LEMBAR KERJA 1
IMPLEMENTASI
KURIKULUM 2013
“PEMBELAJARAN
BERBASIS SCIENTIFIC”
BERSAMA
Dr.
BASUKI, M.Ag
NAMA MAHASISWA : SIANG SURYANINGTYAS
KELAS : TB. E
SEMESTER : V (LIMA)
KEMENTERIAN
AGAMA RI
SEKOLAH
TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI
(STAIN)
PONOROGO
LEMBAR
KERJA
I.
NOMOR :
01
II.
NAMA STRATEGI ACTIVE LEARNING :
POSTER COMENT
III.
LANGKAH-LANGKAH NAMA STRATEGI ACTIVE LEARNING
1.
Bagikan/tempelkan
gambar yang memiliki keterkaitan dengan pokok bahasan di papan tulis.
2.
Mintalaj
siswa/siswi untuk mengamati poster /gambar dan memikirkan pesan yang terkandung
dalam poster secara bergantian
3.
Mintalah siswa/siswi menyampaikan isi pesan yang ada
dalam poster secara bergantian
4.
Kaitkan
komentar siswa/siswi dengan materi yang dibahas
IV.
IMPLEMENTASI LANGKAH-LANGKAH STRATEGI ACTIVE LEARNING DALAM
KEGIATAN PEMBELAJARAN BERBASIS SCIENTTTIFIC
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Materi Pokok : Tayamum
Deskripsi Kegiatan Pembelajaran Berbasis Scientific
|
|
Langkah 1:
|
Mengamati
|
|
Siswa/siswi
melihat gambar tayamum
|
Langkah 2:
|
Menanya
|
|
Siswa/siswi secara indivudu membuat pertanyaan
atas apa yang dilihat:
1.
Apa
yang dilakukan pada gambar 1?
2.
Apa
yang dilakukan pada gambar 2?
3.
Apa
yang dilakukan pada gambar 3?
4.
Apa
yang dilakukan pada gambar 4?
5.
Apa
yang dilakukan pada gambar 5?
6.
Apa
yang dilakukan pada gambar 6?
7.
Apa
yang dilakukan pada gambar 7?
8.
Apa
yang dilakukan pada gambar 8?
|
Langkah 3:
|
Explorasi/eksperimen
|
|
-
Siswa/siswi
dibagi mnjadi 5 kelompok, dengan cara berhitung
-
Masing-masing
kelompok melakukan diskusi yang dipimpin oleh ketua kelompok untuk mencoba
mencari jawaban dari pertanyaan yang telah dibuat
-
Ketua
kelompok mempresentasikan/mengeksplor hasil diskusi di depan kelas dan member
kesempatan pada kelompok lain untuk member tanggapan.
1.
Gambar
1 memukulkan tangan pada tanah/debu yang suci
2.
Gambar
2 menipiskan debu
3.
Gambar
3 mengusap wajah
4.
Gambar
4 mengusap telapak tangan
5.
Gambar
5 mengusap tangan hingga siku
6.
Gambar
6 memutar tangan
7.
Gambar
7 mengusap punggung tangan
8.
Gambar
8 mengusap tangan bagian kiri
|
Langkah 4:
|
Asosiasi
|
|
-
Siswa/siswi
secara berkelompok mengaitkan jawabannya d engan informasi yang sudah
diketahui:
Fardhu
–fardhu tayamum
1)
Memindahkan
debu
2)
Niat
(نويت التيمم الإستباحة الصلاة فرض الله تعالى)
3)
Mengusap
wajah
4)
Mengusap
kedua tangan sampai persendian
5)
Tertib
antara dua usapan
Sunnah tayamum
1)
Membaca basmalah sebelum memulai (بسم الله الرحمن الرحيم)
2)
Mendahulukan
tangan kanan kemudian tangan kiri
3)
Menipiskan
debu yang berada di telapak tangan sebelum diusapkan dengan meniup
sedikit
oleh
karena itu agar tayamum kita sah maka kita harus memenuhi fardhu dan
sunnah-sunnah tayamum. jika tidak maka tayamum kita tidak sah.
|
Langkah 5:
|
Mengkomunikasikan
|
|
-
Masing-masing
kelompok mengkomunikasikan hasil asosiasinya dan merumuskan kesimpulan dan
diakhiri dengan penguatan dari guru
Kesimpulan:
tayamum adalah pengganti wudhu untuk menghilangkan hadats kecil dengan hadats besar pada saat tertentu dan
syarat-syarat tertentu pula. Tata cara tayamum yaitu dengan memukulkan kedua
tangan pada tanah/debu, mengusap wajah, mengusap tangan kanan dan kiri.
Tayamum merupakan keringanan (rukhsah) dari Allah dan Rasulnya
terhadap umat Islam.
Penguatan
guru: tayamum merupakan pengganti wudhu bila air sulit didapatkan atau tidak
bisa kena air Allah SWT berfirman:
u öNn=sù (#rßÅgrB [ä!$tB (#qßJ£JutFsù #YÏè|¹ $Y6ÍhsÛ (#qßs|¡øB$$sù öNà6Ïdqã_âqÎ/ Nä3Ï÷r&ur çm÷YÏiB 4
“Apabila kamu tidak memperoileh air maka
bertayamumlah dengan tanah yang bersih, usaplah wajahmu dan tanganmu dengan
tanah itu” (QS. Al-Maidah: 6).
Tayamum
dengan tanah mengisyaratkan bahwa itu pada substansinya adalah suci dan
demikian tanah itu bisa diguankan untuk bersuci.
|
|
|
Ponorogo,
|
Mengetahui
|
|
|
Dosen Pengampu
|
|
Mahasiswa
|
______________________
|
|
Siang Suryaningtyas
|
LEMBAR
KERJA
I.
NOMOR :
02
II.
NAMA STRATEGI ACTIVE LEARNING :
Reading Guide
III.
LANGKAH-LANGKAH NAMA STRATEGI ACTIVE LEARNING
-
Tentukan
bacaan yang akan kita pelajari
-
Buatlah
kisi-kisi yang akan dijawab oleh siswa/siswi melalui bahan bacaan yang telah
dipilih
-
Bagikan
bahan-bahan bacaan dengan kisi-kisi pertanyaan
-
Mintalah
masing-masing siswa/siswi mempelajari bacaan dengan menggunakan kisi-kisi
pertanyaan yang dibagikan
-
Bahas
kisi-kisi pertanyaan dengan menanyakan jawaban kepada siswa.
IV.
IMPLEMENTASI LANGKAH-LANGKAH STRATEGI ACTIVE LEARNING DALAM
KEGIATAN PEMBELAJARAN BERBASIS SCIENTTTIFIC
Mata Pelajaran : Akidah Akhlak
Materi Pokok : Riya’ dan Nifah
Deskripsi Kegiatan Pembelajaran Berbasis Scientific
|
|
Langkah 1:
|
Mengamati
|
|
Sisa/siswi
membaca materi pokok bab 3 riya dan nifak. Tim penyusun Akidah Akhlak
Madrasah Tsanawiyah kelas VII rahma Media Pustaka.
|
Langkah 2:
|
Menanya
|
|
-
Masing-masing siswa membuat pertanyaan atas apa yang
telah dibaca
1.
Apa
pengertian riya’ dan nifak?
2.
Bagaimana
bentuk dan contoh-contoh riya’ dan nifak?
3.
Bagaimana
cirri-ciri dan nilai-nilai negative akibat riya’ dan nifak?
4.
Bagaimana
upaya menghindari perbuatan riya’ dan nifak?
|
Langkah 3:
|
Explorasi/eksperimen
|
|
-
Siswa/siswi
dibagi menjadi 5 kelompok, d engan cara berhitung
-
Masing-masing
kelompok melakukan diskusi untuk mencari jawaban dari pertanyaan yang telah
dibuat
-
Ketua
kelompok mempresentaskan hasil diskusi didepan kelas
1)
Riya’
adalah suatu perbuatan baik dengan tujuan agar dipuji orang lain yang
melihatanya
Nifak adalah sikap yang tidak menentu, karena tidak sesuai antara
ucapan dan perbuatannya.
2)
Bentuk
dan contoh perbuatan riya’
·
Dilihat
dari dari sudut amal
a)
Riya’
dalam masalah dasar agama, contoh: memperpanjang sujud jika dilihat orang
b)
Riya
dalam masalah sifat ibadah, contoh: menghadiri shalat jama’ah untuk
mendapatkan pujian
·
Dilihat
dari sudut niat:
a)
Berbuat
semata-mata untuk memikat hati orang
b)
Berbuat
untuk memikat hati orang dan menadapatkan pahala, niat memikat hati lebih
kuat.
c)
Berbuat
untuk memikat hati orang dan mendapat pahala, niat keduanya sama-sama besar
d)
Berbuat
untuk memikat hati orang dan mendapatkan pujian, niat mendapat pahala lebih
besar
Bentuk dan contoh perbuatan nifak:
a)
Menghalangi
manusia beriman, untuk taat kepada Allah dan Rasul-Nya
b)
Selalu
mengajak kepada kekafiran
c)
Mengajak
kepada kemungkaran dan meninggalkan kebaikan contohnya: seorang siswa
terlambat membayar biaya test, ketika ditanya guru ia bilangh belum diberi
uang, padahal s ebenarnya sudah diberi.
3)
Ciri-ciri
riya:
·
berbuat
riya’ ketika banyak teman yang menyaksikan
·
Selalu
memperlihatkan sesuatu yang ia miliki
·
Sombong/bangga
atas setiap perbuatan dan jasa-jasanya
Ciri-ciri nifak:
·
Berbicara
berdusta
·
Bila
berjanji mengingkari
·
Bila
dipercaya berkhianat
|
Langkah 4:
|
Asosiasi
|
|
-
Siswa/siswi
secara berkelompok mengasosiaisikan/mengaitkan jawaban dengan informasi yang
sudah diketahui
-
Sifat
riya dan nifak merupakan sifat tercela yang harus di hindari, supaya kita
selamat hidup didunia dan akhirat.
oleh karena
itu kita harus menghindari sifat tercela tersebut. jika kita tidak
menghindari akhlak tercela tersebut maka kita tidak akan selamat dunia
akhirat.
|
Langkah 5:
|
Mengkomunikasikan
|
|
Masing-masing
kelompok mengkomunikasikan hasil asosiasinya dan merumuskan kesimpulan dan diakhiri
dengan penguatan dari guru.
Kesimpulan:
Perbuatan riya dan nifak ini merupakan perbuatan yang tercela,
yang tidak patut untuk dipuji dan bahkan untuk ditiru, selain dicela
dihadapan manusia juga sangat tercela dihadapan Allah SWT.
Penguatan dari
guru:
Perbuatan riya’ dan nifak ini merupakan perbuatan yang dibenci
dan sangat dilarang oleh Allah SWT.
$ygr'¯»t tûïÏ%©!$# (#qãZtB#uä w (#qè=ÏÜö7è? Nä3ÏG»s%y|¹ Çd`yJø9$$Î/ 3sF{$#ur É©9$%x. ß,ÏÿYã ¼ã&s!$tB uä!$sÍ Ä¨$¨Z9$# wur ß`ÏB÷sã «!$$Î/ ÏQöquø9$#ur ÌÅzFy$# ( ¼ã&é#sVyJsù È@sVyJx. Ab#uqøÿ|¹ Ïmøn=tã Ò>#tè? ¼çmt/$|¹r'sù ×@Î/#ur ¼çm2utIsù #V$ù#|¹ ( w crâÏø)t 4n?tã &äóÓx« $£JÏiB (#qç7|¡2 3 ª!$#ur w Ïôgt tPöqs)ø9$# tûïÍÏÿ»s3ø9$# ÇËÏÍÈ
#sÎ) x8uä!%y` tbqà)Ïÿ»uZßJø9$# (#qä9$s% ßpkô¶tR y7¨RÎ) ãAqßts9 «!$# 3 ª!$#ur ãNn=÷èt y7¨RÎ) ¼ã&è!qßts9 ª!$#ur ßpkô¶t ¨bÎ) tûüÉ)Ïÿ»uZßJø9$# cqç/É»s3s9 ÇÊÈ (#ÿräsªB$# öNåks]»yJ÷r& Zp¨Zã_ (#r|Ásù `tã È@Î6y «!$# 4 öNåk¨XÎ) uä!$y $tB (#qçR%x. tbqè=yJ÷èt ÇËÈ
|
|
|
Ponorogo,
|
Mengetahui
|
|
|
Dosen Pengampu
|
|
Mahasiswa
|
______________________
|
|
Siang Suryaningtyas
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar