  6 , disalin dan dicopy ke dalam kolom Lembar Kerja -1 
Langkah Keenam
Menentukan bentuk dan jenis penilaian yang akan digunakan untuk mengukur ketercapaian masing-masing indikator dengan menggunakan Lembar Kerja - 7.  Bentuk dan jenis penilaian yang telah ditentukan ditulis langsung  pada kolom penilaian yang ada Lembar Kerja -1 
Langkah Ketujuh 
Menentukan alokasi waktu yang akan dibutuhkan untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran per KD. Alokasi waktu yang telah ditentukan ditulis langsung  pada kolom penilaian yang ada Lembar Kerja -1  (Gunakan Lembar Kerja 8)
Langkah Kedelapan
Sumber/bahan/alat yang telah ditentukan pada Lembar Kerja – 6, disalin dan dicopy ke dalam dalam Lembar Kerja -1  (Gunakan Lembar Kerja 9)


LEMBAR KERJA -1
Þ            Isilah identitas mata pelajaran dan tulislah SK dan KD pada kolom Lembar Kerja-1.  SK ditulis dengan memberi nomor satu digit dan KD ditulis dengan memberi nomor dua digit sesuai dengan nomor yang telah ditetapkan dalam Permendiknas no. 22 tahun 2006  

Nama Sekolah
SMP
Kelas/Semester   : IX/I
Mata Pelajaran
Pendidikan Agama Islam (Al-Qur’an Hadits)
Alokasi Waktu     : __________________________________

Standar Kompetensi               memahami ajaran al-hadits tentang menuntut ilmu

Kompetensi
Dasar
Indikator
Materi
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
2.1 Membaca hadits tentang menuntut ilmu


































_____________________________________________.

         Guru Mapel _________________________________



         ______________________________________________


LEMBAR KERJA -2
Þ      Kembangkan satu KD yang anda  tulis, menjadi beberapa Indikator dengan beberapa lembar kerja  LK-2, LK-3 dan LK-4
Þ      Lakukan analisis tehdap KD yang anda tulis. Analisis KD bisa mencakup salah satu dari tiga aspek , atau dua aspek, yaitu aspek kognitif,  afektif dan psikomotorik.  Untuk mempermudah melakukan analisis KD, gunakan Lembar Kerja – 2

Kompetensi Dasar
Pengetahuan apa sajakah yang harus diketahui siswa ?
Ketrampilan apa sajakah yang harus dapat ditunjukkan siswa ? (produk)
Apa yang harus bisa diperagakan siswa ? (kinerja)
Sikap apa/perilaku apa sajakah yang harus dimiliki siswa ?
Pengetahuan
Ketrampilan
Sikap
2.1 membaca hadits tentang menuntut ilmu


Membaca Hadits Riwayat Ibnu Abdil Bar



Membaca Hadits Riwayat Muslim



Membaca Hadits Riwayat Abu Daud dan Tirmidzi



Membaca Hadits Riwayat Bukhari-Muslim



Membaca Hadits Riwayat At-Tirmidzi






















NB : Tidak semua kompetensi memuat jawaban untuk semua aspek.  Hal ini turut ditentukan oleh jenis kompetensi dasarnya. Jika kompetensi dasar bersifat kognitif, sudah pasti rincian tandanya pun cenderung kognitif.


LEMBAR KERJA -3
Þ       Pilihlah KKO (Kata Kerja Operasional) yang sesuai dengan masing-masing aspek untuk merumuskan Indikator sementara, Untuk mempermudah merumuskan indikator sementara,  gunakan Lembar Kerja – 3

Kata Kerja Operasional
Aspek pengetahuan atau ketrampilan atau sikap yang harus dimiliki oleh siswa
membaca
Hadits Riwayat Ibnu Abdil Bar
membaca
Hadits Riwayat Muslim
membaca
Hadits Riwayat Abu Daud dan Tirmidzi
membaca
Hadits Riwayat Bukhari-Muslim
membaca
Hadits Riwayat At-Tirmidzi













LEMBAR KERJA -4
Þ      Urutkan semua indikator yang ditulis pada Lembar Kerja - 3 berdasarkan logika dan tingkat kompleksitas masing-masing dengan memberikan nomor tiga digit pada kolom Lembar Kerja  – 4

Rumusan Indikator Sementara
Urutan Nomor Indikator
Membaca Hadits Riwayat Ibnu Abdil Bar
2.1.1
Membaca Hadits Riwayat Muslim
2.1.2
Membaca Hadits Riwayat Abu Daud dan Tirmidzi
2.1.3
Membaca Hadits Riwayat Abu Daud dan Tirmidzi
2.1.4
Membaca Hadits Riwayat At-Tirmidzi
2.1.5











Semua rumusan indikator pada Lembar Kerja - 4 yang telah diberi nomor tiga digit, disalin dan dicopy ke dalam kolom lembar kerja – 1


LEMBAR KERJA -1
Þ            Isilah identitas mata pelajaran dan tulislah SK dan KD pada kolom Lembar Kerja-1.  SK ditulis dengan memberi nomor satu digit dan KD ditulis dengan memberi nomor dua digit sesuai dengan nomor yang telah ditetapkan dalam Permendiknas no. 22 tahun 2006  

Nama Sekolah
SMP
Kelas/Semester   : IX/I
Mata Pelajaran
Pendidikan Agama Islam (Al-Qur’an Hadits)
Alokasi Waktu     : __________________________________

Standar Kompetensi               memahami ajaran al-hadits tentang menuntut ilmu

Kompetensi
Dasar
Indikator
Materi
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
2.1 Membaca hadits tentang menuntut ilmu
2.1.1 Membaca Hadits Riwayat Ibnu Abdil Bar





2.1.2  Membaca Hadits Riwayat Muslim


2.1.3 Membaca Hadits Riwayat Abu Daud dan Tirmidzi


2.1.4 Membaca Hadits Riwayat Bukhari-Muslim


2.1.5 Membaca Hadits Riwayat At-Tirmidzi


















_____________________________________________.

         Guru Mapel _________________________________



                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                ______________________________________________


LEMBAR KERJA -5
Þ      Melakukan Identifikasi materi untuk setiap indikator yang meliputi materi pokok bahasan dan sub pokok bahasan.
Untuk mengidentifikasi materi, gunakan Lembar Kerja – 5

Nomor Indikator
Pokok Bahasan
Sub Pokok Bahasan
2.1.1
Hadits Riwayat Ibnu Abdil Bar

2.1.2
Hadits Riwayat Muslim

2.1.3
Hadits Riwayat Abu Daud dan Tirmidzi

2.1.4
Hadits Riwayat Bukhari-Muslim

2.1.5
Hadits Riwayat At-Tirmidzi

















Semua Pokok bahasan dan sub pokok bahasan yang telah diidentifikasi pada Lembar Kerja – 5, disalin dan dicopy ke dalam kolom Lembar Kerja - 1 


LEMBAR KERJA -1
Þ            Isilah identitas mata pelajaran dan tulislah SK dan KD pada kolom Lembar Kerja-1.  SK ditulis dengan memberi nomor satu digit dan KD ditulis dengan memberi nomor dua digit sesuai dengan nomor yang telah ditetapkan dalam Permendiknas no. 22 tahun 2006  

Nama Sekolah
SMP
Kelas/Semester   : IX/I
Mata Pelajaran
Pendidikan Agama Islam (Al-Qur’an Hadits)
Alokasi Waktu     : __________________________________
Standar Kompetensi               memahami ajaran al-hadits tentang menuntut ilmu

Kompetensi
Dasar
Indikator
Materi
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
2.1 Membaca hadits tentang menuntut ilmu
2.1.1 Membaca Hadits Riwayat Ibnu Abdil Bar
Hadits Riwayat Ibnu Abdil Bar




2.1.2  Membaca Hadits Riwayat Muslim
Hadits Riwayat Muslim

2.1.3 Membaca Hadits Riwayat Abu Daud dan Tirmidzi
Hadits Riwayat Abu Daud dan Tirmidzi

2.1.4 Membaca Hadits Riwayat Bukhari-Muslim
Hadits Riwayat Bukhari-Muslim

2.1.5 Membaca Hadits Riwayat At-Tirmidzi
Hadits Riwayat At-Tirmidzi

















_____________________________________________.

         Guru Mapel _________________________________



                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                ______________________________________________

LEMBAR KERJA -6.1
Þ      Mendeskripsikan langkah-langkah kegiatan pembelajaran berbasis active learning. Deskripsi kegiatan pembelajaran dikaitkan dengan materi yang akan dipelajari dan sumber/bahan/alat yang akan digunakan. Untuk mempermudah mendeskripsikan kegiatan pembejalaran aktif gunakan Lembar Kerja – 6

Nomor Indikator
2.1.1 Membaca Hadits Riwayat Ibnu Abdil Bar




Pokok Bahasan/Sub Pokok Bahasan
Hadits Riwayat Ibnu Abdil Bar
Nama Strategi yang akan digunakan
Reading aload + Drill
Sumber/Bahan/Alat yang dimanfaatkan
Hand out materi Hadits Riwayat Ibnu Abdil Bar
Deskripsi Kegiatan Pembelajaran Berbasis Active Learning
Guru membagikan hand out materi Hadits Riwayat Ibnu Abdil Bar kepada siswa-siswi
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran, yaitu siswa-siswi mampu membaca Hadits Riwayat Ibnu Abdil Bar
Guru meminta siswa-siswi untuk membaca Hadits Riwayat Ibnu Abdil Bar secara bersama-sama
Guru meminta siswa-siswi untuk membaca Hadits Riwayat Ibnu Abdil Bar secara berulang-ulang dengan berpasangan dan saling menyimak
Guru menunjuk beberapa siswa untuk membaca Hadits Riwayat Ibnu Abdil Bar dengan keras

قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: أَطْلُبُواالْعِلْمَ وَلَوْ بِالصِّيْنِ فَإِنَّ طَلَبَ الْعِلْمِ فَرِيْضَةٌ عَلىَ كُلِّ مُسْلِمٍ إِنَّ الْمَلَائِكَةَ تَضَعُ اَجْتِحَتَهَا لِطَالِبِ الْعِلْمِ رِضًا بِمَا يَطْلُبُ












A


Þ      Deskripsi kegiatan pembelajaran yang telah dirumuskan pada Lembar Kerja-  6 , disalin dan dicopy ke dalam kolom Lembar Kerja -1 


LEMBAR KERJA -6.2
Þ      Mendeskripsikan langkah-langkah kegiatan pembelajaran berbasis active learning. Deskripsi kegiatan pembelajaran dikaitkan dengan materi yang akan dipelajari dan sumber/bahan/alat yang akan digunakan. Untuk mempermudah mendeskripsikan kegiatan pembejalaran aktif gunakan Lembar Kerja – 6

Nomor Indikator
2.1.2 Membaca Hadits Riwayat Muslim




Pokok Bahasan/Sub Pokok Bahasan
Hadits Riwayat Muslim
Nama Strategi yang akan digunakan
Reading aload + Drill
Sumber/Bahan/Alat yang dimanfaatkan
Hand out materi Hadits Riwayat Muslim
Deskripsi Kegiatan Pembelajaran Berbasis Active Learning
Guru membagikan hand out materi Hadits Riwayat Muslim kepada siswa-siswi
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran, yaitu siswa-siswi mampu membaca Hadits Riwayat Muslim
Guru meminta siswa-siswi untuk membaca Hadits Riwayat Muslim secara bersama-sama
Guru meminta siswa-siswi untuk membaca Hadits Riwayat Muslim secara berulang-ulang dengan berpasangan dan saling menyimak
Guru menunjuk beberapa siswa untuk membaca Hadits Riwayat Muslim dengan keras
مَنْ سَلَكَ طَرِيْقًا يَلْتَمِسُ فِيْهِ عِلْمًا سَهَّلَ اللهُ بِهِ طَرِيْقًا اِلَى الْجَنَّةِ













A


Þ      Deskripsi kegiatan pembelajaran yang telah dirumuskan pada Lembar Kerja-  6 , disalin dan dicopy ke dalam kolom Lembar Kerja -1 


LEMBAR KERJA -6.3
Þ      Mendeskripsikan langkah-langkah kegiatan pembelajaran berbasis active learning. Deskripsi kegiatan pembelajaran dikaitkan dengan materi yang akan dipelajari dan sumber/bahan/alat yang akan digunakan. Untuk mempermudah mendeskripsikan kegiatan pembejalaran aktif gunakan Lembar Kerja – 6

Nomor Indikator
2.1.3 Membaca Hadits Riwayat Abu Daud dan Tirmidzi




Pokok Bahasan/Sub Pokok Bahasan
Hadits Riwayat Abu Daud dan Tirmidzi
Nama Strategi yang akan digunakan
Reading aload + Drill
Sumber/Bahan/Alat yang dimanfaatkan
Hand out Hadits Riwayat Abu Daud dan Tirmidzi
Deskripsi Kegiatan Pembelajaran Berbasis Active Learning
Guru membagikan hand out materi Hadits Riwayat Abu Daud dan Tirmidzi kepada siswa-siswi
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran, yaitu siswa-siswi mampu membaca Hadits Riwayat Abu Daud dan Tirmidzi
Guru meminta siswa-siswi untuk membaca Hadits Riwayat Abu Daud dan Tirmidzi secara bersama-sama
Guru meminta siswa-siswi untuk membaca Hadits Riwayat Abu Daud dan Tirmidzi secara berulang-ulang dengan berpasangan dan saling menyimak
Guru menunjuk beberapa siswa untuk membaca Hadits Riwayat Abu Daud dan Tirmidzi  dengan keras
مَنْ سَلَكَ طَرِيْقًا يَبْتَغِى فِيْهِ عِلْمًا سَهَّلَ اللهُ لَهُ طَرِيْقًا اِلَى الْجَنَّةِ اِنَّ الْمَلَائِكَةِ تَضَعُ اَجْتِحَتَهَا لِطَالِبِ الْعِلْمِ رِضًا بِمَا يَصْنَعُ














A


Þ      Deskripsi kegiatan pembelajaran yang telah dirumuskan pada Lembar Kerja-  6 , disalin dan dicopy ke dalam kolom Lembar Kerja -1 
LEMBAR KERJA -6.4
Þ      Mendeskripsikan langkah-langkah kegiatan pembelajaran berbasis active learning. Deskripsi kegiatan pembelajaran dikaitkan dengan materi yang akan dipelajari dan sumber/bahan/alat yang akan digunakan. Untuk mempermudah mendeskripsikan kegiatan pembejalaran aktif gunakan Lembar Kerja – 6

Nomor Indikator
2.1.4 Membaca Hadits Riwayat Bukhari-Muslim




Pokok Bahasan/Sub Pokok Bahasan
Hadits Riwayat Bukhari-Muslim
Nama Strategi yang akan digunakan
Reading aload + Drill
Sumber/Bahan/Alat yang dimanfaatkan
Hand out Hadits Riwayat Bukhari-Muslim
Deskripsi Kegiatan Pembelajaran Berbasis Active Learning
Guru membagikan hand out materi Hadits Riwayat Bukhari-Muslim kepada siswa-siswi
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran, yaitu siswa-siswi mampu membaca Hadits Riwayat Bukhari-Muslim
Guru meminta siswa-siswi untuk membaca Hadits Riwayat Bukhari-Muslim secara bersama-sama
Guru meminta siswa-siswi untuk membaca Hadits Riwayat Bukhari-Muslim  secara berulang-ulang dengan berpasangan dan saling menyimak
Guru menunjuk beberapa siswa untuk membaca Hadits Riwayat Bukhari-Muslim  dengan keras
اِنَّ اللهُ لاَ يَقْبِضُ الْعِلْمَ انتِرَاعًا يَنْتَزِعُهُ مِنَ العِبَادِ وَلَكِنْ يَقْبِضُ الْعِلْمَ بِقَبْضِ الْعُلَماَءِ حَتَى اِذَا لَمْ يَبْقَ عاَلِماً اتَّخَذُ النّاَسُ رَؤَسَاءَ جُهَّالاً فَسَئِلُوْا فَفْتَوْا بِغَيْرِ عِلْمٍ فَضَلُوْا وَ اَضَلُوْا














A


Þ      Deskripsi kegiatan pembelajaran yang telah dirumuskan pada Lembar Kerja-  6 , disalin dan dicopy ke dalam kolom Lembar Kerja -1 
LEMBAR KERJA -6.5
Þ      Mendeskripsikan langkah-langkah kegiatan pembelajaran berbasis active learning. Deskripsi kegiatan pembelajaran dikaitkan dengan materi yang akan dipelajari dan sumber/bahan/alat yang akan digunakan. Untuk mempermudah mendeskripsikan kegiatan pembejalaran aktif gunakan Lembar Kerja – 6

Nomor Indikator
2.1.5 Membaca Hadits Riwayat At-Tirmidzi




Pokok Bahasan/Sub Pokok Bahasan
Hadits Riwayat At-Tirmidzi
Nama Strategi yang akan digunakan
Reading aload + Drill
Sumber/Bahan/Alat yang dimanfaatkan
Hand out Hadits Riwayat At-Tirmidzi
Deskripsi Kegiatan Pembelajaran Berbasis Active Learning
Guru membagikan hand out materi Hadits Riwayat At-Tirmidzi kepada siswa-siswi
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran, yaitu siswa-siswi mampu membaca Hadits At-Tirmidzi
Guru meminta siswa-siswi untuk membaca Hadits Riwayat At-Tirmidzi secara bersama-sama
Guru meminta siswa-siswi untuk membaca Hadits Riwayat At-Tirmidzi secara berulang-ulang dengan berpasangan dan saling menyimak
Guru menunjuk beberapa siswa untuk membaca Hadits Riwayat At-Tirmidzi  dengan keras
عَنْ اَنَسٍ بْنِ ماَلِكٍ قَال رسول الله صلى الله عليه وسلم: مَنْ خَرَجَ فىِ طَلَبِ الْعِلْمِ كَانَ فىِ سَبِلِ اللهِ حَتَّى يَرْجِعَ














A


Þ      Deskripsi kegiatan pembelajaran yang telah dirumuskan pada Lembar Kerja-  6 , disalin dan dicopy ke dalam kolom Lembar Kerja -1 
LEMBAR KERJA -1
Þ            Isilah identitas mata pelajaran dan tulislah SK dan KD pada kolom Lembar Kerja-1.  SK ditulis dengan memberi nomor satu digit dan KD ditulis dengan memberi nomor dua digit sesuai dengan nomor yang telah ditetapkan dalam Permendiknas no. 22 tahun 2006  

Nama Sekolah
SMP
Kelas/Semester   : IX/I
Mata Pelajaran
Pendidikan Agama Islam (Al-Qur’an Hadits)
Alokasi Waktu     : __________________________________
Standar Kompetensi               memahami ajaran al-hadits tentang menuntut ilmu

Kompetensi
Dasar
Indikator
Materi
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
2.1 Membaca hadits tentang menuntut ilmu
2.1.1 Membaca Hadits Riwayat Ibnu Abdil Bar
Hadits Riwayat Ibnu Abdil Bar
Guru membagikan hand out materi Hadits Riwayat Ibnu Abdil Bar kepada siswa-siswi
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran, yaitu siswa-siswi mampu membaca Hadits Riwayat Ibnu Abdil Bar
Guru meminta siswa-siswi untuk membaca Hadits Riwayat Ibnu Abdil Bar secara bersama-sama
Guru meminta siswa-siswi untuk membaca Hadits Riwayat Ibnu Abdil Bar secara berulang-ulang dengan berpasangan dan saling menyimak
Guru menunjuk beberapa siswa untuk membaca Hadits Riwayat Ibnu Abdil Bar dengan keras

قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: أَطْلُبُواالْعِلْمَ وَلَوْ بِالصِّيْنِ فَإِنَّ طَلَبَ الْعِلْمِ فَرِيْضَةٌ عَلىَ كُلِّ مُسْلِمٍ إِنَّ الْمَلَائِكَةَ تَضَعُ اَجْتِحَتَهَا لِطَالِبِ الْعِلْمِ رِضًا بِمَا يَطْلُبُ




2.1.2  Membaca Hadits Riwayat Muslim
Hadits Riwayat Muslim
Guru membagikan hand out materi Hadits Riwayat Muslim kepada siswa-siswi
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran, yaitu siswa-siswi mampu membaca Hadits Riwayat Muslim
Guru meminta siswa-siswi untuk membaca Hadits Riwayat Muslim secara bersama-sama
Guru meminta siswa-siswi untuk membaca Hadits Riwayat Muslim secara berulang-ulang dengan berpasangan dan saling menyimak
Guru menunjuk beberapa siswa untuk membaca Hadits Riwayat Muslim dengan keras
مَنْ سَلَكَ طَرِيْقًا يَلْتَمِسُ فِيْهِ عِلْمًا سَهَّلَ اللهُ بِهِ طَرِيْقًا اِلَى الْجَنَّةِ

2.1.3 Membaca Hadits Riwayat Abu Daud dan Tirmidzi
Hadits Riwayat Abu Daud dan Tirmidzi
Guru membagikan hand out materi Hadits Riwayat Abu Daud dan Tirmidzi kepada siswa-siswi
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran, yaitu siswa-siswi mampu membaca Hadits Riwayat Abu Daud dan Tirmidzi
Guru meminta siswa-siswi untuk membaca Hadits Riwayat Abu Daud dan Tirmidzi secara bersama-sama
Guru meminta siswa-siswi untuk membaca Hadits Riwayat Abu Daud dan Tirmidzi secara berulang-ulang dengan berpasangan dan saling menyimak
Guru menunjuk beberapa siswa untuk membaca Hadits Riwayat Abu Daud dan Tirmidzi  dengan keras
مَنْ سَلَكَ طَرِيْقًا يَبْتَغِى فِيْهِ عِلْمًا سَهَّلَ اللهُ لَهُ طَرِيْقًا اِلَى الْجَنَّةِ اِنَّ الْمَلَائِكَةِ تَضَعُ اَجْتِحَتَهَا لِطَالِبِ الْعِلْمِ رِضًا بِمَا يَصْنَعُ

2.1.4 Membaca Hadits Riwayat Bukhari-Muslim
Hadits Riwayat Bukhari-Muslim
Guru membagikan hand out materi Hadits Riwayat Bukhari-Muslim kepada siswa-siswi
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran, yaitu siswa-siswi mampu membaca Hadits Riwayat Bukhari-Muslim
Guru meminta siswa-siswi untuk membaca Hadits Riwayat Bukhari-Muslim secara bersama-sama
Guru meminta siswa-siswi untuk membaca Hadits Riwayat Bukhari-Muslim  secara berulang-ulang dengan berpasangan dan saling menyimak
Guru menunjuk beberapa siswa untuk membaca Hadits Riwayat Bukhari-Muslim  dengan keras
اِنَّ اللهُ لاَ يَقْبِضُ الْعِلْمَ انتِرَاعًا يَنْتَزِعُهُ مِنَ العِبَادِ وَلَكِنْ يَقْبِضُ الْعِلْمَ بِقَبْضِ الْعُلَماَءِ حَتَى اِذَا لَمْ يَبْقَ عاَلِماً اتَّخَذُ النّاَسُ رَؤَسَاءَ جُهَّالاً فَسَئِلُوْا فَفْتَوْا بِغَيْرِ عِلْمٍ فَضَلُوْا وَ اَضَلُوْا

2.1.5 Membaca Hadits Riwayat At-Tirmidzi
Hadits Riwayat At-Tirmidzi
Guru membagikan hand out materi Hadits Riwayat At-Tirmidzi kepada siswa-siswi
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran, yaitu siswa-siswi mampu membaca Hadits At-Tirmidzi
Guru meminta siswa-siswi untuk membaca Hadits Riwayat At-Tirmidzi secara bersama-sama
Guru meminta siswa-siswi untuk membaca Hadits Riwayat At-Tirmidzi secara berulang-ulang dengan berpasangan dan saling menyimak
Guru menunjuk beberapa siswa untuk membaca Hadits Riwayat At-Tirmidzi  dengan keras
عَنْ اَنَسٍ بْنِ ماَلِكٍ قَال رسول الله صلى الله عليه وسلم: مَنْ خَرَجَ فىِ طَلَبِ الْعِلْمِ كَانَ فىِ سَبِلِ اللهِ حَتَّى يَرْجِعَ



















_____________________________________________.

         Guru Mapel _________________________________



                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                ______________________________________________



LEMBAR KERJA -7
Þ      Tentukan bentuk dan jenis penilaian yang akan digunakan untuk mengukur ketercapaian masing-masing indikator. Untuk mempermudah menentukan bentuk dan jenis penilaian gunakan Lembar Kerja -7 
Þ      Bentuk dan jenis penilaian yang ditetapkan pada Lembar Kerja -7, disalin dan dicopy pada kolom lembar kerja -1  
                                          
Nomor
Indikator
Aspek Kemampuan yang akan diukur
Bentuk dan Jenis Penilaian
2.1.1
Membaca Hadits Riwayat Ibnu Abdil Bar
Psikomotorik
Tes Perbuatan Kinerja
2.1.2
Membaca Hadits Riwayat Muslim
Psikomotorik
Tes Perbuatan Kinerja
2.1.3
Membaca Hadits Riwayat Abu Daud dan Tirmidzi
Psikomotorik
Tes Perbuatan Kinerja
2.1.4
Membaca Hadits Riwayat Abu Daud dan Tirmidzi
Psikomotorik
Tes Perbuatan Kinerja
2.1.5
Membaca Hadits Riwayat At-Tirmidzi
Psikomotorik
Tes Perbuatan Kinerja




















LEMBAR KERJA -8
Þ      Menentukan alokasi waktu yang akan dibutuhkan untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran per KD. Alokasi waktu yang telah ditentukan ditulis langsung  pada kolom penilaian yang ada Lembar Kerja -1 
LEMBAR KERJA -9
Þ      Sumber/bahan/alat yang telah ditentukan pada Lembar Kerja – 6, disalin dan dicopy ke dalam dalam Lembar Kerja -1 

LEMBAR KERJA -1
Þ            Isilah identitas mata pelajaran dan tulislah SK dan KD pada kolom Lembar Kerja-1.  SK ditulis dengan memberi nomor satu digit dan KD ditulis dengan memberi nomor dua digit sesuai dengan nomor yang telah ditetapkan dalam Permendiknas no. 22 tahun 2006  

Nama Sekolah
SMP
Kelas/Semester   : IX/I
Mata Pelajaran
Pendidikan Agama Islam (Al-Qur’an Hadits)
Alokasi Waktu     : __________________________________
                                                                                                                                   
Standar Kompetensi               memahami ajaran al-hadits tentang menuntut ilmu

Kompetensi
Dasar
Indikator
Materi
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
2.1 Membaca hadits tentang menuntut ilmu
2.1.1 Membaca Hadits Riwayat Ibnu Abdil Bar
Hadits Riwayat Ibnu Abdil Bar
Guru membagikan hand out materi Hadits Riwayat Ibnu Abdil Bar kepada siswa-siswi
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran, yaitu siswa-siswi mampu membaca Hadits Riwayat Ibnu Abdil Bar
Guru meminta siswa-siswi untuk membaca Hadits Riwayat Ibnu Abdil Bar secara bersama-sama
Guru meminta siswa-siswi untuk membaca Hadits Riwayat Ibnu Abdil Bar secara berulang-ulang dengan berpasangan dan saling menyimak
Guru menunjuk beberapa siswa untuk membaca Hadits Riwayat Ibnu Abdil Bar dengan keras

قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: أَطْلُبُواالْعِلْمَ وَلَوْ بِالصِّيْنِ فَإِنَّ طَلَبَ الْعِلْمِ فَرِيْضَةٌ عَلىَ كُلِّ مُسْلِمٍ إِنَّ الْمَلَائِكَةَ تَضَعُ اَجْتِحَتَهَا لِطَالِبِ الْعِلْمِ رِضًا بِمَا يَطْلُبُ

Tes perbuatan kinerja


2.1.2  Membaca Hadits Riwayat Muslim
Hadits Riwayat Muslim
Guru membagikan hand out materi Hadits Riwayat Muslim kepada siswa-siswi
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran, yaitu siswa-siswi mampu membaca Hadits Riwayat Muslim
Guru meminta siswa-siswi untuk membaca Hadits Riwayat Muslim secara bersama-sama
Guru meminta siswa-siswi untuk membaca Hadits Riwayat Muslim secara berulang-ulang dengan berpasangan dan saling menyimak
Guru menunjuk beberapa siswa untuk membaca Hadits Riwayat Muslim dengan keras
مَنْ سَلَكَ طَرِيْقًا يَلْتَمِسُ فِيْهِ عِلْمًا سَهَّلَ اللهُ بِهِ طَرِيْقًا اِلَى الْجَنَّةِ
Tes perbuatan kinerja
2.1.3 Membaca Hadits Riwayat Abu Daud dan Tirmidzi
Hadits Riwayat Abu Daud dan Tirmidzi
Guru membagikan hand out materi Hadits Riwayat Abu Daud dan Tirmidzi kepada siswa-siswi
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran, yaitu siswa-siswi mampu membaca Hadits Riwayat Abu Daud dan Tirmidzi
Guru meminta siswa-siswi untuk membaca Hadits Riwayat Abu Daud dan Tirmidzi secara bersama-sama
Guru meminta siswa-siswi untuk membaca Hadits Riwayat Abu Daud dan Tirmidzi secara berulang-ulang dengan berpasangan dan saling menyimak
Guru menunjuk beberapa siswa untuk membaca Hadits Riwayat Abu Daud dan Tirmidzi  dengan keras
مَنْ سَلَكَ طَرِيْقًا يَبْتَغِى فِيْهِ عِلْمًا سَهَّلَ اللهُ لَهُ طَرِيْقًا اِلَى الْجَنَّةِ اِنَّ الْمَلَائِكَةِ تَضَعُ اَجْتِحَتَهَا لِطَالِبِ الْعِلْمِ رِضًا بِمَا يَصْنَعُ
Tes perbuatan kinerja
2.1.4 Membaca Hadits Riwayat Bukhari-Muslim
Hadits Riwayat Bukhari-Muslim
Guru membagikan hand out materi Hadits Riwayat Bukhari-Muslim kepada siswa-siswi
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran, yaitu siswa-siswi mampu membaca Hadits Riwayat Bukhari-Muslim
Guru meminta siswa-siswi untuk membaca Hadits Riwayat Bukhari-Muslim secara bersama-sama
Guru meminta siswa-siswi untuk membaca Hadits Riwayat Bukhari-Muslim  secara berulang-ulang dengan berpasangan dan saling menyimak
Guru menunjuk beberapa siswa untuk membaca Hadits Riwayat Bukhari-Muslim  dengan keras
اِنَّ اللهُ لاَ يَقْبِضُ الْعِلْمَ انتِرَاعًا يَنْتَزِعُهُ مِنَ العِبَادِ وَلَكِنْ يَقْبِضُ الْعِلْمَ بِقَبْضِ الْعُلَماَءِ حَتَى اِذَا لَمْ يَبْقَ عاَلِماً اتَّخَذُ النّاَسُ رَؤَسَاءَ جُهَّالاً فَسَئِلُوْا فَفْتَوْا بِغَيْرِ عِلْمٍ فَضَلُوْا وَ اَضَلُوْا
Tes perbuatan kinerja
2.1.5 Membaca Hadits Riwayat At-Tirmidzi
Hadits Riwayat At-Tirmidzi
Guru membagikan hand out materi Hadits Riwayat At-Tirmidzi kepada siswa-siswi
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran, yaitu siswa-siswi mampu membaca Hadits At-Tirmidzi
Guru meminta siswa-siswi untuk membaca Hadits Riwayat At-Tirmidzi secara bersama-sama
Guru meminta siswa-siswi untuk membaca Hadits Riwayat At-Tirmidzi secara berulang-ulang dengan berpasangan dan saling menyimak
Guru menunjuk beberapa siswa untuk membaca Hadits Riwayat At-Tirmidzi  dengan keras
عَنْ اَنَسٍ بْنِ ماَلِكٍ قَال رسول الله صلى الله عليه وسلم: مَنْ خَرَجَ فىِ طَلَبِ الْعِلْمِ كَانَ فىِ سَبِلِ اللهِ حَتَّى يَرْجِعَ

Tes perbuatan kinerja

















_____________________________________________.

         Guru Mapel _________________________________



                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                ______________________________________________




LEMBAR KERJA -1
Þ            Isilah identitas mata pelajaran dan tulislah SK dan KD pada kolom Lembar Kerja-1.  SK ditulis dengan memberi nomor satu digit dan KD ditulis dengan memberi nomor dua digit sesuai dengan nomor yang telah ditetapkan dalam Permendiknas no. 22 tahun 2006  
                                                                               
Nama Sekolah
SMP
Kelas/Semester   : IX/I
Mata Pelajaran
Pendidikan Agama Islam (Al-Qur’an Hadits
Alokasi Waktu     : __________________________________
Standar Kompetensi              memahami ajaran al-hadits tentang menuntut ilmu

Kompetensi
Dasar
Indikator
Materi
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
2.1 Membaca hadits tentang menuntut ilmu
2.1.1 Membaca Hadits Riwayat Ibnu Abdil Bar
Hadits Riwayat Ibnu Abdil Bar
Guru membagikan hand out materi Hadits Riwayat Ibnu Abdil Bar kepada siswa-siswi
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran, yaitu siswa-siswi mampu membaca Hadits Riwayat Ibnu Abdil Bar
Guru meminta siswa-siswi untuk membaca Hadits Riwayat Ibnu Abdil Bar secara bersama-sama
Guru meminta siswa-siswi untuk membaca Hadits Riwayat Ibnu Abdil Bar secara berulang-ulang dengan berpasangan dan saling menyimak
Guru menunjuk beberapa siswa untuk membaca Hadits Riwayat Ibnu Abdil Bar dengan keras

قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: أَطْلُبُواالْعِلْمَ وَلَوْ بِالصِّيْنِ فَإِنَّ طَلَبَ الْعِلْمِ فَرِيْضَةٌ عَلىَ كُلِّ مُسْلِمٍ إِنَّ الْمَلَائِكَةَ تَضَعُ اَجْتِحَتَهَا لِطَالِبِ الْعِلْمِ رِضًا بِمَا يَطْلُبُ

Tes perbuatan kinerja

Hand out materi. Ahmadi. Star Sholeh. Al-Qur’an Hadits untuk Mts semester gasal kelas IX. 37.
2.1.2  Membaca Hadits Riwayat Muslim
Hadits Riwayat Muslim
Guru membagikan hand out materi Hadits Riwayat Muslim kepada siswa-siswi
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran, yaitu siswa-siswi mampu membaca Hadits Riwayat Muslim
Guru meminta siswa-siswi untuk membaca Hadits Riwayat Muslim secara bersama-sama
Guru meminta siswa-siswi untuk membaca Hadits Riwayat Muslim secara berulang-ulang dengan berpasangan dan saling menyimak
Guru menunjuk beberapa siswa untuk membaca Hadits Riwayat Muslim dengan keras
مَنْ سَلَكَ طَرِيْقًا يَلْتَمِسُ فِيْهِ عِلْمًا سَهَّلَ اللهُ بِهِ طَرِيْقًا اِلَى الْجَنَّةِ
Tes perbuatan kinerja
Hand out materi. Ahmadi. Star Sholeh. Al-Qur’an Hadits untuk Mts semester gasal kelas IX. 40.
2.1.3 Membaca Hadits Riwayat Abu Daud dan Tirmidzi
Hadits Riwayat Abu Daud dan Tirmidzi
Guru membagikan hand out materi Hadits Riwayat Abu Daud dan Tirmidzi kepada siswa-siswi
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran, yaitu siswa-siswi mampu membaca Hadits Riwayat Abu Daud dan Tirmidzi
Guru meminta siswa-siswi untuk membaca Hadits Riwayat Abu Daud dan Tirmidzi secara bersama-sama
Guru meminta siswa-siswi untuk membaca Hadits Riwayat Abu Daud dan Tirmidzi secara berulang-ulang dengan berpasangan dan saling menyimak
Guru menunjuk beberapa siswa untuk membaca Hadits Riwayat Abu Daud dan Tirmidzi  dengan keras
مَنْ سَلَكَ طَرِيْقًا يَبْتَغِى فِيْهِ عِلْمًا سَهَّلَ اللهُ لَهُ طَرِيْقًا اِلَى الْجَنَّةِ اِنَّ الْمَلَائِكَةِ تَضَعُ اَجْتِحَتَهَا لِطَالِبِ الْعِلْمِ رِضًا بِمَا يَصْنَعُ
Tes perbuatan kinerja
Hand out materi. Ahmadi. Star Sholeh. Al-Qur’an Hadits untuk Mts semester gasal kelas IX. 35.
2.1.4 Membaca Hadits Riwayat Bukhari-Muslim
Hadits Riwayat Bukhari-Muslim
Guru membagikan hand out materi Hadits Riwayat Bukhari-Muslim kepada siswa-siswi
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran, yaitu siswa-siswi mampu membaca Hadits Riwayat Bukhari-Muslim
Guru meminta siswa-siswi untuk membaca Hadits Riwayat Bukhari-Muslim secara bersama-sama
Guru meminta siswa-siswi untuk membaca Hadits Riwayat Bukhari-Muslim  secara berulang-ulang dengan berpasangan dan saling menyimak
Guru menunjuk beberapa siswa untuk membaca Hadits Riwayat Bukhari-Muslim  dengan keras
اِنَّ اللهُ لاَ يَقْبِضُ الْعِلْمَ انتِرَاعًا يَنْتَزِعُهُ مِنَ العِبَادِ وَلَكِنْ يَقْبِضُ الْعِلْمَ بِقَبْضِ الْعُلَماَءِ حَتَى اِذَا لَمْ يَبْقَ عاَلِماً اتَّخَذُ النّاَسُ رَؤَسَاءَ جُهَّالاً فَسَئِلُوْا فَفْتَوْا بِغَيْرِ عِلْمٍ فَضَلُوْا وَ اَضَلُوْا
Tes perbuatan kinerja
Hand out materi. Ahmadi. Star Sholeh. Al-Qur’an Hadits untuk Mts semester gasal kelas IX. 39.
2.1.5 Membaca Hadits Riwayat At-Tirmidzi
Hadits Riwayat At-Tirmidzi
Guru membagikan hand out materi Hadits Riwayat At-Tirmidzi kepada siswa-siswi
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran, yaitu siswa-siswi mampu membaca Hadits At-Tirmidzi
Guru meminta siswa-siswi untuk membaca Hadits Riwayat At-Tirmidzi secara bersama-sama
Guru meminta siswa-siswi untuk membaca Hadits Riwayat At-Tirmidzi secara berulang-ulang dengan berpasangan dan saling menyimak
Guru menunjuk beberapa siswa untuk membaca Hadits Riwayat At-Tirmidzi  dengan keras
عَنْ اَنَسٍ بْنِ ماَلِكٍ قَال رسول الله صلى الله عليه وسلم: مَنْ خَرَجَ فىِ طَلَبِ الْعِلْمِ كَانَ فىِ سَبِلِ اللهِ حَتَّى يَرْجِعَ

Tes perbuatan kinerja
Hand out materi. Bambang Murtedjo. Asy’arie. Pendidikan Agama Islam untuk SMP kelas IX (Semarang: Aneka Ilmu, 2011). 11.





















_____________________________________________.

         Guru Mapel _________________________________




                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                ______________________________________________

Tidak ada komentar:

Posting Komentar